Al-Imam Muslim rahimahullah berkata :
حدثنا يحيى بن أيوب وقتيبة بن سعيد وعلي بن حجر. جميعا عن إسماعيل. قال ابن أيوب: حدثنا إسماعيل بن جعفر. أخبرني سعد بن سعيد بن قيس عن عمر بن ثابت بن الحارث الخزرجي، عن أبي أيوب الأنصاري رضي الله عنه ؛ أنه حدثه ؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال "من صام رمضان. ثم أتبعه ستا من شوال. كان كصيام الدهر".
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Ayyuub, Qutaibah bin Sa’iid, dan ‘Aliy bin Hujr; mereka semua dari Ismaa’iil - (Adapun) Ibnu Ayyuub berkata : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Ja’far - : Telah mengkhabarkan kepadaku Sa’d bin Sa’iid bin Qais, dari ‘Umar bin Tsaabit bin Al-Haarits Al-Khazrajiy, dari Abu Ayyuub Al-Anshaariy radliyallaahu ‘anhu bahwasannya ia menceritakan kepadanya : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Barangsiapa berpuasa Ramadlaan, kemudian ia mengiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti puasa selama setahun” [Ash-Shahiih no. 1164 (204)].
Keterangan Para Perawi Hadits :
1. Yahyaa bin Ayyuub; ia adalah Al-Maqaabiriy, Abu Zakariyyaa Al-Baghdaadiy Al-‘Aabid; seorang yang tsiqah (157-233/234 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [lihat : Tahdziibul-Kamaal 31/238-242 no. 6793, Tahdziibut-Tahdziib 11/188 no. 316, Al-Kaasyif 2/362 no. 6138, dan Taqriibut-Tahdziib hal. 1050 no. 7562].
2. Qutaibah bin Sa’iid; ia adalah Ibnu Jamiil bin Thariif Ats-Tsaqafiy, Abu Rajaa’ Al-Balkhiy Al-Baghlaaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (148/150-240 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [lihat : Tahdziibul-Kamaal 23/523-537 no. 4852, Tahdziibut-Tahdziib 8/358-361 no. 641, dan At-Taqriib hal. 799 no. 5557].
3. ‘Aliy bin Hujr; ia adalah Ibnu Iyaas bin Muqaatil bin Mukhaadisy bin Musyamrij bin Khaalid As-Sa’diy, Abul-Hasan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah lagi haafidh (154-244 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [lihat : Tahdziibul-Kamaal 20/355-361 no. 4036, Tahdziibut-Tahdziib 7/293-294 no. 505, Al-Kaasyif 2/36 no. 3890, dan At-Taqriib hal. 691 no. 4734].
4. Ismaa’iil bin Ja’far; ia adalah Ibnu Abi Katsiir Al-Anshaariy Az-Zuraqiy, Abu Ishaaq Al-Madaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 180 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [lihat : Tahdziibul-Kamaal 3/56-60 no. 433, Tahdziibut-Tahdziib 1/287-288 no. 533, Al-Kaasyif 1/244 no. 363, dan At-Taqriib hal. 138 no. 435].
5. Sa’d bin Sa’iid bin Qais; ia adalah Ibnu ‘Amru Al-Anshaariy Al-Madaniy; seorang yang diperselisihkan (w. 141 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya.
Ahmad bin Hanbal berkata : “Dla’iiful-hadiits” [Al-‘Ilal no. 1200, Suaalaat Al-Marwadziy no. 111, Al-Kaamil 4/387 no. 797, dan Al-Jarh wat-Ta’diil 4/84 no. 370]. Di lain tempat ia berkata : “Laisa bi-muhkamil-hadits” [Suaalaat Abi Daawud no. 182]. Yahyaa Ma’iin berkata : “Dla’iif [Tahdziil-Kamaal, 10/264]. Dalam riwayat lain : “Shaalih” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 4/84]. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, sedikit haditsnya” [Ath-Thabaqaat, 7/519 no. 2066]. An-Nasaa’iy berkata : “Laisa bil-qawiy (tidak kuat)” [Adl-Dlu’afaa’ no. 283 dan Al-Kaamil 4/387 no. 797]. Abu Haatim berkata : “Ia seorang muaddiy (tidak menghapal hadits, lalu memperbanyak apa yang ia dengar)” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 2/84]. Ibnu ‘Adiy berkata : “Aku melihat haditsnya tidak mengapa” [Al-Kaamil, 4/389]. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat dan berkata : “Yukhthi’ (sering keliru)”. At-Tirmidziy berkata : “Sebagian ulama memperbincangkannya Sa’d bin Sa’iid dari sisi hapalannya” [Al-Jaami’, 2/124]. Al-‘Ijliy dan Ibnu ‘Ammaar berkata : “Tsiqah” [Ats-Tsiqaat, 1/390 no. 563 dan Tahdziibut-Tahdziib 3/371]. Ath-Thahawiy mengisyaratkan kedla’ifannya dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/121. Adz-Dzahabiy berkata : “Shaduuq” [Al-Kaasyif, 1/428 no. 1827]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, sayyiul-hifdhi (jelek hapalannya)” [At-Taqriib, hal. 369 no. 2250]. Al-Albaaniy berkata : “Sayyi’ul-hifdhi (jelek hapalannya)” [Irwaaul-Ghaliil, 3/214]. Namun di lain tempat ia berkata : “Hasanul-hadiits, insyaa Allahu ta’ala” [Silsilah Ash-Shahiihah, 6/746]. Al-Arna’uuth : “Dla’iif, jelek hapalannya” [Tahqiq Syarhis-Sunnah, 6/331].
Kesimpulan : Ia seorang yang shaduq, namun jelek hapalannya (sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar). Haditsnya tidak diterima jika ada penyelisihan/perselisihan dimana dikhawatirkan hal itu datang dari hapalannya.
6. ‘Umar bin Tsaabit bin Al-Haarits Al-Khazrajiy; seorang yang tsiqah. Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [lihat : Tahdziibul-Kamaal 21/283-286 no. 4207, Tahdziibut-Tahdziib 7/430 no. 702, Al-Kaasyif 2/56 no. 4029, dan At-Taqriib hal. 714 no. 4904].
Ismaa’iil bin Ja’far dalam periwayatan dari Sa’d bin Sa’iid mempunyai mutaba’aat di antaranya :
a. Abu Mu’aawiyyah, Muhammad bin Khaazim At-Tamiimiy As-Sa’diy Abu Mu’aawiyyah Adl-Dlariir Al-Kuufiy[1]; sebagaimana diriwayatkan juga oleh Ahmad 5/417 dan At-Tirmidziy no. 759.
b. Warqaa’ bin ‘Umar bin Kulaib Al-Yasykuriy[2]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad 5/419, An-Nasa’iy dalam Al-Kubraa 3/240 no. 2877, Ath-Thayaalisiy no. 595, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kubraa 4/134 no. 3903 & 4/137 no. 3916-3917, dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/120-121 no. 2340.
c. Daawud bin Qais Al-Farraa’ Ad-Dabbaagh[3]; sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 4/315 no. 7918 dan Ath-Thabaraaniy 4/134 no. 3902.
d. Abu Bakr bin ‘Abdullah bin Muhammad bin Abi Sabrah[4]; sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 4/315 no. 7919 dan Ath-Thabaraaniy 4/134 no. 3902.
e. Ibnu Juraij, ‘Abdul-Malik bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Juraij Al-Qurasyiy Al-Umawiy Abul-Waliid[5]; sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 4/316 no. 7921 dan Ath-Thabaraaniy 4/134 no. 3902.
f. ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad Ad-Daraawardiy[6]; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Humaidiy no. 385, Abu Daawud no. 2433, An-Nasa’iy dalam Al-Kubraa 3/239-240 no. 2876, Asy-Syaasyiy 3/86 no. 1143, Ath-Thahawiy 6/122 no. 2344, Ibnu Khuzaimah no. 2114, Ad-Daarimiy no. 1795, dan Ath-Thabaraaniy 4/135-136 no. 3911.
g. ‘Abdu Rabbihi bin Sa’iid bin Qais bin ‘Amru Al-Anshaariy An-Najjaariy Al-Madaniy[7]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/119 no. 2337 dan Ath-Thabaraaniy 4/136 no. 3913.
h. Muhammad bin ‘Amru bin ‘Alqamah bin Waqqaash Al-Laitsiy[8]; sebagaimana diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa 3/239 no. 2875, Asy-Syaasyiy 3/84 & 86 no. 1142 & 1145, Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/120 no. 2338, dan Ath-Thabaraaniy 4/134-135 no. 3904-3905.
Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/120 no. 2339 meriwayatkan dari Muhammad bin ‘Amru tanpa menyebutkan perantara Sa’d bin Sa’iid antara dirinya dengan ‘Umar bin Tsaabit. Akan tetapi ia tidak shahih sampai Muhammad bin ‘Amru, dan yang benar adalah riwayat pertama. Dalam sanad ini terdapat Hammaad bin Salamah. Meskipun tsiqah, akan tetapi ia berubah hapalannya di akhir usianya. Al-Baihaqiy mengatakan bahwa Muslim meriwayatkan haditsnya melalui Tsaabit yang mengambil riwayatnya sebelum berubah hapalannya. Adapun selain Tsaabit, maka Muslim meletakkannya dalam syawaahid [lihat : Al-Mukhtalithiin oleh Al-‘Alaaiy beserta ta’liq-nya, hal. 25-26 no. 24].
i. Qurrah bin ‘Abdirrahmaan bin Haiwiil Al-Ma’aafiriy[9]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/121-122 no. 2341, Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3908, dan Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3910.
j. Hafsh bin Ghiyaats bin Thalq bin Mu’aawiyyah bin Maalik bin Al-Haarits An-Nakha’iy, Abu ‘Umar Al-Kuufiy[10]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/123 no. 2345 dan Ath-Thabaraaniy 4/136 no. 3912.
k. ‘Abdullah bin Al-Mubaarak bin Waadlih Al-Handhaliy At-Tamiimiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Marwaziy[11]; sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim no. 1164, Ibnu Abi Syaibah 3/97, dan Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3906.
l. Rauh bin Al-Qaasim At-Tamiimiy Al-‘Anbariy, Abu Ghiyaats Al-Bashriy[12]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3907.
m. ‘Amru bin Al-Haarits bin Ya’quub Al-Anshaariy, Abu Umayyah Al-Mishriy[13]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3908 & 3910.
n. Muhammad bin Abi Humaid Ibraahiim Al-Anshaariy, Abu Ibraahiim Al-Madaniy[14]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3908.
o. ‘Umar bin ‘Aliy bin ‘Athaa’ bin Muqaddam Al-Muqaddamiy, Abu Hafsh Al-Bashriy[15]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3909.
p. Muhammad bin Humaid Al-Yasykuriy Abu Sufyan Al-Ma’mariy Al-Bashriy[16]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3910.
q. Al-Qaasim bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Aashim bin ‘Umar bin Al-Khaththaab Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy[17]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 4/135 no. 3910.
r. Yahyaa bin Sa’iid bin Qais Al-Anshaariy, Abu Sa’iid Al-Madaniy[18]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 4/136 no. 3912. Hafsh bin Ghiyaats berkata : “Kemudian aku bertemu dengan Sa’d bin Sa’iid, lalu ia menceritakan kepadaku (hadits ini)”.
Hafsh bin Ghiyaats dalam riwayat ini diselisihi oleh Ismaa’iil bin Ibraahiim dan ‘Abdul-Maalik bin Abi Bakr.
Al-Humaidiy no. 386 meriwayatkan dari Ismaa’iil bin Ibraahiim Ash-Shaaigh, dari Yahyaa bin Sa’iid, dari ‘Umar bin Tsaabit, dari Abu Ayyuub, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam; tanpa menyebutkan Sa’d bin Sa’iid antara Yahyaa dengan ‘Umar bin Tsaabit. Ismaa’iil bin Ibraahiim Ash-Shaaigh, Abu Haatim berkata : “Syaikh” [Al-Jarh wat-Ta’diil 2/152]. Ta’dil Abu Haatim semacam ini bukan jenis ta’dil mu’tamad. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat 8/92. Tidak ada ulama lain yang menta’dil selain keduanya.
An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa 3/240-241 no. 2879, dan darinya Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/124 no. 2346, dan Ath-Thabaraaniy[19] 4/136 no. 3914; semuanya dari Hisyaam bin ‘Ammaar, dari Shadaqah bin Khaalid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Utbah (bin Abil-Hakiim), ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Abi Bakr, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Sa’iid (Al-Anshaariy), dari ‘Umar bin Tsaabit, ia berkata : Kami pernah berperang bersama Abu Ayyuub Al-Anshaariy. Lalu ia puasa Ramadlaan, dan kami pun berpuasa. Setelah kami berbuka (yaitu tiba bulan Syawal), ia berdiri di tengah manusia dan berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “…….(hadits)….”.
Akan tetapi Ath-Thabaraaniy 4/136 no. 3915 telah menyisipkan Yahyaa bin Hamzah antara Hisyaam bin ‘Ammaar dan ‘Utbah bin Abil-Hakiim. Ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Al-Mu’allaa Ad-Dimasyqiy : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Hamzah, dari ‘Utbah bin Abil-Hakiim, dari ‘Abdul-Malik bin Abi Bakr, selanjutnya seperti hadits di atas.
Idlthirab ini berasal dari Hisyaam bin ‘Ammaar. Banyak ulama yang mengkritik hapalannya yang memburuk ketika tua [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Kamaal, 30/242-255 no. 6586].
Jalan Ismaa’iil bin Ibraahiim dan ‘Abdul-Maalik bin Abi Bakr kurang kuat dan bertentangan dengan jalan riwayat Hafsh bin Ghiyaats. Dan riwayatnya itu lah yang mahfuudh.
s. Muhaadlir bin Al-Muwarri’ Al-Hamdaaniy Al-Yaamiy, Abul-Muwarri’ Al-Kuufiy[20]; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah 6/331 no. 1780, ‘Abd bin Humaid no. 228, dan Al-Baihaqiy 4/292.
t. ‘Abdullah bin Numair Al-Hamdaaniy Al-Khaarifiy, Abu Hisyaam Al-Kuufiy[21]; sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim no. 1164, Ibnu Maajah no. 1716, dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal 21/284.
Seluruh jalan yang berporos pada Sa’d bin Sa’iid ini statusnya adalah hasan. Sebagian kalangan ada yang melemahkannya karena faktor Sa’d bin Sa’iid (sebagaimana telah dituliskan beberapa perkataan ulama tentangnya di atas).
Sebagian lagi ada yang melemahkan karena Sa’d dianggap telah idlthiraab dalam periwayatan hadits ini. Sebagian riwayat ia meriwayatkan secara marfu’ (seperti jalan-jalan hadits di atas), sebagian lagi mauquf. Yang marfu’ adalah riwayat-riwayat di atas, sedangkan yang mauquf adalah sebagai berikut :
Al-Humaidiy no. 384 dan darinya Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/122 no. 2342 : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan (bin ‘Uyainah)[22] : Telah menceritakan kepada kami Sa’d bin Sa’id, dari ‘Umar bin Tsaabit Al-Anshaariy, dari Abu Ayyuub, ia berkata : …. (hadits)... Abu bakr berkata : Aku berkata kepada Sufyaan atau dikatakan kepadanya : “Sesungguhnya mereka telah memarfu’-kan hadits tersebut”. Ia berkata : “Diamlah darinya. Sungguh aku telah mengetahui hal itu” [selesai].
Riwayat mauquf ini dikuatkan oleh An-Nasa’iy dalam Al-Kubraa 3/240 no. 2878 dan darinya Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/124-125 no. 2347 : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Abdil-Hakam[23], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdirrahmaan Al-Muqri’[24], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah bin Al-Hajjaaj[25], dari ‘Abdu Rabbih bin Sa’iid, dari ‘Umar bin Tsaabit, dari Abu Ayyuub Al-Anshaariy, bahwasannya ia berkata : “…..(hadits)….”.
Sanad riwayat ini shahih.
Riwayat mauquf inilah yang lebih kuat dibandingkan riwayat marfu’ yang dibawakan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/119 no. 2337 dan Ath-Thabaraaniy 4/136 no. 3913 sebelumnya (point g); karena dalam sanadnya terdapat Ibnu Lahi’ah, seorang yang lemah (dla’iif). Syu’bah jauh berada di atasnya dalam hal ketsiqahan.
Sufyaan bin ‘Uyainah dan Syu’bah bin Al-Hajjaaj adalah dua imam dalam ketsiqahan dan ketsabatan riwayat; yang keduanya meriwayatkan secara mauquf. Di sisi lain, banyak perawi tsiqah meriwayatkan dari Sa’d bin Sa’iid secara marfuu’.
Oleh karena itu, keberadaan riwayat marfu’ dan mauquf ini dijadikan bukti kuat untuk melemahkan Sa’d bin Sa’iid dari sisi hapalannya.
Saya katakan : Memang benar, apa yang mereka katakan jika kita hanya melihat jalur-jalur periwayatan Sa’d bin Sa’iid.
Akan tetapi, periwayatan Sa’d bin Sa’iid dalam periwayatan marfuu’ mempunyai mutaba’ah shahih dari Shafwan bin Sulaim dan Zaid bin Aslam.
Mutaba’ah Sa’d bin Sa’iid :
1. Shafwaan bin Sulaim.
Sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Humaidiy no. 385 dan darinya Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/123 no. 2344, Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/122 no. 2343, Abu Daawud no. 2433, An-Nasa’iy dalam Al-Kubraa 3/239-240 no. 2876, Ad-Daarimiy no. 1795, Ibnu Khuzaimah no. 2114, Ibnu Hibbaan no. 3634; semuanya dari ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad Ad-Daraawardiy, dari Shafwaan bin Sulaim, dari ‘Umar bin Tsaabit, dari Abu Ayyuub Al-Anshaariy secara marfuu’.
Sanad hadits ini shahih.
‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad Ad-Daraawardiy; seorang yang tsiqah [lihat catatan kaki no. 6].
Shafwaan bin Sulaim Al-Madaniy, Abu ‘Abdillah/Abul-Haarits Al-Qurasyiy; seorang yang tsiqah, mutqin, lagi ‘aabid (w. 132 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 453 no. 2949].
2. Zaid bin Aslam.
Sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/122 no. 2343 dari jalan : Telah menceritakan kepada kami Yuusuf bin Yaziid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Manshuur, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Shafwaan bin Sulaim dan Zaid bin Aslam, dari ‘Umar bin Tsaabit, dari Abu Ayyuub Al-Anshaariy ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “…..(hadits)….”.
Sanad hadits ini shahih.
Sa’iid bin Manshuur, ia adalah Ibnu Syu’bah Al-Khurasaaniy Abu ‘Utsmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah mushannif (w. 126/127/128/129 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 389 no. 2412].
Yuusuf bin Yaziid bin Kaamil bin Hakiim Al-Qurasyiy, Abu Yaziid Al-Qaraathiiisiy Al-Mishriy; seorang yang tsiqah (184-287 H) [idem, hal. 1097 no. 7950].
Tanbih :
An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa 3/240-241 no. 2880 meriwayatkan : Telah mengkhabarkan kepadaku Muhammad bin ‘Abdil-Kariim bin Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Huwaithib bin ‘Abdil-‘Uzza Al-Harraaniy, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Utsmaan bin ‘Amru Al-Harraaniy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Tsaabit, dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Abu Ayyuub Al-Anshaariy, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “……(hadits)….”.
Sisipan Muhammad bin Al-Munkadir tidaklah mahfuudh, karena bertentangan dengan riwayat-riwayat lain yang tidak menyebutkan perawi tersebut. Penyisipan ini kemungkinan besar disebabkan oleh Muhammad bin ‘Abdil-Kariim (maqbuul - Tahriirt-Taqriib, 3/283 no. 6095) dan ‘Utsmaan bin ‘Amru Al-Harraaniy (dla’iif – Tahriirut-Taqriib 2/444 no. 4506).
Dua mutaba’ah ini saja telah cukup untuk menyatakan kevalidan riwayat marfu’ Sa’d bin Sa’iid. Hal itu semakin kuat dengan adanya beberapa syawaahid bagi Abu Ayyuub Al-Anshaariy radliyallaahu ‘anhu.
Abu Ayyuub Al-Anshaariy radliyallaahu ‘anhu mempunyai syawaahid dari :
1. Tsaubaan radliyallaahu ‘anhu.
حدثنا الحكم بن نافع حدثنا ابن عياش عن يحيى بن الحارث الذماري عن أبي أسماء الرحبي عن ثوبان عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من صام رمضان فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام بعد الفطر فذلك تمام صيام السنة.
Telah menceritakan kepada kami Al-Hakam bin Naafi’ : Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ayyaasy, dari Yahyaa bin Al-Haarits Adz-Dzimmaariy, dari Abu Asmaa’ Ar-Rahabiy, dari Tsaubaan, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadlan maka puasa sebulan itu sama dengan sepuluh bulan; dan dengan puasa enam hari setelah berbuka (‘Iedul-Fithri), maka ia melengkapi puasa setahun” [Diriwayatkan oleh Ahmad 5/280].
Al-Hakam bin Naafi’, ia adalah Al-Bahraaniy Abul-Yaman Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 221/222 H dalam usia 83 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 264 no. 1472].
Ibnu ‘Ayyaasy, ia adalah Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy bin Sulaim Al-‘Ansiy, Abu ‘Utbah Al-Himshiy; seorang yang shaduuq dalam riwayat yang berasal dari penduduk negerinya (w. 181/182) [idem, hal. 142-143 no. 477]. Di sini ia meriwayatkan dari Yahyaa bin Al-Haarits yang notabene satu negeri dengannya (Syaam).
Yahyaa bin Al-Haarits Adz-Dzimmaariy, Abu ‘Amru/’Umar Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah (w. 145 H dalam usia 70 tahun) [idem, hal. 1051 no. 7572].
Abu Asmaa’ Ar-Rahabiy, namanya adalah ‘Amru bin Martsad Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah. Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 744 no. 5144].
Sanad hadits ini hasan.
Ada lima mutaba’aat bagi Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy, yaitu : Yahyaa bin Hamzah, Shadaqah bin Khaalid, Muhammad bin Syu’aib bin Syabuur, Tsaur bin Yaziid, dan Suwaid bin ‘Abdil-‘Aziiz.
Diriwayatkan juga oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa 3/238-239 no. 2873, Ad-Daarimiy no. 1796, Ibnu Khuzaimah no. 2115, dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/125 no. 2348, dan Al-Baihaqiy 4/293; semuanya dari jalan Yahyaa bin Hamzah[26] : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Al-Haarits Adz-Dzimmaariy, selanjutnya seperti hadits di atas.
Diriwayatkan juga oleh Ibnu Maajah no. 1715 : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah[27], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Shadaqah bin Khaalid[28], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Al-Haarits Adz-Dzimmaariy, selanjutnya seperti hadits di atas.
Diriwayatkan juga oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa 3/238-239 no. 2874 dan darinya Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 6/125-126 no. 2349 : Telah mengkhabarkan kepada kami Mahmuud bin Khaalid[29], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Syu’aib bin Syaabuur[30], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Al-Haarits].
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 2/102 no. 1451 dan dalam Musnad Asy-Syaamiyyiin 1/278 no. 485; dari dua jalan (Al-Waliid bin Muslim[31] dan Baqiyyah bin Al-Waliid) : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid[32], dari Yahyaa bin Al-Haarits Adz-Dzimmaariy.
Akan tetapi Ibnu Hibbaan no. 3635 meriwayatkan tanpa menyebutkan Tsaur bin Yaziid : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin Idriis Al-Anshaariy[33] : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Al-Haarits Adz-Dzimmaariy].
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy dalam Musnad Asy-Syaamiyiin 2/48 no. 898 : Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Haaruun, ia berkata : telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Rahawaih : Telah menceritakan kepada kami Suwaid bin ‘Abdil-‘Aziiz. Dan telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Ishaaq : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Bahr : Telah menceritakan kepada kami Suwaid bin ‘Abdil-‘Aziiz[34] : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Al-Haarits Adz-Dzimmaariy, dari Abul-‘Asy’ats Ash-Shan’aaniy, dari Abu Asmaa’ Ar-Rahabiy, dari Tsaubaan maulaa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam secara marfuu’.
Sisipan Abul-Asy’ats Ash-Shan’aaniy antara Yahyaa bin Al-Haarits dengan Abu Asmaa’ Ar-Rahabiy adalah keliru. Kekeliruan ini berasal dari Suwaid bin ‘Abdil-‘Aziiz, seorang yang dla’iif.
Keberadaan mutaba’aat ini cukup membuat hadits Tsaubaan ini naik menjadi shahih.
2. Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu.
حدثنا عبد الله بن يزيد حدثنا سعيد يعني ابن أبي أيوب حدثني عمرو بن جابر الحضرمي قال: سمعت جابر بن عبد الله الأنصاري يقول سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول من صام رمضان وستا من شوال فكأنما صام السنة كلها.
Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Abi Ayyuub : Telah menceritakan kepadaku ‘Amru bin Jaabir Al-Hadlramiy, ia berkata : Aku telah mendengar Jaabir bin ‘Abdillah Al-Anshaariy berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadlaan dan enam hari hari di bulan Syawaal, maka seakan-akan berpuasa setahun penuh” [Diriwayatkan oleh Ahmad 3/308].
Diriwayatkan juga oleh ‘Abd bin Humaid no. 1114 dan Al-Baihaqiy 4/292; dari jalan Sa’iid bin Ayyuub, dari ‘Amru bin Jaabir, selanjutnya seperti sanad di atas.
Diriwayatkan juga oleh Al-Bazzaar no. 1062 dan Al-Baihaqiy 4/292 dari jalan Bakr bin Madlar, dari ‘Amru bin Jaabir, selanjutnya seperti sanad di atas.
Sanad hadits ini dla’iif, karena ‘Amru bin Jaabir Al-Hadlramiy, seorang yang dla’iif [Taqriibut-Tahdziib, hal. 731 no. 5031].
3. Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bazzaar no. 1060-1061 dengan sanad dla’iif.
Diriwayatkan pula secara mursal oleh ‘Abdurrazzaaq 4/315-316 no. 7920 dari Thaawus. Sanad ini lemah – selain mursal – dengan sebab Zam’ah bin Shaalih Al-Jundiy Al-Yamaaniy, Abu Wahb [At-Taqriib, hal. 340 no. 2046].
Kesimpulan :
Hadits tentang puasa enam hari di bulan Syawal itu shahih tanpa ada keraguan sedikit pun.
Ta’ iye…….
[abul-jauzaa’ – wonogiri, sehari sebelum mulai kuliah (lagi)]. [1] Seorang yang tsiqah (113-194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 840 no. 5878].
[2] Seorang yang tsiqah. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Tahriirut-Taqriib, 4/58-59 no. 7403].
[3] Seorang yang tsiqah lagi faadlil (w. dalam masa kekhilafahan Abu Ja’far). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 308 no. 1817].
[4] Seorang yang dituduh memalsukan hadits (w. 162 H) [idem, hal. 1116 no. 8030].
[5] Seorang yang tsiqah, faqiih, lagi mempunyai keutamaan (w. 149/150/151 H); namun banyak melakukan tadliis dan irsaal [idem, hal. 624 no. 4221].
[6] ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad bin ‘Ubaid Ad-Daraawardiy Abu Muhammad Al-Juhhaniy (w. 186/187 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Ada beberapa komentar ulama tentangnya : Mush’ab bin ‘Abdillah bin Az-Zubair berkata : “Maalik bin Anas mentsiqahkan Ad-Daraawardiy”. Ahmad berkata : “Ia seorang yang ma’ruuf sebagai seorang pencari hadits. Apabila ia meriwayatkan dari kitabnya, maka shahih. Namun bila ia meriwayatkan dari kitab-kitab milik orang lain, ada keraguan. Ia membaca kitab-kitab mereka, lalu keliru. Kadang ia membalikkan hadits ‘Abdullah bin ‘Umar, dimana ia meriwayatkannya (menjadi) dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Ad-Daraawardiy lebih tsabt daripada Fulaih bin Sulaimaan, Ibnu Abiz-Zinaad, dan Abu Aus. Ad-Daraawardiy kemudian Ibnu Abi Haazim”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Di lain riwayat ia berkata : “Tsiqah hujjah”. Abu Zur’ah berkata : “Jelek hapalan. Kadang meriwayatkan dari hapalannya sesuatu, lalu ia keliru”. Abu Haatim berkata : “Muhaddits”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak mengapa dengannya. Adapun haditsnya yang berasal dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar adalah munkar”. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, banyak mempunyai hadits, melakukan beberapa kekeliruan” [Lihat : Tahdziibul-Kamaal, 18/187-195 no. 3470]. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat, dan berkata : “Sering keliru (yukhthi’)”. Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. As-Saajiy berkata : “Ia termasuk orang-orang yang jujur dan amanah, akan tetapi ia mempunyai banyak keraguan” [lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 6/353-355 no. 680].
Al-Bardza’iy pernah berkata : Aku pernah bertanya kepada Abu Zur’ah : “Fulaih bin Sulaimaan, ‘Abdurrahmaan bin Abiz-Zinaad, Abu Aus, Ad-Daraawardiy, dan Ibnu Abi Haazim, mana di antara mereka yang lebih engkau senangi ?”. Ia menjawab : “Ad-Daraawardiy dan Ibnu Abi Haazim lebih aku senangi daripada mereka semua” [Suaalaat Al-Bardza’iy lembar 424-425]. Ya’quub bin Sufyaan berkata : “’Abdul-‘Aziiz di sisi penduduk Madiinah adalah seorang imam yang tsiqah” [Al-Ma’rifatu wat-Taariikh, 1/349].
Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, namun ia meriwayatkan dari kitab-kitab orang lain lalu keliru” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 615 no. 4147]. Basyar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata : “Tsiqah” [Tahriirut-Taqriib, 2/371 no. 4119]. Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Tsiqah” [Natslun-Nabaal bi-Mu’jamir-Rijaal, hal. 801-802 no. 1852]. Al-Albaaniy berkata : “Tsiqah” [Al-Irwaa’, 1/295].
Kesimpulannya : Ia seorang yang tsiqah yang sedikit mendapat kritikan di jurusan hapalannya. Khusus riwayatnya dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar mendapat pengingkaran sehingga dilemahkan sebagian ulama.
[7] Seorang yang tsiqah (w. 139/140 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 568 no. 3810].
[8] Seorang yang shaduuq, namun memiliki beberapa keraguan (auhaam) (w. 144/145 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 884 no. 6228].
[9] Seorang yang dla’iif (w. 147 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [Tahriirut-Taqriib, 3/182 no. 5541].
[10] Seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun sedikit berubah hapalannya di akhir usianya (114-194/195/196 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 260 no. 1439].
[11] Seorang yang tsiqah, tsabat, faqiih, lagi ‘aalim (w. 181 H dalam usia 63 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 540 no. 3595].
[12] Seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 141 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 330 no. 1981].
[13] Seorang yang tsiqah, faqiih, lagi haafidh (90/91/92/93/94-147/148/149 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 732 no. 5039].
[14] Seorang yang dla’iif [idem, hal. 839 no. 5873].
[15] Seorang yang tsiqah, namun banyak melakukan tadlis (w. 190/192 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 725 no. 4986].
Catatan : Dalam riwayat Ath-Thabaraaniy tersebut tertulis : ‘Amru bin ‘Aliy. Ini keliru. Yang benar adalah ‘Umar bin ‘Aliy.
[16] Seorang yang tsiqah (w. 182 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 839 no. 5872].
[17] Seorang yang matruuk (w. antara tahun 150-160 H) [idem, hal. 792 no. 5503].
[18] Seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 143/144/146 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1056 no. 7609].
[19] Dalam sanad Ath-Thabaraaniy ini tertulis : “….. Telah menceritakan kepada kami Shadaqah bin Khaalid, dari Abul-Hakiim Al-Hudzaliy : Telah menceritakan kepadaku : ‘Abdul-Malik bin Abi Bakr : Telah menceritakan kepadaku…..dst”.
Abul-Hakiim Al-Hudzaliy ini keliru, yang benar Ibnu Abil-Hakiim Al-Hamdaaniy (yaitu ‘Utbah bin Abil-Hakiim Al-Hamdaaniy). Wallaahu a’lam.
[20] Seorang yang shaduuq, namun mempunyai beberapa keraguan (w. 206 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 922 no. 6535].
[21] Seorang yang tsiqah shaahibus-sunnah (115-199 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 553 no. 3692].
[22] Sufyaan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imraan Al-Hilaaliy Abu Muhammad Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih, imaam, dan hujjah (107-198 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 395 no. 2464].
[23] Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Abdil-Hakam bin A’yan bin Laits Al-Mishriy Abu ‘Abdillah Al-Faqiih; seorang yang tsiqah (w. 268 H) [idem, hal. 862 no. 6066].
[24] ‘Abdullah bin Yaziid Al-Qurasyiy Al-‘Abdiy Al-Makkiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Muqri’; seorang yang tsiqah lagi faadlil (w. 213 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 558-559 no. 3739].
[25] Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdiy Abul-Busthaam Al-Waasithiy Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi mutqin (w. 160 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 436 no. 2805].
[26] Yahyaa bin Hamzah bin Waaqid Al-Hadlramiy, Abu ‘Abdirrahmaan Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah (102/103/108-180/182/183 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1052 no. 7586].
[27] Baqiyyah bin Al-Waliid bin Shaaid bin Ka’b Al-Kalaa’iy; seorang yang shaduuq namun banyak melakukan tadlis taswiyyah (110-197 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya untuk mutaba’ah [idem, hal. 174 no. 741].
[28] Shadaqah bin Khaalid Al-Umawiy, Abul-‘Abbaas Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah (118-170/171/180 H). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [idem, hal. 451 no. 2927].
[29] Mahmuud bin Khaalid bin Abi Khaalid Yaziid As-Sulamiy, Abu ‘Aliy Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah (176-249 H) [idem, hal. 924 no. 6553].
[30] Muhammad bin Syu’aib bin Syaabuur Al-Umawiy Ad-Dimasyqiy; seorang yang shaduuq, shahiihul-kitaab (116-197/198/199/200 H) [idem, hal. 854 no. 5996].
[31] Al-Waliid bin Muslim Al-Qurasyiy, Abul-‘Abbaas Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah, akan tetapi banyak melakukan tadlis taswiyyah (w. 194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1041 no. 7506].
[32] Tsaur bin Yaziid bin Ziyaad Al-Kalaa’iy, Abu Khaalid Asy-Syaamiy Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 150/152/155 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 190 no. 869].
[33] Al-Husain bin Idriis Al-Anshaariy Al-Harawiy – Ibn Hazm – Abu ‘Aliy (w. 301 H) [Mishbaahul-Ariid, 1/361 no. 7527].
[34] Suwaid bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Numair As-Sulamiy, Abu Muhammad Ad-Dimasyqiy; seorang yang dla’iif (w. 194 H) [idem, hal. 424 no. 2707].
Comments
jazakallohu khoyron atas tambahan ilmunya ust....
btw,
quote :
[abul-jauzaa’ – wonogiri, sehari sebelum mulai kuliah (lagi)]
kuliah?antum kuliah lg ust?dmn?
baarokallohu fiik
assalamu'alaykum..ustadz..taqobbalallohu minna waminkum..mohon maaf kalo sekiranya kemarin ana merepotkan antum..kalo boleh tau facebook antum akunnya apa ya ustadz?
abu aufa
afwan ust cba lihat tulisan ini d link:
http://mtaufiknt.wordpress.com/2010/03/02/khilafah-wajib-ditegakkan-dan-perlu/
http://mtaufiknt.wordpress.com/2010/08/05/fatwa-al-azhar-tentang-khabar-ahad/
http://mtaufiknt.wordpress.com/2010/05/03/khabar-ahad-dalam-pandangan-ulama-ushul/
http://mtaufiknt.wordpress.com/2010/04/30/kedudukan-khabar-ahad-dalam-masalah-aqidah/
bgmn menurt ust..???
syukran Jazakallah khayr :)
Terus terang saya tdk mengetahui derajat suatu hadis jd bingung ustadz setelah membaca blog yg ini ;http://mantankyainu.blogspot.com/2011/08/kelemahan-hadis-puasa-enam-hari-bulan.html
Pendla'ifan tersebut tidak benar.
Posting Komentar