حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ، عَنْ
عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ، عَنْ أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ، قَال:
سَمِعْتُ عَلِيًّا، يَقُولُ: إِنِّي كُنْتُ رَجُلًا إِذَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا نَفَعَنِي اللَّهُ مِنْهُ بِمَا
شَاءَ أَنْ يَنْفَعَنِي بِهِ، وَإِذَا حَدَّثَنِي رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ
اسْتَحْلَفْتُهُ، فَإِذَا حَلَفَ لِي صَدَّقْتُهُ، وَإِنَّهُ حَدَّثَنِي أَبُو
بَكْرٍ وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ
فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ
لَهُ، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ
ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ
يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ
يَعْلَمُونَ "
Telah
menceritakan kepada kami Qutaibah : Telah menceritakan kepada kami Abu
‘Awaanah, dari ‘Utsmaan bin Al-Mughiirah, dari ‘Aliy bin Rabii’ah, dari Asmaa’
bin Al-Hakam Al-Fazaariy, ia berkata : Aku mendengar ‘Aliy berkata :
“Sesungguhnya aku adalah seorang laki-laki yang apabila mendengar satu hadits
dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka Allah memberikan
kepadaku manfaatnya darinya sesuai dengan kehendaknya. Dan apabila ada seorang
laki-laki dari kalangan shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menceritakan
hadits kepadaku, aku minta kepadanya untuk bersumpah (bahwa yang ia sampaikan
itu benar dari beliau). Jika ia bersumpah kepadaku, maka aku membenarkannya. Dan
sesungguhnya telah menceritakan kepadaku Abu Bakr dan benarlah (apa yang
dikatakan) Abu Bakr, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Tidaklah ada seorang laki-laki yang
melakukan satu perbuatan dosa, kemudian ia berdiri untuk berwudlu dan shalat,
lalu meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya’.
Kemudian beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat : ‘Dan
(juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri
sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka
dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka
tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui’ (QS. Aali
‘Imraan : 135)” [As-Sunan no. 406].
Diriwayatkan
juga oleh Ahmad dalam Al-Musnad 1/2 no. 2 & 1/8-9 no. 47 dan dalam Fadlaailush-Shahaabah
no. 142, Abu Daawud no. 1521, At-Tirmidziy no. 3006, An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa
9/158-160 no. 10175-10178 dan dalam ‘Amalul-Yaum wal-Lailah no.
414-417, Ibnu Maajah no. 1395, Ibnu Abi Syaibah 2/378, Ibnul-Mubaarak dalam Az-Zuhd
no. 1088, Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan 7/220-221 no.
7853-7854, Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykiilil-Aatsaar 15/302-308 no.
6038-6048, Al-Humaidiy no. 1 & 4, Al-Marwaziy dalam Musnad Abi Bakr
Ash-Shiddiiq no. 9-11, Abu Ya’laa no. 1 & 11-15, Al-Bazzaar dalam Al-Bahr
1/61-64 no. 8-11, Abu Nu’aim dalam Akhbaar Ashbahaan 1/179,
Al-Qathii’iy dalam Zawaaid Fadlaailish-Shahaabah no. 642, Ath-Thayaalisiy
1/4-5 no. 1-2, Ibnu Sunniy dalam ‘Amalul-Yaum wal-Lailah no. 359, Ibnu
Abi Haatim dalam At-Tafsiir no. 4180 & 5946, Ath-Thuusiy dalam Al-Mukhtashar
no. 383 & 385, Ibnu Hibbaan dalam Shahiih-nya 2/389-390 no. 623,
Ath-Thabaraaniy dalam Ad-Du’aa no. 1841-1842, Ibnul-Mundzir dalam Tafsiir-nya
no. 935, Al-‘Uqailiy dalam Adl-Dlu’afaa’ 1/122-123, Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan
no. 6675-6676 dan dalam Ad-Da’aawaat no. 140, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah
4/151-152 no. 1015 dan dalam Ma’aalimut-Tanziil 1/339-340, Ibnu
‘Adiy dalam Al-Kaamil 2/142-143 no. 240, Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid
no. 1408, Ibnul-Atsiir dalam Usdul-Ghaabah 3/37, Ibnu Syaahiin
dalam At-Targhiib no. 175, Ibnul-Muqri’ dalam Al-Mu’jam no. 580, Ibnu
Basyraan dalam Al-Amaaliy 1/295, Abu Thaahir As-Silafiy dalam Al-Masyyakhah
Al-Baghdaadiyyah no. 41, Al-Khathiib dalam Al-Kifaayah no. 43, Adl-Dliyaa’
dalam Al-Mukhtarah no. 7-11; semuanya dari jalan ‘Utsmaan bin
Al-Mughiirah, dari ‘Aliy bin Rabii’ah, dari Asmaa’ bin Al-Hakam Al-Fazaariy,
dari ‘Aliy, dari Abu Bakr radliyallaahu ‘anhumaa.
Sanad
riwayat ini hasan.
Keterangan
perawinya adalah sebagai berikut :
a.
‘Utsmaan bin Al-Mughiirah
Ats-Tsaqafiy, Abul-Mughiirah Al-Kuufiy Al-A’syiy – ia adalah ‘Utsmaan bin Abi
Zur’ah; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 669 no. 4552].
b.
‘Aliy bin Rabii’ah bin
Nadllah Al-Waabiliy Al-Asadiy, Abul-Mughiirah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 696 no. 4767].
c.
Asmaa’ bin Al-Hakam Al-Fazaariy, Abul-Hassaan Al-Kuufiy; seorang
yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 135
no. 412].[1]
‘Utsmaan
bin Al-Mughiirah mempunyai mutaba’ah dari Mu’aawiyyah bin Abil-‘Abbaas
Al-Qaisiy sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 2/143
no. 240, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath 1/185 no. 584 dan dalam Ad-Du’aa
no. 1844, dan Abu Bakr Al-Ismaa’iiliy dalam Mu’jamusy-Syuyuukh 2/697,
dan Al-Khathiib dalam Maudlihul-Auhaam 2/490.
Mu’aawiyyah
belum ditemukan biografinya.
Hadits
tersebut dihasankan oleh At-Tirmidziy As-Sunan 1/432 dan Al-Baghawiy
dalam Syarhus-Sunnah 4/152.
Ad-Daaruquthniy
rahimahullah berkata :
وأحسنها
أسنادا وأصحها ما رواه الثوري ومسعر، ومن تابعهما عن عثمان بن المغيرة
“Dan
yang paling baik sanadnya serta yang paling shahih adalah hadits yang
diriwayatkan Ats-Tsauriy dan Mis’ar yang mengikutinya keduanya, dari ‘Utsmaan
bin Al-Mughiirah” [Al-‘Ilal, 1/180].
Perkataan
Ad-Daaruquthniy ini mengisyaratkan adanya tahsin atau tashhiih
terhadap sanad hadits Asmaa’ bin Al-Hakam dari jalur Ats-Tsauriy dan Mis’ar.
Ibnu
‘Adiy rahimahullah berkata :
وهذا
الحديث طريقه حسن، وأرجو أن يكون صحيحا
“Hadits
ini (yaitu hadits Asmaa’ bin Al-Hakam), jalan (sanad)-nya adalah hasan, dan aku
harap ia menjadi shahih (dengan adanya jalan-jalan lain yang menguatkan)” [Al-Kaamil,
2/143].
Tahsin
sanad dari Ibnu ‘Adiy ini mengkonsekuensikan tahsin terhadap perawinya,
khususnya dalam hal ini, Asmaa’ bin Al-Hakam.
Al-Mizziy
rahimahullah menshahihkan hadits ini dalam Tahdziibul-Kamaal 2/534-535.
Ibnu
Hajar rahimahullah berkata : “Hadits ini sanadnya jayyid” [Tahdziibut-Tahdziib,
1/268].
Diriwayatkan
pula secara mursal dari Al-Hasan (Al-Bashriy) dari Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Humaidiy 1/148 no. 1 : Telah
berkata Sufyaan (bin ‘Uyainah) : Dan telah menceritakan kepada kami ‘Aashim bin
Al-Ahwal, dari Al-Hasan, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
semisal dengan haditsnya (Asmaa’ bin Al-Hakam).
Diriwayatkan
pula oleh Ath-Thabaraaniy dalam Ad-Du’aa’ no. 1843 : Telah menceritakan
kepada kami Yahyaa bin ‘Utsmaan bin Shaalih : Telah menceritakan kepada kami
Ashbagh bin Al-Farj : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, dari ‘Aliy bin
‘Aabis, dari ‘Utsmaan bin Al-Mughiirah, dari Abu Shaadiq, dari Rabii’ah bin
Naajidz, ia berkata : Telah berkata ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu :
“.....(al-hadits)...”.
Semua
perawinya tsiqaat, kecuali ‘Aliy bin ‘’Aabis, seorang yang dla’iif.
Kemungkinan ia keliru dalam meriwayatkan sanad hadits ini, dimana yang masyhur
‘Utsmaan bin Al-Mughiirah meriwayatkan hadits ini dari ‘Aliy bin Rabii’ah, dari
Asmaa’ bin Al-Hakam, dari ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu – sebagaimana
riwayat jama’ah.
Diriwayatkan
oleh Al-Humaidiy no. 5, Ibnu Abid-Dun-yaa dalam At-Taubah no. 83, Al-Bazzaar
dalam Al-Bahr 1/60-61 no. 6-7, Al-Balaadzuriy dalam Al-Ansaab 10/64,
Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan 7/222 no. 7855, Ath-Thabaraaniy dalam
Ad-Du’aa no. 1846, Al-Khathiib dalam Maudlihul-Auhaam 2/105; dari
jalan ‘Abdullah bin Sa’iid, dari Abu Sa’iid Al-Maqburiy, dari ‘Aliy, dari Abu
Bakr radliyallaahu ‘anhumaa.
Sanad
riwayat ini sangat lemah karena ‘Abdullah bin Sa’iid, seorang yang matruuk.
‘Abdullah
bin Sa’iid mempunyai mutaba’ah dari Sulaimaan bin Yaziid Al-Maaziniy
sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 6677.
Namun dalam sanad Ath-Thabaraaniy dalam Ad-Du’aa’ no. 1845, Sulaimaan
bin Yaziid menyebutkan Abu Hurairah antara Abu Sa’iid Al-Maqburiy dan ‘Aliy.
Sulaimaan
bin Yaziid seorang yang lemah dari faktor hapalannya.
Diriwayatkan
juga oleh Ath-Thabaraaniy dalam Ad-Du’aa no. 1847; dari jalan Daawud bin
‘Mihraan Ad-Dabbaagh, dari ‘Umar bin Yaziid, dari Abu Ishaaq, dari
‘Abdul-Khair, dari ‘Aliy, dari Abu Bakr radliyallaahu ‘anhumaa.
Sanad
riwayat ini lemah, karena kelemahan ‘Umar bin Yaziid.
Hadits
ini secara keseluruhan dishahihkan/dihasankan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih
At-Targhiib no. 680, Ahmad Syaakir dalam Takhriij Musnad Al-Imaam Ahmad
1/164, Al-Arna’uth dalam Takhriij Musnad Al-Imaam Ahmad 1/179, Dr.
Washiyullah ‘Abbaas dalam Takhriij Fadlaailish-Shahaabah 1/195, dan yang
lainnya.
‘Aliy
bin Abi Thaalib mengecualikan Abu Bakr radliyallaahu ‘anhumaa dalam
sumpah periwayatan karena ia mengetahui bahwa Abu Bakr adalah orang yang sangat
jujur dan tidak mungkin berdusta dengan sengaja atas nama Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Kejujuran Abu Bakr radliyallaahu ‘anhu telah
dipersaksikan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana dalam
riwayat :
حَدَّثَنِي
مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ،
أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حَدَّثَهُمْ، أَنّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَعِدَ أُحُدًا وَأَبُو بَكْرٍ، وَعُمَرُ،
وَعُثْمَانُ فَرَجَفَ بِهِمْ، فَقَالَ: " اثْبُتْ أُحُدُ فَإِنَّمَا عَلَيْكَ
نَبِيٌّ وَصِدِّيقٌ وَشَهِيدَانِ "
Telah
menceritakan kepadaku Muhammad bin Basysyaar : Telah menceritakan kepada kami
Yahyaa, dari Sa’iid, dari Qataadah : Bahwasannya Anas bin Maalik radliyallaahu
‘anhu pernah menceritakan kepada mereka : Bahwa Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah mendaki Uhud bersama Abu Bakr, ‘Umar, dan
‘Utsmaan. Tiba-tiba Uhud bergetar. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
: “Tenanglah Uhud, karena di atas hanyalah ada seorang Nabi, seorang
shiddiiq, dan dua orang syahiid” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3675].
Yang
dimaksud dengan shiddiiq adalah Abu Bakr, dan dua orang syahiid adalah
‘Umar dan ‘Utsmaan radliyallaahu ‘anhum.
Gelar
‘ash-shiddiiq’ sudah merupakan panggilan atau sebutan yang lazim
diucapkan para shahabat kepada Abu Bakr radliyallaahu ‘anhu.
عَنْ
أَبِي نُعَيْمٍ وَهْبِ بْنِ كَيْسَانَ، أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ
اللَّهِ الْأَنْصَارِيَّ، يَقُولُ: " رَأَيْتُ أَبَا
بَكْرٍ الصِّدِّيقَ أَكَلَ لَحْمًا، ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ
يَتَوَضَّأْ "
Dari
Abu Nu’aim Wahb bin Kaisaan, ia mendengar Jaabir bin ‘Abdillah Al-Anshaariy
berkata : Aku pernah melihat Abu Bakr Ash-Shiddiiiq makan daging, lalu
shalat tanpa berwudlu lagi” [Diriwayatkan oleh Maalik dalam Al-Muwaththa’
no. 1/256-257 no. 58; shahih].
حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ، عَنِ الأَعْمَشِ،
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ، قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ يَزِيدَ،
يَقُولُ: صَلَّى بِنَا عُثْمَانُ بِمِنًى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ، فَقِيلَ ذَلِكَ
لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، فَاسْتَرْجَعَ، ثُمَّ قَالَ: " صَلَّيْتُ
مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِنًى رَكْعَتَيْنِ
"، وَصَلَّيْتُ مَعَ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ بِمِنًى رَكْعَتَيْنِ،
وَصَلَّيْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ بِمِنًى رَكْعَتَيْنِ،.....
Telah
menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid : Telah menceritakan kepada kami
‘Abdul-Waahid, dari Al-A’masy : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim, ia
berkata : Aku mendengar ‘Abdurrahmaan bin Yaziid berkata : “‘Utsmaan telah
shalat mengimami kami di Minaa empat raka’at”. Lalu hal itu dikatakan kepada ‘Abdullah
bin Mas’uud, lalu ia pun beristirjaa’ (mengucapkan inna lillaahi wa inna
ilaihi raaji'uun) dan berkata : "Aku pernah shalat bersama Rasulullah shallallaahu
'alaihi wa sallam di Mina sebanyak dua raka'at, dan aku pernah shalat
bersama Abu Bakr Ash-Shiddiiq di Mina sebanyak dua raka'at, dan aku juga
pernah shalat bersama Umar bin Al-Khaththaab di Mina sebanyak dua raka'at....." [Diriwayatkan
oleh Muslim no. 695].
أَخْبَرَنَا
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ مُعَاذٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا
شُعْبَةُ، عَنْ تَوْبَةَ الْعَنبَرِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قُدَامَةَ بْنِ
عَنَزَةَ، عَنْ أَبِي بَرْزَةَ الْأَسْلَمِيِّ، قَالَ: أَغْلَظَ رَجُلٌ لِأَبِي
بَكْرٍ الصِّدِّيقِ ، فَقُلْتُ: أَقْتُلُهُ.
فَانْتَهَرَنِي، وَقَالَ: " لَيْسَ هَذَا لِأَحَدٍ بَعْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "
Telah
mengkhabarkan kepada kami ‘Amru bin ‘Aliy, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Mu’aadz bin Mu’aadz, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Syu’bah, dari Taubah Al-‘Anbariy, dari ‘Abdullah bin Qudaamah bin ‘Anazah, dari
Abu Barzah Al-Aslamiy, ia berkata : Seseorang pernah berbuat kasar
kepada Abu Bakr Ash-Shiddiiq, lalu aku berkata kepadanya (Abu Bakr) : “Apakah
boleh aku membunuhnya?”. Lalu ia menghardikku dan berkata : “Tidak boleh bagi
seorang pun untuk dibunuh (hanya karena mencela orang lain) selain Nabi shallallaahu
'alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 4071; shahih].
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدٍ،
عَنِ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ، أَخْبَرَنِي عُقْبَةُ بْنُ الْحَارِثِ، قَالَ:
خَرَجْتُ مَعَ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ بَعْدَ وَفَاةِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِلَيَالٍ، وَعَلِيٌّ عَلَيْهِ
السَّلَام يَمْشِي إِلَى جَنْبِه
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah bin Az-Zubair : Telah
menceritakan kepada kami ‘Umar bin Sa’iid, dari Ibnu Abi Mulaikah : Telah
mengkhabarkan kepadaku ‘Uqbah bin Al-Haarits, ia berkata : “Aku pernah
keluar bersama Abu Bakr Ash-Shiddiiq selepas shalat ‘Ashar beberapa hari
setelah wafatnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan ‘Aliy ‘alaihis-salaam
berjalan di sampingnya....” [Diriwayatkan oleh Ahmad 1/8; shahih].
Dan
yang lainnya.
Tidaklah
sebutan ‘ash-shiddiiq’ dikatakan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wa sallam kepada Abu Bakr kecuali sebutan itu diridlai oleh Allah ta’ala.
Dan tidaklah sebutan ‘ash-shiddiiq’ dikatakan oleh Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam kepada Abu Bakr kecuali Abu Bakr memang melazimi
kejujuran dengan sebenar-benarnya dalam kehidupannya.
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَهَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ، قَالَا: حَدَّثَنَا
أَبُو الْأَحْوَصِ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "
إِنَّ الصِّدْقَ بِرٌّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ، وَإِنَّ الْعَبْدَ
لَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا، وَإِنَّ الْكَذِبَ
فُجُورٌ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ، وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَحَرَّى
الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ كَذَّابًا
Telah
menceritakan kepada Abu Bakr bin Abi Syaibah dan Hannaad bin As-Sariy, mereka
berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abul-Ahwash, dari Manshuur,
dari Abu Waail, dari ‘Abdullah bin Mas’uud, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya kejujuran (ash-shidq) adalah
kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan menunjukkan ke surga. Dan
sesungguhnya seorang hamba berusaha untuk berlaku jujur hingga dicatat di sisi
Allah sebagai seorang ‘shiddiiq’ (orang yang jujur). Dan sesungguhnya kedustaan
itu adalah kejahatan, dan sesungguhnya kejahatan itu menunjukkan ke neraka. Dan
sesungguhnya seorang itu bermaksud untuk berdusta sehingga dicatat di sisi
Allah sebagai pendusta” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2607].
Wallaahu
a’lam.
Semoga
ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’
– sardonoharjo, ngaglik, sleman, yogyakarta, 25072012].
[1] Al-‘Ijliy
berkata : “Taabi’iy tsiqah”. Al-Bukhaariy setelah menyebutkan
haditsnya berkata : “Tidak ada mutaba’ah-nya”. Al-‘Uqailiy
menyebutkannya dalam Adl-Dlu’afaa’ dengan menyertai perkataan
Al-Bukhaariy tersebut. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat dan
berkata : “Yukhthi’”. Ibnu Sa’d berkata : “Sedikit haditsnya”. Al-Bazzaar
berkata : “Majhuul”. Muusaa bin Haaruun berkata : “Tidak majhuul,
karena telah meriwayatkan darinya ‘Aliy bin Rabii’ah dan Ar-Rukain bin
Ar-Rabii’”.
Dr. Basyaar ‘Awwaad dalam menyanggah perkataan Muusaa bin
Haaruun ini dan tetap menghukuminya majhuul dengan alasan tidak ada
dalam kitab biografi ulama mutaqaddimiin yang menyebutkan bahwa
Ar-Rukain meriwayatkan darinya. Namun perkataan beliau ini sangat layak
mendapatkan kritik balik, karena dalam Mushannaf ‘Abdirrazzaaq 1/434 no.
1695 disebutkan bahwa Ar-Rukain bin Ar-Rabii’. Begitu juga dalam Mushannaf
Ibni Abi Syaibah 2/366 no. 7552 disebutkan bahwa ayah Rukain (Ar-Rabii’ bin
‘Amiilah Al-Fazaariy) juga meriwayatkan dari Asmaa’. Baik Ar-Rukain maupun
ayahnya meriwayatkan dari Asmaa’ dalam masalah meludah di masjid. Habiibur-Rahmaan
Al-A’dhamiy, pentahqiq Mushannaf ‘Abdir-Razzaaq mengatakan dalam catatan
kakinya bahwa riwayat Rukain dari Asmaa’ tersebut menguatkan apa yang dikatakan
Muusaa bin Haaruun.
Sebagian ulama mutaqaddimiin telah menshahihkan atau
menghasankan haditsnya, seperti At-Tirmidziy, Ad-Daaruquthniy, Ibnu Hibbaan, Ibnu
‘Adiy, dan Al-Baghawiy rahimahumullah.
Oleh karena itu, kedudukan Asmaa’ adalah shaduuq,
hasanul-hadiits.
Ustadz Abul Jauzaa yang saya cintai karena Allah,
BalasHapusDi manakah lagi ada blog selain blog Anda ini yang membahas banyak hadits dengan sanadnya? Saya ingin yang membahas sekaligus sanadnya, Ustadz.
Terima kasih.