Orang yang shalat malam atau bertahajjud hendaknya
membaca Al-Qur’an sebanyak satu juz atau lebih; atau kurang dari satu juz
sesuai dengan kemampuannya untuk merenungi apa yang dibaca. Dirinya boleh
memilih antara membaca dengan suara keras atau lirih. Bersuara keras lebih
utama jika hal itu membuat ia lebih bersemangat membaca, di dekatnya ada yang
mendengarkan bacaannya, atau mengandung manfaat yang lain. Namun jika di
dekatnya ada orang yang juga shalat malam/tahajjud atau ada orang yang
merasa terganggu dengan suara keras; maka membaca dengan suara lirih lebih
utama. Jika tidak ada faktor-faktor yang mengharuskannya membaca dengan suara
keras atau dengan suara lirih, maka boleh memilih cara baca yang disukai.[1]
Keterangan-keterangan di atas berdasarkan hadits
dari Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :
صَلَّيْتُ مَعَ
رَسُولِ اللَّهِ ﷺ فَأَطَالَ حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سَوْءٍ، قَالَ: قِيلَ:
وَمَا هَمَمْتَ بِهِ؟ قَالَ: هَمَمْتُ أَنْ أَجْلِسَ وَأَدَعَهُ
“Pada
suatu malam aku shalat bersama Rasulullah ﷺ. Beliau ﷺ memanjangkan
shalat sehingga aku punya pikiran buruk”. Ada yang bertanya : “Apa pikiran
burukmu?”. Ibnu Mas’uud berkata : “Aku berpikiran untuk duduk dan membiarkan
beliau shalat sendirian”.[2]
Dari Hudzaifah radliyallaahu
‘anhu, ia berkata :
صَلَّيْتُ مَعَ
النَّبِيِّ ﷺ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ، فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ
الْمِائَةِ، ثُمَّ مَضَى، فَقُلْتُ: يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ، فَمَضَى،
فَقُلْتُ: يَرْكَعُ بِهَا، ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا، ثُمَّ
افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا، يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا، إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ
فِيهَا، تَسْبِيحٌ سَبَّحَ، وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ، وَإِذَا مَرَّ
بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ
“Pada
suatu malam, aku shalat bersama Nabi ﷺ. Beliau mulai dengan membaca awal surat
Al-Baqarah. Aku berpikir beliau ﷺ akan
rukuk pada ayat keseratus, namun beliau ﷺ terus. Aku berpikir
Al-Baqarah akan beliau baca dalam satu raka’at. (Setelah selesai, aku berpikir)
beliau ﷺ akan
rukuk. Ternyata beliau melanjutkan membaca surat An-Nisaa’, kemudian disambung
dengan surat Aali ‘Imraan. Beliau ﷺ membaca
surat-surat tersebut dengan perlahan. Jika beliau ﷺ melewati ayat tasbiih (yang mensucikan Allah ﷻ), maka beliau ﷺ bertasbih; jika melewati ayat yang
mengandung permohonan, beliau ﷺ meminta; dan jika
melewati ayat ta’awwudz (memohon
perlindungan kepada Allah), maka beliau ﷺ berta’awwudz”.[3]
Dari ‘Auf bin Maalik Al-Asyja’iy radliyallaahu
‘anhu, ia berkata :
قُمْتُ مَعَ رَسُولِ
اللَّهِ ﷺ لَيْلَةً فَقَامَ فَقَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ لَا يَمُرُّ بِآيَةِ
رَحْمَةٍ إِلَّا وَقَفَ فَسَأَلَ، وَلَا يَمُرُّ بِآيَةِ عَذَابٍ إِلَّا وَقَفَ
فَتَعَوَّذَ، قَالَ: ثُمَّ رَكَعَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُولُ فِي رُكُوعِهِ:
سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ، ثُمَّ
سَجَدَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ، ثُمَّ قَالَ فِي سُجُودِهِ مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ قَامَ
فَقَرَأَ بِآلِ عِمْرَانَ، ثُمَّ قَرَأَ سُورَةً سُورَةً
“Pada
suatu malam, aku shalat bersama Rasulullah ﷺ. Dalam shalat tersebut, beliau ﷺ membaca surat Al-Baqarah.
Tidaklah beliau ﷺ melewati ayat rahmat, kecuali beliau ﷺ berhenti dan memohonnya.
Dan beliau ﷺ tidak
melewati ayat ’adzab, kecuali beliau ﷺ berhenti dan berta’awwudz
(memohon perlindungan kepada Allah). Kemudian beliau ﷺ rukuk yang lamanya
seukuran lama berdirinya. Ketika rukuk beliau ﷺ mengucapkan : ’subhaana dzil-jabaruuti wal-malakuuti wal-kibriyaai wal-’adhamah
(Maha Suci Dzat yang memiliki
keperkasaan, kerajaan, kesombongan, dan keagungan)’.
Kemudian
beliau ﷺ bersujud
yang lamanya seukuran lama berdirinya. Ketika sujud beliau mengucapkan semisal
bacaan ketika rukuk. Kemudian beliau ﷺ bangkit berdiri lalu
membaca surat Aali ‘Imraan, kemudian membaca dua surat yang lain[4]”.[5]
Dari Hudzaifah radliyallaahu
‘anhu bahwasannya ia pernah melihat Rasulullah ﷺ shalat malam sebanyak empat raka’at. Dalam empat raka’at itu,
beliau membaca surat Al-Baqarah, Aali ‘Imraan, An-Nisaa’, dan Al-Maaidah atau
Al-An’aam.[6]
Dari Abu Waail, ia berkata :
جَاءَ رَجُلٌ إِلَى
ابْنِ مَسْعُودٍ، فَقَالَ: قَرَأْتُ الْمُفَصَّلَ اللَّيْلَةَ فِي رَكْعَةٍ،
فَقَالَ: هَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ، لَقَدْ عَرَفْتُ النَّظَائِرَ الَّتِي كَانَ
النَّبِيُّ ﷺ يَقْرُنُ بَيْنَهُنَّ، فَذَكَرَ عِشْرِينَ سُورَةً مِنْ الْمُفَصَّلِ
سورتيِن في كُلِّ رَكْعَةٍ
“Ada seseorang mendatangi
Ibnu Mas’uud, lalu ia berkata : “Aku membaca Al-Mufashshal[7] dalam satu raka’at pada
shalat malam”. Maka Ibnu Mas’uud berkata: “Cepat sekali, seperti cepatnya pembacaan
sya’ir[8].
Sungguh aku mengetahui surat-surat sejenis yang digabungkan Nabi ﷺ saat membacanya”. Kemudian Ibnu Mas’uud menyebutkan dua puluh
surat dari Al-Mufashshal, masing-masing dua surat untuk setiap raka’at”.[9]
Dalam lafadh lain disebutkan :
يَقْرَؤُهُنَّ،
اثْنَيْنِ اثْنَيْنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ، ..... فَقَالَ: عِشْرُونَ سُورَةً مِنْ
أَوَّلِ الْمُفَصَّلِ عَلَى تَأْلِيفِ ابْنِ مَسْعُودٍ، آخِرُهُنَّ الْحَوَامِيمُ:
حم الدُّخَانِ، وَعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ
“Nabi ﷺ membacanya dua surat-dua surat (dari keseluruhan duapuluh
surat) dalam setiap raka’at”. Perawi (‘Alqamah) berkata : ”Dua puluh surat dari
awal Al-Mufashshal menurut rangkaian Ibnu
Mas’uud, sedangkan yang paling terakhir darinya adalah Al-Hawaamiim, haa’ miim Ad Dukhkhaan dan 'amma
yatasaa-aluun”.[10]
Dalam lafadh Muslim disebutkan :
عِشْرُونَ سُورَةً
مِنَ الْمُفَصَّلِ فِي تَأْلِيفِ
عَبْدِ اللَّهِ
“Duapuluh surat dari Al-Mufashshal menurut rangkaian
Abdullah (Ibnu Mas’uud)”.
Dalam lafadh Muslim yang lain disebutkan :
هَذًّا كَهَذِّ
الشِّعْرِ، إِنَّ أَقْوَامًا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لَا يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ،
وَلَكِنْ إِذَا وَقَعَ فِي الْقَلْبِ فَرَسَخَ فِيهِ، نَفَعَ إِنَّ أَفْضَلَ
الصَّلَاةِ، الرُّكُوعُ، وَالسُّجُودُ، إِنِّي لَأَعْلَمُ النَّظَائِرَ الَّتِي
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَقْرُنُ بَيْنَهُنَّ، سُورَتَيْنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ
“Cepat sekali, seperti
cepatnya pembacaan sya’ir. Sungguh ada beberapa kaum yang membaca Al-Qur’an
namun tidak melewati kerongkongan. Sebenarnya, apabila Al-Qur;an dibaca hingga
masuk ke dalam hati, niscaya akan menetap/membekas di dalamnya dan bermanfaat baginya.
Sesungguhnya seutama-utama shalat adalah (bagian) rukuk dan sujud. Sesungguhnya
aku benar-benar mengetahui surat-surat yang digabungkan dalam bacaannya oleh
Rasulullah ﷺ, yaitu (masing-masing) dua surat untuk setiap raka’at”.[11]
‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata:
قَامَ النَّبِيُّ ﷺ
بِآيَةٍ مِنَ الْقُرْآنِ لَيْلَةً
Dari Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu, ia
berkata :
قَامَ النَّبِيُّ ﷺ
بِآيَةٍ حَتَّى أَصْبَحَ يُرَدِّدُهَا، وَالْآيَةُ إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ
عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
“Nabi ﷺ pernah shalat dengan mambaca
satu ayat yang diulang-ulang hingga pagi. Ayat tersebut adalah : ‘Jika Engkau
siksa mereka maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu. Dan jika Engkau
ampuni mereka maka sesungguhnya hanya Engkau Yang Mahaperkasa lagi Maha
Bijaksana
(QS. Al-Maaidah : 118)”.[13]
Hadits-hadits di atas menunjukkan bervariasinya
ayat/surat yang dibaca dalam shalat malam/tahajjud sesuai dengan dengan
kemantapan hati yang Allah ﷻ berikan kepada hamba-Nya,
dan sesuai kadar kuatnya keimanan.
Adapun dalil-dalil variasi keras dan lirihnya
bacaan ketika shalat malam/tahajjud adalah sebagai berikut :
‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, bahwasannya
ia pernah ditanya tentang bacaan Nabi ﷺ ketika shalat malam, apakah keras atau
lirih. Maka ia menjawab :
كُلَّ ذَلِكَ كَانَ
يَفْعَلُ رُبَّمَا أَسَرَّ، وَرُبَّمَا جَهَرَ
Dari Abu Qataadah radliyallaahu
‘anhu :
أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ
خَرَجَ لَيْلَةً فَإِذَا هُوَ بِأَبِي بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يُصَلِّي
يَخْفِضُ مِنْ صَوْتِهِ، قَالَ: وَمَرَّ بِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ وَهُوَ
يُصَلِّي رَافِعًا صَوْتَهُ، قَالَ: فَلَمَّا اجْتَمَعَا عِنْدَ النَّبِيِّ ﷺ
قَالَ: " يَا أَبَا بَكْرٍ مَرَرْتُ بِكَ وَأَنْتَ تُصَلِّي تَخْفِضُ
صَوْتَكَ " قَالَ: قَدْ أَسْمَعْتُ مَنْ نَاجَيْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ،
قَالَ: وَقَالَ لِعُمَرَ: " مَرَرْتُ بِكَ وَأَنْتَ تُصَلِّي رَافِعًا
صَوْتَكَ " قَالَ: فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أُوقِظُ الْوَسْنَانَ،
وَأَطْرُدُ الشَّيْطَانَ. زَادَ الْحَسَنُ فِي حَدِيثِهِ: فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ:
" يَا أَبَا بَكْرٍ ارْفَعْ مِنْ صَوْتِكَ شَيْئًا "، وَقَالَ لِعُمَرَ:
" اخْفِضْ مِنْ صَوْتِكَ شَيْئًا
Bahwasannya
Nabi ﷺ
pernah keluar pada suatu malam dan mendapatkan Abu Bakr radliyallaahu ’anhu yang
ketika itu sedang melakukan shalat malam dengan melirihkan suaranya. Kemudian
beliau ﷺ
melewati ‘Umar bin Khaththaab yang ketika itu juga shalat malam dengan
mengeraskan suaranya. Pada saat keduanya (Abu Bakr dan ‘Umar) berkumpul di
hadapan Nabi ﷺ, beliau bersabda : “Wahai Abu Bakr, aku pernah
melewatimu ketika engkau sedang shalat dengan suara yang lirih”.
Abu Bakr berkata : “Aku sedang memperdengarkan bacaanku kepada Dzat yang aku
bermunajat kepada-Nya wahai Rasulullah!”. Beliau ﷺ berkata kepada ‘Umar : “Aku pernah melewatimu ketika engkau sedang shalat dengan
suara keras”. ‘Umar berkata : “Wahai Rasulullah, aku bangunkan
orang yang masih mengantuk dan kuusir setan”. Nabi ﷺ berkata kepada Abu Bakr : ”Wahai Abu Bakr, keraskan sedikit suaramu”.
Beliau ﷺ berkata kepada ‘Umar :
“Pelankan sedikit suaramu”.[15]
Dari ‘Aisyah radliyallaahu
‘anhaa:
أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ
سَمِعَ رَجُلًا يَقْرَأُ مِنَ اللَّيْلِ، فَقَالَ: يَرْحَمُهُ اللَّهُ، لَقَدْ
أَذْكَرَنِي كَذَا وَكَذَا آيَةً، كُنْتُ أَسْقَطْتُهَا مِنْ سُورَةِ كَذَا
وَكَذَا
Bahwasannya Nabi ﷺ pernah mendengar seseorang membaca Al-Qur’an pada waktu malam
hari. Lalu beliau ﷺ bersabda : “Semoga Allah
merahmatinya. Sungguh, ia telah mengingatkanku tentang ayat ini dan itu yang
telah aku lupa dari surat ini dan itu”.
Dalam lafadh lain disebutkan :
كَانَ النَّبِيُّ ﷺ
يَسْتَمِعُ قِرَاءَةَ رَجُلٍ فِي الْمَسْجِدِ، فَقَالَ: رَحِمَهُ اللَّهُ لَقَدْ
أَذْكَرَنِي آيَةً كُنْتُ أُنْسِيتُهَا
Nabi ﷺ pernah mendengarkan bacaan seseorang di masjid, lalu beliau ﷺ bersabda : “Semoga Allah merahmatinya. Sungguh, ia
mengingatkanku sebuah ayat yang aku lupa”.[16]
Al-Qur’an apabila rutin dibaca ketika shalat –
baik di waktu siang maupun malam – akan dihapal/diingat, berdasarkan hadits ‘Abdullah
bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa : Bahwasannya Rasulullah ﷺ pernah bersabda :
إِنَّمَا مَثَلُ
صَاحِبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْإِبِلِ الْمُعَقَّلَةِ، إِنْ عَاهَدَ
عَلَيْهَا أَمْسَكَهَا، وَإِنْ أَطْلَقَهَا ذَهَبَتْ
“Sesungguhnya
permisalan seorang penghapal Al-Qur’an adalah seperti pemilik unta yang diikat.
Jika ia perhatikan ikatannya,
maka untanya tidak akan pergi. Namun jika ia melepaskan ikatannya, maka unta
itu pun pergi”.[17]
Dalam riwayat Muslim
disebutkan:
وَإِذَا قَامَ صَاحِبُ
الْقُرْآنِ فَقَرَأَهُ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ ذَكَرَهُ، وَإِذَا لَمْ يَقُمْ
بِهِ نَسِيَهُ
“Jika penghapal Al-Qur’an shalat, lalu ia
membacanya (Al-Qur’an) di waktu malam dan siang, niscaya ia akan selalu
mengingatnya. Namun jika ia tidak membacanya rutin dalam shalat,
maka ia akan lupa”.[18]
[selesai]
Source
: Qiyaamul-Lail, Fadhluhu wa Aadaabuhu wal-Asbaabul-Mu’ayyanah ‘alaihi fii
Dlauil-Kitaab was-Sunnah oleh Dr. Sa’iid bin ‘Aliy bin Wahf Al-Qahthaaniy,
ha. 27-33 (islamhouse production).
[1] Lihat Al-Mughniy
karya Ibnu Qudamah (2/562).
[2] Diriwayatkan
oleh Al-Bukhaariy no. 1135 dan Muslim no. 773, dan ini adalah lafadh Muslim.
[3] Diriwayatkan
oleh Muslim no. 772.
[4] Ibnu Raslaan berkata : “Kemungkinan yang
dimaksudkan adalah beliau membaca surat An-Nisaa’, lalu Al-Maaidah” [‘Aunul-Ma’buud,
3/88]. – Abul-Jauzaa’
[5] Diriwayatkan
oleh Abu Daawud no. 873 dan An-Nasaa’iy no. 1049 & 1132; dishahihkan oleh
Al-Albaaniy dalam Shahiah Sunan Abi Daawud, 1/166.
[6] Diriwayatkan
oleh Abu Daawud no. 874 dan dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan
Abi Daawud, 1/166.
Lafadh dalam Sunan Abu Daawud yang diisyaratkan oleh Dr.
Sa’iid Al-Qahthaaniy hafidhahullah adalah :
فصلى أربع ركعات
فقرأ فيهن البقرة وآل عمران والنساء والمائدة أو الأنعام شك شعبة
Maka beliau ﷺ shalat empat raka’at yang di dalamnya beliau
membaca surat Al-Baqarah, Aali ‘Imran, An-Nisaa’, dan Al-Maaidah atau
Al-An-aam. Syu’bah (perawi hadits) ragu-ragu (dalam penyebutannya. –
Abul-Jauzaa’
[7] Surat-surat yang dimulai dari surat Qaaf sampai An-Naas.
[8] Maksud dari
perkataan ‘ka-hadzdzisy-syi’r’ adalah cepat dan tergesa-gesa dalam
membaca (seperti membaca sya’ir). Makna al-hadzdz adalah ketergesaan [Muqaddimah
Fathil-Baariy, 1/201] – Abul-Jauzaa’
[10] Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 4996.
[11] Diriwayatkan oleh Muslim no. 822.
[12] Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 448 dan
dishahihkan sanadnya oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy
1/140.
[13] Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1350; dihasankan oleh Al-Albaaniy
dalam Shahiih Sunan Ibni Maajah 1/225 dan dishahihkan oleh Al-Arnauth
dalam komentarnya terhadap Jami’ul-Ushuul 1/105.
[14] Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1437, At-Tirmidziy no. 2924, An-Nasaa’iy
no. 1662, Ibnu Maajah no. 1354, dan Ahmad 6/149; dihasankan oleh Al-Albaaniy
dalam Shahiih Sunan An-Nasaa’iy, 1/365.
[15] Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1329 dan At-Tirmidziy no. 447; dishahihkan
oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abu Daawud, 1/247.
[16] Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2655 & 5037-5038 & 5042
& 6335 dan Muslim no. 788; dan ini adalah lafadh Muslim.
[17] Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5031 dan Muslim no. 789.
[18] Diriwayatkan oleh Muslim no. 789.
Bismillah
BalasHapusterimakasih penjelasannya ust. barakallahu fiik
lantas bagaimana kalau membaca Alqu'an dalam shalat malam dengan melihat mushaf Al-Qur'an?