Allah
ta’ala berfirman:
فَمَنْ ثَقُلَتْ
مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ * وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ
فَأُولَئِكَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ فِي جَهَنَّمَ خَالِدُونَ
“Barangsiapa
yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat
keberuntungan. Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah
orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka
Jahanam” [QS.
Al-Mukminuun : 102-103].
وَالْوَزْنُ يَوْمَئِذٍ
الْحَقُّ فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ * وَمَنْ
خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ
“Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan),
maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang
yang beruntung. Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah
orang-orang yang merugikan dirinya sendiri”
[QS. Al-A’raaf : 8-9].
فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ
مَوَازِينُهُ * فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ * وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ
مَوَازِينُهُ * فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ
“Dan adapun orang-orang
yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka dia berada dalam kehidupan yang
memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka
tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah” [QS. Al-Qaari’ah : 6-9].
Melalui ayat-ayat di atas Allah ta’ala memberikan
penjelasan kepada kita bahwa orang-orang yang selamat, bahagia, dan memperoleh
keberuntungan adalah orang-orang yang kebaikan mereka melebihi kesalahan
mereka.
Ibnu Katsiir rahimahullah berkata:
وقوله: { فَمَنْ ثَقُلَتْ
مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ } أي: من رجحت حسناته على سيئاته
ولو بواحدة، قاله ابن عباس.
{ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ } أي: الذين
فازوا فنجوا من النار وأدخلوا الجنة.
“Dan firman-Nya : ‘Barangsiapa
yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat
keberuntungan’ (QS. Al-Mukminuun
: 102); yaitu : barangsiapa yang kebaikan-kebaikannya melebihi
keburukan-keburukannya meskipun hanya satu. Hal itu dikatakan oleh Ibnu
‘Abbaas. Firman-Nya : ‘maka mereka itulah
orang-orang yang dapat keberuntungan’;
yaitu : orang-orang yang memperoleh kemenangan sehingga selamat dari neraka dan
masuk ke dalam surga” [Tafsiir Ibni Katsiir, 5/496].
Allah tidak mensyaratkan golongan yang mendapatkan
keberuntungan harus terbebas dari kekeliruan, karena Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah bersabda:
كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ،
وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ
“Setiap anak Aadam pernah melakukan kesalahan, dan
sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang-orang yang bertaubat”
[Diriwayatkan oleh Ahmad 3/198, At-Tirmidziy no. 2499, Ibnu Maajah no. 4251, dan
lain-lain; dihasankan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 2/604].
Sebaliknya, Allah ta’ala tidak mengatakan bahwa
seorang yang celaka tidak mempunyai kebaikan. Akan tetapi orang yang celaka
adalah orang yang keburukan dan kesalahan mereka melebihi kebaikan.
Dulu, ketika Haathib bin Abi Baltha’ah kedapatan
membocorkan rencana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam
menyerang Makkah karena kasih saying dan rasa khawatir atas keselamatan
keluarganya di Makkah, para shahabat mencelanya. Bahkan saking geramnya, ‘Umar
sampai meminta izin kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk
membunuhnya. Namun respon yang diberikan oleh Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam adalah:
إِنَّهُ قَدْ شَهِدَ بَدْرًا
وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يَكُونَ قَدِ اطَّلَعَ عَلَى أَهْلِ بَدْرٍ،
فَقَالَ: اعْمَلُوا مَا شِئْتُمْ فَقَدْ غَفَرْتُ لَكُمْ "
“Sesungguhnya
ia (Haathib) adalah orang yang turut serta dalam perang Badr. Tahukah engkau
bahwa barangkali Allah telah melihat ahlul-Badr dan berfirman : ‘Berbuatlah
sekehendak kalian, karena Aku telah mengampuni kalian[1]”
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3007].
Ibnul-Qayyim rahimahullah berkomentar:
وارتكب مثل ذلك الذنب العظيم
فأخبر صلى الله عليه و سلم انه شهد بدرا فدل على ان مقتضى عقوبته قائم لكن منع من
ترتب اثره عليه ماله من المشهد العظيم فوقعت تلك السقطة العظيمة مغتفرة في جنب
ماله من الحسنات
“Dan
Haathib sebenarnya telah berbuat dosa besar, lalu Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam mengkhabarkan bahwasannya ia ikut hadir dalam perang Badr. Hal
itu menunjukkan bahwa sebab yang menuntut adanya hukumannya sudah ada, akan
tetapi pelaksanaannya terhalang oleh adanya amal yang sangat besar berupa
keikutsertaannya hadir dalam perang Badr, sehingga kesalahan besarnya diampuni
di sisi keberadaan kebaikan-kebaikannya tersebut” [Miftaah Daaris-Sa’aadah,
1/176].
Oleh karena itu, kita mesti memahami hal ini dalam
proses interaksi kepada sesama manusia sehingga kita bisa mendudukkan mana
orang yang layak diberikan penghormatan dan mana pula orang yang layak untuk
dicela dan diberikan peringatan.
Dulu, Ibnu Rajab rahimahullah pernah berkata:
والمنصف من اغتفر قليل خطأ
المرء في كثير صوابه
“Orang yang adil adalah orang yang dapat memaafkan
sedikit kesalahan orang lain yang memiliki banyak kebenaran” [Al-Qawaa’id,
hal. 3].
Terkait dengan hal itu, mari kita simak kisah menarik
antara Al-Imaam Ahmad bin Hanbal dan Al-Imaam Al-Humaidiy (guru Al-Bukhaariy) rahimahumullah.
Al-Humaidiy berkata:
كَانَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ
قَدْ أَقَامَ عِنْدَنَا بِمَكَّةَ، فَقَالَ لِي ذَاتَ يَوْمٍ، أَوْ ذَاتَ
لَيْلَةٍ: هَاهُنَا رَجُلٌ مِنْ قُرَيْشٍ، لَهُ بَيَانٌ وَمَعْرِفَةٌ، فَقُلْتُ
لَهُ: فَمَنْ هُوَ؟ قَالَ: مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيسَ الشَّافِعِيُّ، وَكَانَ
أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ قَدْ جَالَسَهُ بِالْعِرَاقِ، فَلَمْ يَزَلْ بِي حَتَّى
اجْتَرَّنِي إِلَيْهِ. وَدَارَتْ مَسَائِلُ، فَلَمَّا قُمْنَا، قَالَ لِي أَحْمَدُ
بْنُ حَنْبَلٍ: كَيْفَ رَأَيْتَ؟ فَجَعَلْتُ أَتَتَبَّعُ مَا كَانَ أَخْطَأَ
فِيهِ، وَكَانَ ذَلِكَ مِنِّي بِالْقُرَشِيَّةِ يَعْنِي: مِنَ الْحَسَدِ، فَقَالَ
لِي أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ: فَأَنْتَ لا تَرْضَى أَنْ يَكُونَ رَجُلٌ مِنْ
قُرَيْشٍ يَكُونُ لَهُ هَذِهِ الْمَعْرِفَةُ، وَهَذَا الْبَيَانُ ! ! أَوْ: نَحْوُ
هَذَا مِنَ الْقَوْلِ، تَمُرُّ مِائَةُ مَسْأَلَةٍ يُخْطِئُ خَمْسًا أَوْ عَشْرًا،
اتْرُكُ مَا أَخْطَأَ، وَخُذْ مَا أَصَابَ
“Dulu Ahmad bin Hanbal pernah tinggal di sisi kami di
Makkah. Pada suatau hari atau suatu malam, ia berkata kepadaku : ‘Di sini ada
seorang laki-laki keturunan Quraisy yang mempunyai kefasihan retorika dan
keluasan ilmu pengetahuan’. Aku berkata kepadanya : ‘Siapakah ia ?’. Ahmad
berkata : ‘Muhammad bin Idriis Asy-Syaafi’iy’. Ahmad bin Hanbal memang biasa
bermajelis dengannya di ‘Iraaq. Ia (Ahmad) senantiasa mengajakku untuk
bermajelis dengannya (Asy-Syaafi’iy), yang kemudian terjadi diskusi banyak
permasalahan. Ketika kami berdiri, Ahmad bin Hanbal berkata kepadaku :
‘Bagaimana pendapatmu (tentangnya) ?’. Maka aku pun mencari-cari kekeliruannya
yang ia terjatuh padanya. Hal itu aku lakukan karena rasa hasadku dengan sebab
faktor Quraisy-nya. Ahmad bin Hanbal berkata kepadaku : ‘Engkau tidak ridla ada
seorang laki-laki yang mempunyai keluasan ilmu dan kefasihan retorika ini ?. –
atau ia mengatakan sesuatu yang semisal dengannya - . Engkau melewati seratus
permasalahan lalu ia keliru dalam lima atau sepuluh masalah saja. Tinggalkan
kekeliruannya, dan ambil apa yang benar darinya” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Haatim Ar-Raaziy dalam Aadaabusy-Syaafi’iy hal. 43-44 dengan
peringkasan. Diriwayatkan juga olehnya dalam Al-Jarh wat-Ta’diil 7/202-203,
dan Abu Nu’aim dalam Hilyatul-Auliyaa’ 9/96; sanadnya hasan].
Contoh yang baik juga ditunjukkan oleh Adz-Dzahabiy rahimahullah
saat memberikan penilaian terhadap beberapa tokoh terkemuka yang terjatuh
dalam kekeliruan. Saat menyebutkan biografi Qataadah bin Di’aamah[2],
ia berkata:
ولعل الله يعذر أمثاله ممن
تلبس ببدعة يريد بها تعظيم الباري وتنزيهه، وبذل وسعه، والله حكم عدل لطيف بعباده،
ولا يسأل عما يفعل.
ثم إن الكبير من أئمة العلم
إذا كثر صوابه، وعلم تحريه للحق، واتسع علمه، وظهر ذكاؤه، وعرف صلاحه وورعه
واتباعه، يغفر له الله، ولا نضلله ونطرحه، وننسى محاسنه نعم ولا نقتدي به في بدعته
وخطئه، ونرجو له التوبة من ذلك
“Mungkin
Allah memberikan ‘udzur orang semisal dirinya yang mengenakan pakaian
bid’ah yang menginginkan dengannya untuk mengagungkan Al-Baariy (Allah) dan
menyucikan-Nya, dengan mencurahkan segala kemampuannya (untuk itu). Dan Allah Maha Bijaksana, ‘Adil, dan Lembut terhadap
hamba-hamba-Nya, yang tidak akan ditanya tentang apa yang dilakukan-Nya.
Sesungguhnya orang-orang besar dari kalangan ahli ilmu apabila banyak
kebenarannya, diketahui kesungguhannya dalam mencari kebenaran, luas ilmunya,
nampak kecerdasannya, serta diketahui kebaikan, wara’, dan sikap ittibaa’-nya;
maka Allah akan mengampuninya (kesalahannya). Kita tidak boleh menyesatkannya,
menggugurkannya, dan melupakan segala kebaikannya. Benar, kita tidak boleh
mengikuti kebid’ahan dan kesalahannya, dan kita memohon agar ia bertaubat
darinya…” [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 5/271].
Begitu pula saat menyebutkan biografi Abu Bakr
Muhammad bin ‘Aliy Al-Qaffaal rahimahullah:
قال أبو الحسن الصفار: سمعت
أبا سهل الصعلوكي، وسئل عن تفسير أبي بكر القفال، فقال: قدسه من وجه، ودنسه من
وجه، أي: دنسه من جهة نصره للاعتزال.
قلت: قد مر موته، والكمال
عزيز، وإنما يمدح العالم بكثرة ماله من الفضائل، فلا تدفن المحاسن لورطة، ولعله
رجع عنها.
وقد يغفر له باستفراغه الوسع
في طلب الحق ولا قوة إلا بالله.
“Abul-Hasan
Ash-Shaffaar berkata : Aku mendengar Abu Sahl Ash-Sha’luukiy ditanya tentang
tafsir Abu Bakr Al-Qaffaal, lalu ia menjawab : ‘Ia (Abu Bakr Al-Qaffaal) menyucikannya
di satu sisi dan mengotorinya di sisi yang lain’. Maksudnya, mengotorinya dari
sisi pembelaannya terhadap paham Mu’tazilah.
Aku (Adz-Dzahabiy) berkata : Sungguh ia telah
meninggal, dan satu kesempurnaan merupakan kemuliaan. Seorang ulama hanyalah
dipuji karena banyaknya harta berupa keutamaan-keutamaan (yang dimilikinya).
Maka, kebaikan-kebaikannya tidaklah ikut dikubur dengan sebab satu keburukan. Barangkali
ia telah rujuk dari kesalahannya itu sehingga Allah mengampuninya karena ia mencurahkan
segala kemampuannya untuk mencari kebenaran. Tidak ada kekuatan melainkan milik
Allah…” [idem, 16/285].
Ibnu Katsiir saat menyebutkan perihal gurunya,
Ibnu Taimiyyah rahimahumallah, berkata:
وبالجملة فقد كان رحمه الله
من كبار العلماء وممن يخطئ ويصيب ، ولكن خطأه بالنسبة إلى صوابه كنقطة في بحر لجي
، وخطؤه مغفور له
“Dan secara umum, beliau rahimahullah termasuk
diantara ulama besar, dan bisa salah maupun benar. Akan tetapi kesalahannya
dibandingkan dengan kebenarannya seperti titik di tengah lautan luas. Dan
kesalahannya tersebut diampuni (oleh Allah)” [Al-Bidaayah wan-Nihaayah,
14/160].
Sungguh, diantara keajaiban orang-orang yang berperilaku
dhalim terhadap sesama dari generasi belakangan adalah hobi mereka yang senang
sekali mencari-cari kesalahan orang. Berjam-jam mereka membaca kitab,
mendengarkan rekaman, dan membolak-balik halaman website hanya untuk
mengumpulkan kesalahan seseorang. Mereka mencela dan membatalkan kebaikan
seseorang hanya karena sedikit kesalahan - bahkan diantara kesalahan itu
hanyalah sebuah pengambilan pendapat yang dianggap lemah dalam masalah ijtihadiyyah.
Muamalah mereka itu mirip dengan Khawaarij dalam masalah iman. Khawaarij
menganggap iman itu pejal tak bercabang yang jika hilang satu bagian, maka
hilang semuanya. Begitu juga dengan orang-orang yang ghulluw itu. Ketika mereka melihat kekeliruan seseorang dalam satu
atau dua hal, maka bara'-lah mereka
100%. Mereka gugurkan semua kebaikan orang itu dan kemudian mengeluarkannya
dari lingkup sunnah tanpa melihat jenis, banyak-sedikit, dan besar-kecilnya kesalahan.
Apalagi, banyak diantara orang yang mereka cela itu
adalah para ulama. Seperti dikatakan : “Apabila
air telah mencapai dua qullah, maka air itu tidak menanggung najis".
Rasulullah shallallaahu
'alaihi wa sallam pernah bersabda:
إِذَا حَكَمَ الْحَاكِمُ
فَاجْتَهَدَ ثُمَّ أَصَابَ فَلَهُ أَجْرَانِ، وَإِذَا حَكَمَ فَاجْتَهَدَ ثُمَّ
أَخْطَأَ فَلَهُ أَجْرٌ.
“Jika seorang
hakim memutuskan (satu perkara) yang kemudian dia berijtihad lalu benar, maka
baginya dua pahala; dan jika dia memutuskan (satu perkara) kemudian dia
berijtihad lalu salah, maka baginya satu pahala” [Diriwayatkan oleh
Al-Bukhaariy no. 7352].
Wallaahul-musta'aan.
[abul-jauzaa' – senayan, Jakarta – 10062014 – 15:10].
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ،
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ سَمِعْتُهُ مِنْهُ مَرَّتَيْنِ، قَالَ:
أَخْبَرَنِي حَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ
أَبِي رَافِعٍ، قَالَ: سَمِعْتُ عَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، يَقُولُ:
بَعَثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا والزُّبَيْرَ
والْمِقْدَادَ بْنَ الْأَسْوَدِ، قَالَ: " انْطَلِقُوا حَتَّى تَأْتُوا
رَوْضَةَ خَاخٍ فَإِنَّ بِهَا ظَعِينَةً وَمَعَهَا كِتَابٌ فَخُذُوهُ مِنْهَا
فَانْطَلَقْنَا تَعَادَى بِنَا خَيْلُنَا حَتَّى انْتَهَيْنَا إِلَى الرَّوْضَةِ،
فَإِذَا نَحْنُ بِالظَّعِينَةِ، فَقُلْنَا: أَخْرِجِي الْكِتَابَ، فَقَالَتْ: مَا
مَعِي مِنْ كِتَابٍ، فَقُلْنَا: لَتُخْرِجِنَّ الْكِتَابَ أَوْ لَنُلْقِيَنَّ
الثِّيَابَ فَأَخْرَجَتْهُ مِنْ عِقَاصِهَا، فَأَتَيْنَا بِهِ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا فِيهِ مِنْ حَاطِبِ بْنِ أَبِي بَلْتَعَةَ إِلَى
أُنَاسٍ مِنَ الْمُشْرِكِينَ مِنْ أَهْلِ مَكَّةَ يُخْبِرُهُمْ بِبَعْضِ أَمْرِ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا حَاطِبُ مَا هَذَا، قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ لَا
تَعْجَلْ عَلَيَّ إِنِّي كُنْتُ امْرَأً مُلْصَقًا فِي قُرَيْشٍ وَلَمْ أَكُنْ
مِنْ أَنْفُسِهَا وَكَانَ مَنْ مَعَكَ مِنْ الْمُهَاجِرِينَ لَهُمْ قَرَابَاتٌ
بِمَكَّةَ يَحْمُونَ بِهَا أَهْلِيهِمْ وَأَمْوَالَهُمْ، فَأَحْبَبْتُ إِذْ فَاتَنِي
ذَلِكَ مِنَ النَّسَبِ فِيهِمْ أَنْ أَتَّخِذَ عِنْدَهُمْ يَدًا يَحْمُونَ بِهَا
قَرَابَتِي وَمَا فَعَلْتُ كُفْرًا، وَلَا ارْتِدَادًا، وَلَا رِضًا بِالْكُفْرِ
بَعْدَ الْإِسْلَامِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
لَقَدْ صَدَقَكُمْ، قَالَ عُمَرُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ دَعْنِي أَضْرِبْ عُنُقَ
هَذَا الْمُنَافِقِ، قَالَ: إِنَّهُ قَدْ شَهِدَ بَدْرًا وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ
اللَّهَ أَنْ يَكُونَ قَدِ اطَّلَعَ عَلَى أَهْلِ بَدْرٍ، فَقَالَ: اعْمَلُوا مَا
شِئْتُمْ فَقَدْ غَفَرْتُ لَكُمْ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Abdillah :
Telah menceritakan kepada kami Sufyaan : Telah menceritakan kepada kami ‘Amru
bin Diinaar yang aku mendengar darinya dua kali, ia berkata : Telah
mengkhabarkan kepadaku Hasan bin Muhammad, ia berkata : Telah mengkhabarkan
kepadaku ‘Ubaidullah bin Abi Raafi’, ia berkata : Aku mendengar ‘Aliy radliyallaahu
‘anhu berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutusku,
Az-Zubair, dan Al-Miqdaad. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
: “Berangkatlah kalian hingga mendatangi kebun Khaakh, karena di sana ada
seorang wanita yang membawa surat. Ambillah surat itu darinya”. Maka kami
pun pergi dalam keadaan kuda-kuda kami berlari cepat hingga kami tiba di kebun
tersebut. Ternyata benar kami dapati seorang wanita sedang dalam perjalanan.
Kami berkata : “Keluarkan surat yang engkau bawa”. Wanita itu berkata : “Aku
tidak membawa surat apapun”. Kami berkata : “Sungguh, engkau harus mengeluarkan
surat itu atau kami buka pakaianmu”. Lalu ia pun mengeluarkan surat itu dari
gelungan rambutnya. Lalu kami bawa surat itu kepada Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, yang ternyata berasal dari Haathib bin Abi Balta’ah
kepada orang-orang musyrikin penduduk Makkah untuk mengkhabarkan sebagian
urusan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Maka Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : “Wahai Haathib, apa maksudnya ini ?”.
Ia berkata : “Wahai Rasulullah, janganlah engkau terburu-buru kepadaku.
Sesungguhnya aku adalah seorang anak angkat di tengah suku Quraisy, dan aku
bukanlah termasuk dari kalangan mereka. Adapun kaum Muhaajirin yang bersama
engkau, mereka mempunyai kerabat di Makkah yang akan melindungi keluarga dan
harta mereka. Dikarenakan aku tidak punya hubungan nasab dengan mereka, aku
ingin menolong mereka agar mereka pun menjaga kerabatku. Aku melakukan ini
bukan karena kekafiran, murtad, ataupun ridlaa dengan kekufuran setelah Islam”.
Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sungguh,
dia telah jujur kepada kalian”. ‘Umar berkata : “Wahai Rasulullah,
biarkanlah aku tebas leher orang munafik ini”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya
ia (Haathib) adalah orang yang turut serta dalam perang Badr. Tahukah engkau
bahwa barangkali Allah telah melihat ahlul-Badr dan berfirman : ‘Berbuatlah sekehendak
kalian, karena Aku telah mengampuni kalian” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy
no. 3007].
Kisah Haathib di atas merupakan sebab turunnya QS.
Al-Mumtahanah ayat 1 di atas sebagaimana riwayat berikut :
أَخْبَرَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي
بَهَمْدَانَ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثنا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ،
ثنا وَرْقَاءُ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ: يَأَيُّهَا الَّذِينَ
آمَنُوا لا تَتَّخِذُوا عَدُوِّي وَعَدُوَّكُمْ أَوْلِيَاءَ تُلْقُونَ إِلَيْهِمْ
بِالْمَوَدَّةِ إِلَى قَوْلِهِ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ " نَزَلَ
فِي مُكَاتَبَةِ حَاطِبِ بْنِ أَبِي بَلْتَعَةَ وَمَنْ مَعَهُ إِلَى كُفَّارِ
قُرَيْشٍ يُحَذِّرُونَهُمْ ......... هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ
الشَّيْخَيْنِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ
Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahmaan bin Al-Hasan
Al-Qaadliy Bahamdaan : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Al-Husain :
Telah menceritakan kepada kami Aadam bin Abi Iyaas : Telah menceritakan kepada
kami Warqaa’, dari Ibnu Abi Najiih, dari Mujaahid, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa tentang firman Allah ‘azza wa jalla : ‘Hai orang-orang
yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman
setia yang kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa
kasih sayang’.... hingga firman-Nya : ‘Dan Allah Maha Melihat apa yang
kamu kerjakan’ (QS. Al-Mumtahanah : 1-3), ayat tersebut turun mengenai
surat-menyurat Haathib bin Abi Balta’ah dan orang-orang yang bersamanya dengan
orang-orang kafir Quraisy untuk memperingatkan mereka (tentang rencana serangan
kaum muslimin)....” [Diriwayatkan oleh Al-Haakim, 2/485; dan ia berkata : “Ini
adalah hadits shahih sesuai dengan persyaratan Syaikhain, namun keduanya
tidak meriwayatkannya”. Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah
dalam Ash-Shahiihul-Musnad min Asbaabin-Nuzuul, hal. 241].
[2] Qataadah bin Di’aamah bin
Qataadah As-Saduusiy, Abul-Khaththaab Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun banyak melakukan tadliis. Termasuk thabaqah ke-4, lahir tahun 60 H/61 H, dan
wafat tahun 117 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib hal. 798 no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal. 102 no. 92, Al-Mudallisiin lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin fii Shahiih Al-Bukhaariy hal. 483-484].
Bismillaah.. Mohon sedikit penjelasan tentang hadist terakhir pada artikel diatas. Maksudnya ketika seseorang berAMAL buah dari ijtihad yang ternyata (misal) keliru itu tetap dapat pahala atau dosa akhii ? Dan atau dia mengikuti ijtihad seorang ulama yang keliru apakah berdosa ( yg mengamalkan atau pengikut pendapat Ulama yg berijtihad tersbt ). Semoga dipahami pertanyaan saya.
BalasHapus"...sehingga Allah mengampuninya karena ia mencurahkan segala kemampuannya untuk mencari kebenaran. Tidak ada kekuatan melainkan milik Allah..." (Siyar A'lam Nubala 16/285)
BalasHapusInsyaAllah diampuni sepanjang dalam ijtihad atau dalam mengikuti ijtihad tersebut orang itu benar-benar dalam keadaan tulus karena Allah DAN sudah berusaha maksimal dalam mencari kebenaran atas/sebelum ijtihad itu.
Penjelasan ulama diatas juga berlaku untuk hadits "berijtihad benar mendapat pahala sekian, dan berijtihad salah mendapat pahala sekian".
Tentunya ijtihad yang sungguh-sungguh dalam mencari kebenaran sebelumnya, serta tulus, bukan ijtihad yang asal karena hawa nafsu.
Begitu pula yang mengikuti, sepanjang dia mengikuti bukan karena hawa nafsu, melainkan karena sikap hati-hati dan sudah semaksimal mungkin mencari kebenaran. Maka InsyaAllah akan diampuni oleh Allah.