31 Mei 2014

Ta’lil Lafadh dalam Hadits Jilatan Anjing

Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
إِذَا وَلَغَ الْكَلْبُ فِي إِنَاءِ أَحَدِكُمْ، فَلْيُرِقْهُ، ثُمَّ لِيَغْسِلْهُ سَبْعَ مِرَارٍ
Apabila seekor anjing menjilat bejana salah seorang di antara kalian, hendaklah ia buang terlebih dahulu, kemudian ia cuci sebanyak tujuh kali”.
Dalam lafadh lain disebutkan dengan : ‘falyuhriqhu’ (فَلْيُهْرِقْهُ).
Diriwayatkan oleh Muslim no. 279 (89), An-Nasaa’iy no. 66 & 335, Abu ‘Awaanah dalam Al-Mustakhraj 1/176-177 no. 538, Ibnu Khuzaimah 1/51 no. 98, Ibnul-Jaaruud dalam Al-Muntaqaa (Al-Ghautsul-Makduud) 1/57 no. 51, Al-Muzanniy dalam Az-Ziyaadah no. 12, Ad-Daaraquthniy no. 182, Ibnu Hibbaan no. 1296, Al-Baihaqiy dalam Ash-Shughraa 1/238-240 no. 177-178 & Al-Kubraa 1/18 (21) no. 60 & 1/239 (365) no. 1140 & 1/256 (388) no. 1209, Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj 1/334 no. 643, Ibnu Hazm dalam Al-Muhallaa 1/121, dan Ibnul-Jauziy dalam At-Tahqiiq no. 55; semuanya dari jalan ‘Aliy bin Mus-hir[1] : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-A’masy[2], dari Abu Raziin[3] dan Abu Shaalih[4], dari Abu Hurairah : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “......(al-hadits).....”.
‘Aliy bin Mus-hir diselisihi oleh:
a.     Ismaa’iil bin Zakariyyaa[5]; sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim no. 279 (89), Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj 1/334 no. 643
b.     Abu Mu’aawiyyah[6]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad 2/253-254 (12/415) no. 7447 & 2/424 (15/290-291) no. 9483, Ibnu Maajah no. 363, Ishaaq bin Rahawaih dalam Musnad-nya 1/284 no. 257, Ibnu Abi Syaibah 1/173 (2/228-229) no. 1839, dan Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 18/266
c.      Syu’bah bin Al-Hajjaaj[7]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad Ahmad 2/480 (16/164) no. 10221, Ath-Thayaalisiy no. 2539, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/21 no. 63, dan Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 18/267.
d.     ‘Abdul-Waahid bin Ziyaad[8], sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daaraquthniy no. 181
e.     Jariir bin ‘Abdil-Hamiid[9]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ishaaq bin Rahawaih dalam Musnad-nya 1/283 no. 256
f.      Abu Usaamah[10]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah & 14/204 (20/124) no. 37396
g.     Hafsh bin Ghiyaats[11]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/21 no. 64,
h.     ‘Abdurrahmaan bin Humaid Ar-Ruaasiy[12]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Ash-Shaghiir (Ar-Raudlud-Daaniy) 1/164 no. 256
i.       Abaan bin Taghlib[13]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Ash-Shaghiir (Ar-Raudlud-Daaniy) 2/149 no. 942 dan dalam Al-Ausath 7/331 no. 7644
yang semuanya meriwayatkan dari Al-A’masy, dari Abu Raziin dan Abu Shaalih, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam; tanpa tambahan ‘falyuriqhu’ atau ‘falyuhriqhu’.
Begitu juga dengan Suhail bin Abi Shaalih[14] yang meriwayatkan dari ayahnya (Abu Shaalih), dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tanpa tambahan lafadh; sebagaimana diriwayatkan oleh Abu ‘Awaanah dalam Al-Mustakhraj 1/178 no. 546 dan Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 18/263.
Diselisihi juga oleh ash-haab Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu lain yang tidak meriwayatkan dengan tambahan lafadh, yaitu:
a.     Al-A’raj (‘Abdurrahmaan bin Hurmuz)[15].
Diriwayatkan oleh Maalik dalam Al-Muwaththa’ 1/270-271 no. 69, Ahmad 2/245 (12/300-301) no. 7346-7347, Al-Bukhaariy no. 172, Muslim no. 279 (90), An-Nasaa’iy no. 63, Ibnu Maajah no. 364, Al-Humaidiy dalam Musnad-nya 2/195 no. 997, Asy-Syaafi’iy dalam Al-Umm 1/17, Abu ‘Awaanah dalam Al-Mustakhraj 1/176 no. 536-537, Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 8/523, Ibnu Khuzaimah 1/51 no. 96, Ad-Daaraquthniy no. 193-195, Ibnu Hibbaan no. 1294, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 1/240 (365) no. 1141, Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj 1/334 no. 644
b.     Muhammad bin Siiriin[16].
Diriwayatkan oleh Ahmad 2/265 (13/45) no. 7604 & 2/427 (15/314) no. 9511 & 2/508 (16/350) no. 10595, Muslim no. 279 (91), Abu Daawud no. 71 & 73, At-Tirmidziy 1/134 no. 91, An-Nasaa’iy no. 339, ‘Abdurrazzaaq 1/96 no. 330-331, Al-Humaidiy dalam Musnad-nya 2/195 no. 998, Asy-Syaafi’iy dalam Al-Umm 1/17, Abu ‘Awaanah dalam Al-Mustakhraj 1/177 no. 539-542, Ibnu Abi Syaibah 1/173 (2/229) no. 1840 & 14/203-204 (20/124) no. 37395, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/21 no. 65-67, Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 3/293 & 4/377 & 8/175-176, Ath-Thuusiy dalam Al-Mukhtashar no. 72, Ibnu Khuzaimah 1/50-51 no. 95 & 97, Ad-Daaraquthniy no. 185-189, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath 1/290 no. 946 & 2/84 no. 1326, Ibnu Hibbaan no. 1297, Al-Haakim 1/160-161, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 1/240-241 (366-367) no. 1143-1147 & 1/247 (374) no. 1168-1169 & 1/248 (375) no. 1172, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah 2/73-74 no. 289, Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj 1/334 no. 645, dan Ibnu Hazm dalam Al-Muhallaa 1/121 & 1/126.
c.      Hammaam bin Munabbih[17].
Diriwayatkan oleh Muslim no. 279 (92), Ahmad 2/314 (13/491) no. 8148, ‘Abdurrazzaaq 1/96 no. 329, Abu ‘Awaanah dalam Al-Mustakhraj 1/177 no. 543, Ibnul-Mundzir dalam Al-Ausath no. 229, Ibnu Hibbaan no. 1295, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 1/240 (365-366) no. 1142, Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj 1/335 no. 646
d.     Tsaabit bin ‘Iyaadl Al-Ahnaf[18].
Diriwayatkan oleh Ahmad 2/271 (13/104) no. 7672, An-Nasaa’iy no. 64, ‘Abdurrazzaaq 1/97 no. 335
e.     Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan[19].
Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 65, ‘Abdurrazzaaq 1/97 no. 335
f.      Abu Raafi’[20].
Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 338, Ishaaq bin Rahawaih dalam Musnad-nya 1/121 no. 39, Ad-Daaraquthniy no. 190, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 1/241 (367) no. 1148,
g.     ‘Abdurrahmaan bin Abi ‘Amrah[21].
Diriwayatkan oleh Ahmad 2/360 (14/340) no. 8725 & 2/482 (16/177-178) no. 10252,
h.     ‘Ubaid bin Hunain[22].
Diriwayatkan oleh Ahmad 2/398 (15/89) no. 9169,
i.       Al-Hasan Al-Bashriy[23].
Diriwayatkan oleh Ad-Daaraquthniy no. 184
j.      ‘Abdurrahmaan bin Abi Kariimah As-Suddiy[24].
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 8/356
k.     ‘Iyaadl bin ‘Abdirrahmaan bin Abi Dzubaab (paman Al-Haarits bin ‘Abdirrahmaan).
Diriwayatkan oleh Abu Ya’laa no. 6678.
An-Nasaa’iy berkata :
لَا أَعْلَمُ أَحَدًا تَابَعَ عَلِيَّ بْنَ مُسْهِرٍ عَلَى قَوْلِهِ فَلْيُرِقْهُ
“Aku tidak mengetahui seorang pun yang mengikuti ‘Aliy bin Mus-hir dalam perkataannya : ‘falyuriqhu” [Sunan An-Nasaa’iy hal. 18].
Abu Bakr An-Naisaabuuriy berkata:
لَمْ يَذْكُرْ فِي هَذَا الْحَدِيثِ " فَلْيُهْرِقْهُ " غَيْرُ عَلِيِّ بْنِ مُسْهِرٍ
“Tidak ada yang menyebutkan dalam hadits ini lafadh ‘falyuhriqhu’ selain ‘Aliy bin Mus-hir” [Az-Ziyaadaat ‘alaa Kitaab Al-Muzanniy no. 12].
Al-‘Iraaqiy menukil perkataan beberapa huffaadh yang menta’lil tambahan lafadh ini:
وَكَذَا قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ بْنُ مَنْدَهْ: أَنَّ عَلِيَّ بْنَ مُسْهِرٍ عليه تَفَرَّدَ بِالأَمْرِ بِالإِرَاقَةِ فِيهِ، وَقَالَ ابْنُ عَبْدِ الْبَرِّ: لَمْ يَذْكُرْهُ أَصْحَابُ الأَعْمَشِ الثِّقَاتُ الْحُفَّاظُ مِثْلُ: شُعْبَةَ، وَغَيْرِهِم.وَكَذَا قَالَ حَمْزَةُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْكِنَانِيُّ: لَمْ يَرْوِهَا غَيْرُ عَلِيِّ بْنِ مُسْهِرٍ.قَالَ: وَهَذِهِ الزِّيَادَةُ فِي قَوْلِهِ: فَلْيَرْقِهِ غَيْرُ مَحْفُوظَةٍ.
“Begitu pula Abu ‘Abdillah bin Mandah berkata : ‘Bahwasannya ‘Aliy bin Mus-hir padanya mempunyai tafarrud dalam lafadh penumpahan air pada hadits tersebut’. Ibnu ‘Abdil-Barr berkata : ‘Tidak ada yang menyebutkan (tambahan lafadh tersebut) dari kalangan ashhaab Al-A’masy yang tsiqah lagi haafidh seperti Syu’bah dan yang lainnya’. Begitu pula Hamzah bin Muhammad Al-Kinaaniy berkata : ‘Tidak ada yang meriwayatkannya selain ‘Aliy bin Mus-hir. Tambahan lafadh ‘falyuriqhu’ tidak mahfuudh’ [Tharhut-Tatsrib, 1/294].
Ibnu Rajab menyebutkan beberapa perawi yang riwayatnya bermasalah di akhir usianya:
ومنهم: علي بن مسهر،أحد الثقات المشهورين.
 قال أحمد في رواية الأثرم: " كان ذهب بصره فكان يحدثهم من حفظه ..........
ومنها في حديث: " إذا شرب الكلب في إناء أحدكم فليرقه " وقد خرجه مسلم.
وذكر الأثرم أيضا عن أحمد أنه أنكر حديثاً فقيل له: رواه علي بن مسهر، فقال: " إن علي بن مسهر كانت كتبه قد ذهبت، فكتب بعد، فإن كان روى هذا غيره وإلا فليس بشيء يعتمد.
“Diantaranya adalah ‘Aliy bin Mus-hir, salah seorang diantara perawi tsiqaat lagi mayshur. Ahmad berkata dalam riwayat Al-Atsram : ‘Penglihatannya hilang sehingga ia meriwayatkan hadits kepada mereka dari hapalannya’……. Dan di antaranya dalam hadits : ‘Apabila seekor anjing minum dalam bejana, hendaklah ia buang airnya’. Diriwayatkan oleh Muslim.
Al-Atsram menyebutkan juga dari Ahmad bahwa ia mengingkari hadits tersebut. Dikatakan kepadanya : ‘Diriwayatkan oleh ‘Aliy bin Mus-hir’. Maka ia berkata : ‘Sesungguhnya ‘Aliy bin Mus-hir, kitab-kitabnya hilang, lalu ia menuliskannya lagi setelah itu. Jika hadits ini diriwayatkan juga selain dirinya, maka  diterima. Jika tidak, maka tidak boleh bersandar padanya sama sekali’” [Syarh ‘Ilal At-Tirmidziy, 2/755].
‘Aliy bin Mus-hir telah menyelisihi Abu Mu’aawiyyah yang notabene salah satu perawi yang paling menguasai riwayat Al-A’masy[25]. Lantas, bagaimana halnya jika penyelisihannya tersebut masih ditambah perawi-perawi lain seperti Syu’bah, Abu Usaamah, Jariir bin ‘Abdil-Hamiid, dan lainnya?.
Selain itu, penyelisihan ‘Aliy bin Mus’hir ini ada di setiap tingkatan periwayatan. Oleh karenanya, tambahan lafadh falyuriqhu’ atau ‘falyuhriqhu yang dibawakan ‘Aliy bin Mus-hir bukan termasuk jenis ziyaadatuts-tsiqah yang diterima.
Kesimpulan : Tambahan lafadh ‘falyuriqhu’ atau ‘falyuhriqhu’ adalah lemah lagi syaadz, wallaahu a’lam.[26]
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 31052014 – 22.00].




[1]      ‘Aliy bin Mus-hir Al-Qurasyiy, Abul-Hasan Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, dan ia mempunyai riwayat-riwayat ghariib setelah mengalami kebutaan. Termasuk thabaqah ke-8, dan wafat tahun 189 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 705 no. 4834].
[2]      Sulaimaan bin Mihraan Al-Asadiy Al-Kaahiliy – terkenal dengan nama Al-A’masy; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi ‘aalim terhadap qira’aat, wara’, akan tetapi sering melakukan tadliis. Termasuk thabaqah ke-5, dan wafat tahun 147/148 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 414 no. 2630].
[3]      Mas’uud bin Maalik Abu Raziin Al-Asadiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi mempunyai keutamaan. Termasuk thabaqah ke-2 dan wafat tahun 85 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 936 no. 6656].
[4]      Dzakwaan, Abu Shaalih As-Sammaan Al-Madaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqahke-3, dan wafat tahun 101 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 313 no. 1850].
[5]      Ismaa’iil bin Zakariyyaa bin Murrah Al-Khulqaaniy, Abi Ziyaad Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq, sedikit mengalami kekeliruan. Termasuk thabaqah ke-8 dan wafat tahun 194 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 139 no. 449].
[6]      Muhammad bin Khaazim At-Tamiimiy As-Sa’diy, Abu Mu’aawiyyah Adl-Dlariir Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, dan orang yang paling hapal hadits Al-A’masy, namun sering mengalami keraguan dalam hadits selainnya. Termasuk thabaqah ke-9, lahir tahun 113 H, dan wafat tahun 194/195 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 840 no. 5878].
[7]      Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdi, Abu Busthaam Al-Waasithiy; seorang yang tsiqah, haafidh, mutqin, dan disebut Ats-Tsauriy sebagai amiirul-mukminiin fil-hadiits. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun 160 H di Bashrah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 436 no. 2805].
[8]      ‘Abdul-Waahid bin Ziyaad Al-‘Abdiy, Abu Bisyr/’Ubaidah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, dan hanya haditsnya yang berasal dari Al-A’masy saja ada pembicaraan. Termasuk thabaqah ke-8, dan wafat tahun 176 H atau setelahnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 630 no. 4268].
[9]      Jariir bin ‘Abdil-Hamiid bin Qurth Adl-Dlabbiy; seorang yang tsiqah shahiihul-kitaab (107/110-188 H). Termasuk thabaqah ke-8, dan wafat tahun 188 H. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 196 no. 924].
[10]     Hammaad bin Usaamah bin Zaid Al-Qurasyiy Abu Usaamah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, kadang melakukan tadlis. Termasuk thabaqah ke-9, dan wafat tahun 201 H dalam usia 80 tahun. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 267 no. 1495].
[11]     Hafsh bin Ghiyaats bin Thalq bin Mu’aawiyyah bin Maalik An-Nakha’iy, Abu ‘Umar Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun sedikit berubah hapalannya di akhir usianya. Termasuk thabaqah ke-8, wafat tahun 194/195 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib , hal. 260 no. 1439].
[12]     ‘Abdurrahmaan bin Humaid bin ‘Abdirrahmaan Ar-Ruaasiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-7. Dipakai oleh Muslim, Abu Daawud, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 576 no. 3872].
[13]     Abaan bin Taghlib Ar-Rib’iy, Abu Sa’d Al-Kuufiy Al-Qaariy; seorang yang tsiqah, dan diperbincangkan karena faktor tasyayyu’-nya. Termasuk thabaqah ke-7 dan wafat tahun 140 H. Dipakai oleh Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Al-Kaasyif 1/205 no. 104 dan Taqriibut-Tahdziib hal. 103 no. 137].
[14]     Suhail bin Abi Shaalih Dzakwaan bin As-Sammaan, Abu Yaziid Al-Madaniy, maulaa Juwairiyyah bintu Ahmas; seorang yang shaduuq, namun hapalannya berubah di akhir usianya. Termasuk thabaqah ke-6, dan wafat pada masa kekhilafahan Al-Manshuur. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 421 no. 2690].
[15]     ‘Abdurrahmaan bin Hurmuz Al-A’raj, Abu Daawud Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi ‘aalim. Termasuk thabaqah ke-3, dan wafat tahun 117 H di Iskandariyyah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 603 no. 4060].
[16]     Muhammad bin Siiriin Al-Anshaariy, Abu Bakr bin Abi ‘Amrah Al-Bashriy; seorang tabi’iy masyhur, tsiqah, lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-3, dan wafat tahun 110 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 853 no. 5985].
[17]     Hammaam bin Munabbih bin Kaamil bin Siij Al-Yamaaniy, Abu ‘Uqbah Ash-Shan’aaniy Al-Abnaawiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-4 dan wafat tahun 132 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1024 no. 7361].
[18]     Tsaabit bin ‘Iyaadl Al-Ahnaf Al-A’raj Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy, maulaa ‘Abdirrahmaan bin Zaid bin Al-Khaththaab; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 186 no. 832].
[19]     Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan bin ‘Auf Al-Qurasyiy Az-Zuhriy; seorang yang tsiqah lagi banyak haditsnya. Termasuk thabaqah ke-3, dan wafat tahun 94 H dalam usia 72 tahun. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1155 no. 8203].
[20]     Nufai’, Abu Raafi’ Ash-Shaaigh Al-Madaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-2. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1008 no. 7231].
[21]     ‘Abdurrahmaan bin Abi ‘Amrah Al-Anshaariy An-Najaariy Al-Madaniy Al-Qaash; seorang yang diperselisihkan status kebersahabatannya, tsiqah. Termasuk thabaqah ke-1. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 593 no. 3994].
[22]     ‘Ubaid bin Hunain Al-Madaniy, Abu ‘Abdillah maulaa Zaid bin Al-Khaththaab; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3, lahir tahun 70 H, dan wafat tahun 105 H di Madiinah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 649 no. 4399].
[23]     Al-Hasan bin Abil-Hasan Yasaar Al-Bashriy Al-Anshaariy, Abu Sa’iid atau lebih dikenal dengan nama Al-Hasan Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, faqiih, faadlil, lagi masyhuur. Termasuk thabaqah ke-3, dan wafat tahun 110 H dalam usia 88/89 tahun. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 236 no. 1237].
[24]     ‘Abdurrahmaan bin Abi Kariimah As-Suddiy; seorang yang majhuul. Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh Abu Daawud dan At-Tirmidziy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 596 no. 4016].
[25]     Ya’quub bin Syaibah berkata:
سفيان الثوري وأبو معاوية مقدمان في الأعمش على جميع من روى عن الأعمش
“Sufyaan Ats-Tsauriy dan Abu Mu’aawiyyah adalah dua orang yang dikedepankan dalam riwayat Al-A’masy di atas semua orang yang meriwayatkan dari Al-A’masy” [Syarh ‘Ilal At-Tirmidziy, 2/716].
[26]     Sebenarnya ada jalan lain yang menyebutkan tambahan lafadh tersebut sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 3/242, dan darinya Ibnul-Jauziy dalam Al-‘Ilal hal. 332-333 no. 544, dan Al-Jurqaaniy dalam Al-Abaathil 1/546 no. 354 : Telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Al-Husain Al-Karkhiy, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin ‘Aliy Al-Karaabisiy, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ishaaq Al-Azraq, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik, dari ‘Athaa’, dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
إِذَا وَلَغَ الْكَلْبُ فِي إِنَاءِ أَحَدِكُمْ فَلْيُهْرِقْهُ وَلْيَغْسِلْهُ ثَلاثٍ مَرَّاتٍ
Apabila seekor anjing menjilat bejana salah seorang di antara kalian, hendaklah ia tumpahkan terlebih dahulu, dan kemudian ia cuci sebanyak tiga kali”.
Akan tetapi hadits ini munkar sebagaimana dikatakan oleh Al-Jurqaaniy:
هَذَا حَدِيثٌ مُنْكَرٌ، لَمْ يَرْفَعْهُ عَنْ إِسْحَاقَ الْأَزْرَقِ غَيْرُ الْكَرَابِيسِيِّ بِهَذَا الْإِسْنَادِ، وَهُوَ ضَعِيفُ الْحَدِيثِ، لَا يُحْتَجُّ بِحَدِيثِهِ. وَالْأَصْلُ فِي هَذَا الْحَدِيثِ مَوْقُوفٌ رَوَاهُ عُمَرُ بْنُ شَيْبَةَ، عَنْ إِسْحَاقَ الْأَزْرَقِ بِإِسْنَادِهِ مَوْقُوفًا، وَلَمْ يَذْكُرْ عَنْهُ فَلْيُرِقْهُ، وَلَا ذَكَرَ فَلْيَغْسِلْهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ
“Ini adalah hadits munkar. Tidak ada yang memarfu’kannya dari Ishaaq Al-Azraq selain Al-Karaabisiy dengan sanad ini. Ia seorang dla’iiful-hadiits, haditsnya tidak dijadikan hujjah. Asal hadits ini adalah mauquuf. Diriwayatkan oleh ‘Umar bin Syabbah, dari Ishaaq Al-Azraq dengan sanadnya secara mauquuf, tanpa menyebutkan darinya lafadh ‘falyuriqhu’ dan tidak pula menyebutkan lafadh : ‘hendaknya ia cuci sebanyak tiga kali” [Al-Abaathil, 1/546-547].
Ibnul-Jauziy berkata:
هَذَا حَدِيثٌ لا يَصِحُّ لَمْ يَرْفَعْهُ عَنْ إِسْحَاقَ غَيْرُ الْكَرَابِيسِيِّ، وَهُوَ مِمَّنْ لا يُحْتَجُّ بِحَدِيثِهِ، وَأَصْلُ هَذَا الْحَدِيثِ أَنَّهُ مَوْقُوفٌ
“Hadits ini tidak shahih. Tidak ada yang memarfu’-kannya dari Ishaaq selain Al-Karaabisiy, dan ia termasuk orang yang haditsnya tidak boleh dijadikan hujjah. Asal hadits ini adalah mauquuf” [Al-‘Ilal, hal. 333].
Riwayat mauquuf dimaksud adalah:
حدثنا أبو بكر النيسابوري، حدثنا سعدان بن نصر، حدثنا إسحاق الأزرق
(ح) وحدثنا أبو بكر، قال : حدثنا علي بن حرب، حدثنا أسباط بن محمد، قالا : حدثنا عبد الملك، عن عطاء عن أبو هريرة قال : إذا ولغ الكلب في الإناء فأهرقه، ثم اغسله ثلاث مرات
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr An-Naisaabuuriy : Telah menceritakan kepada kami Sa’daan bin Nashr : Telah menceritakan kepada kami Ishaaq Al-Azraq (ح). Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Harb : Telah menceritakan kepada kami Asbaath bin Muhammad; mereka berdua (Ishaaq Al-Azraq dan Asbaath bin Muhammad) berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik, dari ‘Athaa’, dari Abu Hurairah, ia berkata : “Apabila seekor anjing menjilat bejana, maka tumpahkanlah ia, kemudian cucilah sebanyak tiga kali” [Diriwayatkan oleh Ad-Daaraquthniy no. 196].
Ishaaq Al-Azraq dan Asbaath bin Muhammad mempunyai mutaba’ah dari Muhammad bin Fudlail bin Ghazwaan sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daaraquthniy no. 197.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum ustadz, lalu makna yang benar hadist tersebut bagaimana? dan hukum apa saja yang terkandung didalamnya?

    BalasHapus
  2. Bantu jawab,

    Melihat konteks haditsnya, bila melihat anjing menjilat bejana (wadahnya bukan airnya) maka cukup cuci 7 kali bagian yang dijilati tanpa harus membuang seluruh isi bejana. Air dalam bejana, dalam hal ini, tetap suci.

    CMIIW.

    BalasHapus