Al-Imaam
Muslim bin Al-Hajjaaj rahimahullah berkata :
وحَدَّثَنِي
وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ الْوَاسِطِيُّ، حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ،
عَنْ الْجُرَيْرِيِّ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا
بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا الْآخَرَ مِنْهُمَا "
Dan
telah menceritakan kepadaku Wahb bin Baqiyyah Al-Waasithiy : Telah menceritakan
kepada kami Khaalid bin ‘Abdillah, dari Al-Jurairiy, dari Abun-Nadlrah, dari
Abu Sa’iid Al-Khudriy, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam : “Apabila dua orang khalifah dibaiat, maka bunuhlah
yang paling terakhir dibaiat diantara keduanya” [Ash-Shahiih no. 1853].
Diriwayatkan
juga oleh Abu ‘Awaanah[1]
dalam Al-Mustakhraj no. 7133 dan Al-Baihaqiy[2]
dalam Al-Kubraa 8/143; semuanya dari jalan Khaalid bin ‘Abdillah yang
selanjutnya seperti hadits di atas.
Hadits
di atas lemah, karena :
a.
Jurairiy, meskipun ia seorang yang tsiqah,
namun mengalami ikhtilaath dalam hapalannya di akhir hidupnya.[3]
b.
Khaalid tidak diketahui
secara pasti apakah ia mendengar riwayat Jurairiy sebelum atau setelah masa ikhtilaath-nya.
Al-Atsram berkata kepada Ahmad bin Hanbal :
قُلْتُ : فإنهم يقولون سَمَاعَ خَالِدٍ بَعْدَ
الاخْتِلاطِ ؟ قَالَ : لا أَدْرِي
“Aku berkata : Sesungguhnya mereka
mengatakan penyimakan Khaalid (dari Al-Jurariy) setelah ikhtilaath-nya ?’.
Ia menjawab : ‘Aku tidak tahu” [Al-Muntakhab minal-‘Ilal oleh Al-Khallaal, hal. 166 no. 87].
Abu Sa’iid mempunyai syawaahid dari
:
1.
Abu Hurairah radliyallaahu
‘anhu.
Diriwayatkan
oleh Ibnu ‘Adiy[4]
dalam Al-Kaamil 7/437, Ath-Thabaraaniy[5]
dalam Al-Ausath no. 2743, Ibnul-A’raabiy[6]
dalam Mu’jam-nya no. 1067, dan Al-Qadlaa’iy[7]
dalam Musnad Asy-Syihaab no. 767; semuanya dari jalan Abu Hilaal, dari
Qataadah, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah
bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا الأَحْدَثَ
مِنْهُم
“Apabila dua orang khalifah dibaiat, maka bunuhlah yang paling baru baiatnya di antara
mereka”.
Sanad riwayat ini lemah, karena Abu Hilaal[8]. Periwayatan Abu Hilaal dari
Qataadah dilemahkan Ahmad dan Ibnu Ma’iin.
Abu Hilaal dalam riwayat maushul ini diselesihi
oleh Hammaam yang meriwayatkan dari Ibnul-Musayyib secara mursal.
قَالَ الأَثْرَمُ : قُلْتُ لأَبِي عَبْدِ اللَّهِ :
أَتَحْفَظُ عَنْ أَبِي هِلالٍ ، عَنْ قَتَادَةَ ، عَنْ سَعِيدٍ ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " إِذَا
بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ".
قَالَ : هَذَا مُرْسَلٌ ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ
الْمُسَيِّبِ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
حَدَّثَنَا عَفَّانُ ، عْنَ هَمَّامٍ ، عَنْ قَتَادَةَ ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
حَدَّثَنَا عَفَّانُ ، عْنَ هَمَّامٍ ، عَنْ قَتَادَةَ ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
وَأَبُو هِلالٍ مُضْطَرِبُ الْحَدِيثِ ، عَنْ قَتَادَةَ
Al-Atsram berkata : Aku pernah bertanya kepada Abu
‘Abdillah : ‘Apakah engkau menghapal hadits dari Abu Hilaal, dari Qataadah,
dari Sa’iid, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
: ‘Apabila
dua orang khalifah dibaiat’
?’. Ia berkata : ‘Hadits ini mursal dari Sa’iid bin Al-Musayyib, dari
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Telah menceritakan kepada kami
‘Affaan, dari Hammaam, dari Qataadah, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, dari Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Abu Hilaal adalah mudltharibul-hadiits (haditsnya
goncang) dalam periwayatan dari Qataadah” [Al-Muntakhab minal-‘Ilal,
hal. 166 no. 87].
‘Affaan mempunyai mutaba’ah dari Abul-Waliid
Hisyaam bin ‘Abdillah sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy[9] dalam Al-Kaamil 7/436-437.
Al-Bazzaar berkata : “Abu Hilaal menyendiri dalam
periwayatan marfuu’ ini, sedangkan selain dirinya meng-irsal-kannya”
[Kasyful-Astaar no. 1594].
Kedudukan Hammaam[10] lebih tinggi daripada Abu
Hilaal, sehingga riwayat mursal inilah yang mahfuudh.
Selain Ahmad, Ad-Daraquthniy juga menguatkan riwayat mursal
ini.
2.
Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan radliyallaahu ‘anhumaa.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Asy-Syaamiyyiin[11] no. 2773 &
dalam Al-Ausath[12] no. 3885 &
dalam Al-Kabiir[13]
1/314 no. 710, dan Tammaam Ar-Raaziy[14] dalam Al-Fawaaid
no. 252; semuanya dari jalan Sa’iid bin Basyiir, dari Abu Bisyr Ja’far bin Abi
Iyaas, dari Sa’iid bin Jubair : Bahwasannya ‘Abdullah bin Az-Zubair pernah
berkata kepada Mu’aawiyyah terkait perkataan yang terjadi antara keduanya dalam
permasalahan baiat Yaziid : “Dan engkau wahai Mu’aawiyyah, telah mengkhabarkan
kepadaku bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda
:
إِذَا كَانَ فِي الأَرْضِ خَلِيفَتَانِ فَاقْتُلُوا
آخِرَهُمَا
“Apabila di muka bumi ada dua khalifah, maka bunuhlah
yang paling akhir di antara keduanya”.
Sanad riwayat ini lemah dikarenakan Sa’iid bin Basyiir[15].
Ad-Daaraquthniy menyebutkannya dalam Al-‘Ilal
7/52-53 no. 1204.
3.
Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh Al-‘Uqailiy[16] dalam Adl-Dlu’afaa’ 3/1144
dan Al-Khathiib[17]
dalam At-Taariikh 2/42-43; semuanya dari jalan ‘Ammaar bin Haaruun :
Telah menceritakan kepada kami Fadlaalah bin Diinaar Asy-Syahhaam : Telah
menceritakan kepada kami Tsaabit, dari Anas, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “ …..(al-hadits)….”.
Sanad riwayat di atas sangat lemah karena Fadlaalah
bin Diinaar, seorang yang munkarul-hadiits [Adl-Dlu’afaa’ lil-‘Uqailiy 3/1144 no. 1515 dan Lisaanul-Miizaan 6/331-332
no. 6032 & 6/333 no. 6034].
4.
‘Abdullah bin
Mas’uud radliyallaahu ‘anhu.
Sebagaimana disebutkan Al-‘Uqailiy dalam Al-Kabiir 1/280
dari jalan Al-Hakam bin Dhuhair Al-Fazaariy.
Sanad riwayat ini sangat lemah karena faktor diri
Al-Hakam[18].
Melihat
beberapa jalan riwayat di atas, maka dapat dirangkum sebagai berikut:
a.
Jalan Abu Sa’iid Al-Khudriy radliyallaahu ‘anhu lemah.
b.
Jalan Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu lemah
karena mursal.
c.
Jalan Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan radliyallaahu
‘anhumaa lemah.
d.
Jalan Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu sangat
lemah.
e.
Jalan ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu
sangat lemah.
Ada hadits
lain yang menguatkan maknanya, yaitu :
حَدَّثَنِي
أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ ابْنُ نَافِعٍ:
حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ، وقَالَ ابْنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ،
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلَاقَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ عَرْفَجَةَ،
قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: "
إِنَّهُ سَتَكُونُ هَنَاتٌ وَهَنَاتٌ، فَمَنْ أَرَادَ أَنْ يُفَرِّقَ أَمْرَ
هَذِهِ الْأُمَّةِ وَهِيَ جَمِيعٌ، فَاضْرِبُوهُ بِالسَّيْفِ كَائِنًا مَنْ كَانَ
Telah
menceritakan kepadaku Abu Bakr bin Naafi’ dan Muhammad bin Basysyaar – Ibnu
Naafi’ berkata : Telah menceritakan kepada kami Ghundar, sedangkan Ibnu
Basysyaar berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far – :
telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Ziyaad bin ‘Ilaaqah, ia berkata :
Aku mendengar ‘Arfajah berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : “Akan terjadi banyak fitnah dan kekacauan.
Barangsiapa ingin memecah belah urusan umat ini sedang mereka dalam keadaan
bersatu, maka bunuhlah ia dengan pedang siaipun orangnya” [Diriwayatkan
oleh Muslim no. 1852 (59)].
وحَدَّثَنِي
عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ أَبِي يَعْفُورٍ، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ عَرْفَجَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَنْ أَتَاكُمْ وَأَمْرُكُمْ جَمِيعٌ عَلَى رَجُلٍ
وَاحِدٍ يُرِيدُ أَنْ يَشُقَّ عَصَاكُمْ أَوْ يُفَرِّقَ جَمَاعَتَكُمْ
فَاقْتُلُوهُ "
Dan telah
menceritakan kepadaku ‘Utsmaan bin Abi Syaibah : Telah menceritakan kepada kami
Yuunus bin Abi Ya;fuur, dari ayahnya, dari ‘Arfajah, ia berkata : Aku mendengar
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa
yang datang kepada kalian dalam keadaan kalian telah sepakat terhadap satu
orang (untuk jadi pemimpin) lalu dia ingin merusak persatuan kalian atau
memecah jama’ah kalian, maka bunuhlah dia” [Diriwayatkan oleh Muslim no.
1852 (60)].
Kesimpulan : Shahiih lighairihi.
Dishahihkan
oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah dalam Silsilah Ash-Shahiihah
7/235-239 no. 3089.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’
– perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 24031435/25012014 – 21:20].
[1] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا أَبُو أُمَيَّةَ، قثنا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ
الْوَاسِطِيُّ، قَالَ: ثنا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ الْجُرَيْرِيِّ،
عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ،
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ، فَاقْتُلُوا الآخَرَ مِنْهُمَا "
[2] Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ
عَبْدَانَ، أَنْبَأَ أَحْمَدُ بْنُ عُبَيْدٍ الصَّفَّارُ، ثَنَا ابْنُ أَبِي
قُمَاشٍ، ثَنَا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ، عَنْ خَالِدٍ. ح وَأَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ
اللَّهِ الْحَافِظُ، أَخْبَرَنِي أَبُو بَكْرِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، أَنْبَأَ
الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثَنَا وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ، ثَنَا خَالِدُ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ الْجُرَيْرِيِّ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا الآخِرَ
مِنْهُمَا ".
رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِي الصَّحِيحِ، عَنْ وَهْبِ بْنِ
بَقِيَّةَ
[3] Sa’iid
bin Iyaas Al-Jurairiy, Abu Mas’uud Al-Bashriy; seorang yang tsiqah,
namun mengalami ikhtilaath tiga tahun sebelum wafatnya. Termasuk thabaqah ke-5,
wafat tahun 144 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 374 no. 2286].
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُنِيرٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ
أَشْكَابَ، وَحَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عِصْمَةَ، ثنا عَبَّاسُ بْنُ الْحَسَنِ
الْبَلْخِيُّ، قَالا: ثنا عَبْدُ الصَّمَدِ، ثنا أَبُو هِلالٍ، عَنْ قَتَادَةَ،
عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا بُويِعَ
لِلْخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا الآخَرَ مِنْهُمَا "
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ، قَالَ: نا عَمَّارُ بْنُ
هَارُونَ، قَالَ: نا أَبُو هِلالٍ، عَنْ قَتَادَة، عَنْ سَعِيدِ بْنِ
الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: " إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ
فَاقْتُلُوا الأَحْدَثَ مِنْهُمَا "، لَمْ يَرْوِ هَذَا الْحَدِيثَ
عَنْ قَتَادَةَ إِلا أَبُو هِلالٍ
نا أَبُو إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْوَلِيدِ، نا
عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ، نا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الْوَارِثِ، نا
أَبُو هِلالٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
" إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ، فَاقْتُلُوا
الآخِرَ مِنْهُمَا
[7] Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ
عُمَرَ بْنِ النَّحَّاسِ، أنبا أَبُو سَعِيدِ بْنُ الأَعْرَابِيِّ، ثنا أَبُو
إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْوَلِيدِ الْجَشَّاشُ، ثنا عَلِيُّ بْنُ
الْمَدِينِيِّ، ثنا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الْوَارِثِ، ثنا أَبُو هِلالٍ،
عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَذَكَرَهُ
[8] Muhammad
bin Sulaim, Abu Hilaal Ar-Raasibiy Al-Bashriy; seorang yang jujur namun
terdapat kelemahan padanya. Termasuk thabaqah ke-6, dan wafat tahun 167 H.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 849 no. 5960].
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ زُهَيْرٍ، ثنا
أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، ثنا أَبُو الْوَلِيدِ، عَنْ هَمَّامٍ،
عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ
فَاقْتُلُوا الآخَرَ مِنْهُمَا ".
قَالَ أَبُو مُوسَى: قُلْتُ لأَبِي الْوَلِيدِ: فَإِنَّ
أَبَا هِلالٍ حَدَّثَ عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِي أَبُو
الْوَلِيدِ: يَا أَبَا مُوسَى إِنَّ أَبَا هِلالٍ لا يَحْتَمِلُ هَذَا
[10] Hammaam
bin Yahyaa bin Diinaar Al-‘Audziy Al-Muhallamiy, Abu ‘Abdillah/Abu Bakr
Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, namun kadang ragu. Termasuk thabaqah
ke-7, dan wafat tahun 164 H/165 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 1024 no. 7369].
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ صَدَقَةَ،
ثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ مَرْوَانَ الدِّمَشْقِيُّ، ثَنَا مَرْوَانُ بْنُ
مُحَمَّدٍ، ثَنَا سَعِيدُ بْنُ بَشِيرٍ،
عَنْ أَبِي بِشْرٍ جَعْفَرٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ
بْنَ الزُّبَيْرِ، قَالَ لِمُعَاوِيَةَ فِي الْكَلامِ الَّذِي جَرَى بَيْنَهُمَا
فِي بَيْعَةِ يَزِيدَ: وَأَنْتَ يَا مُعَاوِيَةَ، أَخْبَرْتَنِي أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِذَا كَانَ
فِي الأَرْضِ خَلِيفَتَانِ فَاقْتُلُوا آخِرَهُمَا "
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ سَعِيدٍ الرَّازِيُّ، قَالَ: نا
الْهَيْثَمُ بْنُ مَرْوَانَ، قَالَ: نا زَيْدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ عُبَيْدٍ، قَالَ:
نا سَعِيدُ بْنُ بَشِيرٍ، عَنْ أَبِي
بِشْرٍ جَعْفَرِ بْنِ إِيَاسٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ
بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ لِمُعَاوِيَةَ فِي الْكَلامِ الَّذِي جَرَى بَيْنَهُمَا
فِي بِيعَةِ يَزِيدَ بْنِ مُعَاوِيَةَ: وَأَنْتَ يَا مُعَاوِيَةُ، حَدَّثَتْنِي،
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِذَا كَانَ فِي الأَرْضِ خَلِيفَتَانِ، فَاقْتُلُوا
أَحَدَهُمَا ".
لَمْ يَرْوِ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
الزُّبَيْرِ إِلا سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ، وَلا عَنْ سَعِيدٍ إِلا أَبُو بِشْرٍ،
وَلا عَنْ أَبِي بِشْرٍ إِلا سَعِيدُ بْنُ بَشِيرٍ، تَفَرَّدَ بِهِ: زَيْدُ بْنُ
يَحْيَى بْنِ عُبَيْدٍ
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ صَدَقَةَ
الْبَغْدَادِيُّ، ثنا الْهَيْثَمُ بْنُ مَرْوَانَ الدِّمَشْقِيُّ، ثنا زَيْدُ بْنُ
يَحْيَى بْنِ عُبَيْدٍ، ثنا سَعِيدُ بْنُ بِشْرٍ، عَنْ
أَبِي بِشْرٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ
الزُّبَيْرِ، قَالَ لِمُعَاوِيَةَ فِي الْكَلامِ الَّذِي جَرَى بَيْنَهُمَا فِي
بَيْعَةِ يَزِيدَ: وَأَنْتَ يَا مُعَاوِيَةُ أَخْبَرَتْنِي، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِذَا
كَانَ فِي الأَرْضِ خَلِيفَتَانِ، فَاقْتُلُوا أَحَدَهُمَا "
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ بْنِ حَذْلَمٍ،
ثنا سَعْدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْبَيْرُوتِيُّ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَيُّوبَ
الْحَوْرَانِيُّ، ثنا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، ثنا سَعِيدُ
بْنُ بِشْرٍ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ أَبِي وَحْشِيَّةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ
جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ مُعَاوِيَةَ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " إِذَا
بُويِعَ لِرَجُلَيْنِ فَاقْتُلُوا الآخِرَ مِنْهُمَا "
[15] Sa’iid bin Basyiir
Al-Azdiy atau An-Nashriy, Abu ‘Abdirrahmaan/Salamah Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy;
seorang yang dla’iif. Termasuk thabaqah ke-8, dan wafat tahun 168 H/169 H.
Dipakai oleh Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah[Taqriibut-Tahdziib, hal. 374 no. 2289].
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَاصِمٍ
الرَّازِيُّ، حَدَّثَنَا عَمَّارُ بْنُ هَارُونَ، حَدَّثَنَا فَضَالَةُ بْنُ
دِينَارٍ الشَّحَّامُ، حَدَّثَنَا ثَابِتٌ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا
بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا الآخِرَ مِنْهُمَا "،
وَالرِّوَايَةُ فِي هَذَا الْبَابِ غَيْرُ ثَابِتَةٍ
أَخْبَرَنِي أَبُو الْقَاسِمِ الأَزْهَرِيُّ، قَالَ:
حدثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُظَفَّرِ الْحَافِظُ، قَالَ: حدثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
بن أحمد بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْحَجَّاجِ بْنِ رِشْدِينَ، قَالَ: حدثنا مُحَمَّدُ
بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ يَزِيدَ الْبَغْدَادِيُّ، قَالَ: حدثنا عَمَّارٌ أَبُو
يَاسِرٍ الْبَصْرِيُّ، قَالَ: حدثنا فَضَالَةُ بْنُ دِينَارٍ الشَّحَّامُ
الْبَصْرِيُّ، قَالَ: حدثنا ثَابِتٌ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا بُويِعَ
لِخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا الآخَرَ مِنْهُمَا "
[18] Al-Hakam bin Dhuhair Al-Fazaariy, Abu
Muhammad bin Abi Lailaa Al-Kuufiy; seorang yang matruuk. Termasuk thabaqah
ke-8 dan wafat tahun 180 H. Dipakai oleh At-Tirmidziy [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 262 no. 1454].
Dari Abu Ahmad Dayanto.
BalasHapusAssalamualaikum, syubhat yang ada di firqoh tertentu, ada Amir yang khusus mengurus urusan duniawi dan ada Imam yang khusus mengurusi masalah Agama, maka mereka mengklaim Amir yang di Indonesia tidak mampu mengurusi urusan Umat Muslim maka mereka punya Imam yang mengurusi urusan Agama untuk mereka. Bagaimana menjawab syubhat ini ustadz ?
silahkan mampir n koreksi!
BalasHapushttp://www.lppimakassar.net
Ustadz apa hukumnya memakai wangi-wangian bgi laki2 ketika shalat di rumah sendrian? Apakah sunnah (brpahala) atw skedar mubah saja (tdak brpahala).
BalasHapusUstadz, apa hukumnya memakai wangi-wangian ketika shalat? Apakah sunnah atau mubah saja?
BalasHapusJika diasumsikan (diklaim) itu (memakai wangi2an)di masjid itu mubah, kemudian dengan memakai wangi - wangian ia niatkan untuk :
BalasHapusmenyenangkan saudaranya (karena orang cenderung suka terhadap wangi2an, nabi pun suka),menghilangkan bau keringat karena berkeringat yang bau itu makruh, lebih meningkatkan kekhusukan,...
isnya allah berpahala.
Assalaamu 'alaykum.
BalasHapusAna seorang mahasiswa di salah satu universitas Islam di indonesia, ana mau tanya ustadz, di kampus ana ada kebiasaan jika kita hendak mengikuti ujian seminar proposal skripsi/tesis/disertasi, maka mahasiswa diharuskan menyediakan konsumsi (makanan dan minuman) untuk para dosen pengujinya. Apakah hal itu termasuk risywah/suap ustadz?
Mohon jawabannya.
ya ini musibah ... hampir di setiap universitas negeri maupun swasta, terjadi yang demikian (penyediaan konsumsi).
BalasHapuspadal kita tahu, bahwa dosen tersebut sudah mendapat gaji bahkan tunjangan sertifikasi. dan tentu saja ia tidak berhak, menerima sesuatu, termasuk makanan dan minuman. Jika antum sanggup untuk menolak, ya antum tidak perlu memberi. Karena ketika antum memberi, antum jelas "menyuap",dan yang menerima maka termasuk "gratifikasi" , namun ketika antum tidak berani meninggalkan ... khawatir mendapat resiko pengurangan nilai, maka kembalikanlah kepada mafsadat dan mudhorot. Jika tidak takut akan dikurangi nilainya, maka tinggalkanlah.
wallaahua'lam.
assalamu'alaikum.
BalasHapusalhamdulillah, sudah beberapa bulan saya ikut ngaji salafi. akan tetapi, terkadang muncul syubhat: benarkah salafi itu merasa benar sendiri dan termasuk firqatun-najiyyah?
mohon jawabannya, syukran, jazakallahu khairan.
wassalamu'alaikum.
Keharaman Mengangkat Dua orang pemimpin (Kholifah) sebagai kepala negara ditegaskan oleh Hadits Rosulullah Saw. :
BalasHapus«إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا اْلآخِرَ مِنْهُمَا»
Jika dibaiat dua orang khalifah maka bunuhlah yang terakhir dari keduanya.
(HR Muslim)[1]
Sanad Hadis
Hadis ini diriwayatkan Imam Muslim dari Wahab bin Baqiyyah al-Wasithi, dari Khalid bin Abdillah, dari al-Jariri, dari Abi Nadhrah, dari Abu Said al-Khudzri.
Abu Awanah[2] meriwayatkan hadis ini dari Abu Umayah, dari Amru bin Awn al-Wasithi, dari Khalid bin Abdillah, dari al-Jariri, dari Abu Nadhrah, dari Abu Said al-Khudzri.
Al-Baihaqi[3] meriwayatkannya dari dua jalur: Pertama: Dari Abu al-Hasan Ali bin Ahmad bin Abdan, dari Ahmad bin Ubaid ash-Shafar, dari Ibn Abi Qumasy, dari Amru bin Awn, dari Khalid bin Abdillah, dari al-Jariri, dari Abu Nadhrah, dari Abu Said al-Khudzri. Kedua: Dari Abu Abdillah al-Hafizh, dari Abu Bakar bin Abdillah, dari Hasan bin Sufyan, dari Wahab bin Buqiyyah, dari Khalid bin Abdillah, dari al-Jariri, dari Abu Nadhrah, dari Abu Said al-Khudzri.
Al-Qadhai[4] meriwayatkannya dari Abu Muhammad Abd ar-Rahman bin Umar bin an-Nihas, dari Abu Said bin al-A‘rabi, dari Abu Ishaq Ibrahim bin al-Walid al-Jasyasy, dari Ali bin al-Madini, dari Abd ash-Shamad bin Abd al-Warits, dari Abu Hilal, dari Qatadah, dari Said bin al-Musayyab, dari Abu Hurairah.
Ibn Hazm rahimahullah menuturkan, “kaum Muslim di seluruh dunia tidak boleh memiliki dua orang imam/khalifah, baik keduanya saling sepakat ataupun berselisih, di dua tempat berbeda atau di tempat yang sama” (Ibn Hazm, al-Muhalla, IX/360, Idârah at-Thabâ’ah al-Munîriyyah, Kairo. 1938 M).
BalasHapusImam an-Nawawi rahimahullah berkata, “Para ulama telah bersepakat bahwa tidak boleh diakadkan baiat kepada dua orang khalifah pada satu masa, baik wilayah Negara Islam itu luas ataupun tidak” (Imam an-Nawawi, Syarh an-Nawâwî ‘alâ Shahîh Muslim, XII/232).
Bagaimaa bila tidak dibunuh hukumnya jari gimana?
BalasHapus