Pendapat di Kalangan Shahabat
Dalam hal ini, terangkum tiga pendapat yang beredar di kalangan shahabat :
1. Menetapkan ru’yah (melihat Allah) secara mutlak.
Perkataan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa :
a. Dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata :
"أتعجبون أن تكون الخلة لإبراهيم والكلام لموسى، والرؤية لمحمد صلى الله عليه وسلم"
“Apakah kalian merasa heran apabila al-khullah (kekasih) diperuntukkan bagi Ibraahiim, al-kalaam bagi Muusaa, dan ar-ru’yah bagi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam ?”.[1]
b. Dari Ibnu ‘Abbaas tentang firman Allah ta’ala {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى} “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat-nya pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha” (QS. An-Najm : 13-14), ia (Ibnu ‘Abbaas) berkata :
رأى ربه فتدلى فكان قاب قوسين أو أدنى
“Beliau (Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam) melihat Rabbnya, lalu Ia mendekat sehingga jadilah Dia dekat (dengan Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi)”.[2]
c. Dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata :
"رأى محمدٌ ربَّه". قلت: أليس الله يقول {لا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الأَبْصَارَ} [الأنعام 103]، قال: ويحك ذاك إذا تجلى بنوره الذي هو نوره، وقال: أُرِيَه مرتين"
“Muhammad telah melihat Rabbnya”. Aku (‘Ikrimah) berkata : “Bukankah Allah berfirman : ‘Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu’ (QS. Al-An’aam : 103) ?”. Ia (Ibnu ‘Abbaas) menjawab : “Bagaimana kamu ini, hal itu adalah jika Allah menampakkan diri dengan cahaya-Nya yang ia itu adalah cahaya-Nya”. Ibnu ‘Abbaas melanjutkan : “Beliau (Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam) melihat Rabbnya dua kali”.[3]
d. Riwayat :
عن عبد الله بن عمر أنه بَعَثَ إلى عبد الله بن عباس -رضي الله عنهم- يسأله: هل رأى محمدٌ صلى الله عليه وسلم ربَّه؟ فبعث إليه: "أن نعم قد رآه"، فرد رسوله إليه وقال: كيف رآه؟ فقال: "رآه على كرسي من ذهب، تحمله أربعة من الملائكة، ملك في صورة رجل، وملك في صورة أسد، وملك في صورة ثور، وملك في صورة نسر، في روضة خضراء، دونه فراش من ذهب"
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasannya ia mengutus seseorang kepada ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhum untuk bertanya : “Apakah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat Rabbnya ?”. Maka Ibnu ‘Abbaas memberikan jawaban kepadanya : “Ya benar, beliau telah melihat Rabbnya”. Ibnu ‘Umar kembali mengutus seseorang kepadanya untuk bertanya : “Bagaimana beliau melihat Rabbnya ?”. Ibnu ‘Abbaas menjawab : “Beliau melihat Allah di atas kursi yang terbuat dari emas yang dibawa/dipikul empat malaikat, yaitu : malaikat dalam wujud/bentuk seorang laki-laki, seekor singa, sapi jantan, dan burung nasar. Kursi itu berada di suatu kebun yang hijau, yang di bawahnya terdapat alas/kasur yang terbuat dari emas pula”.[4]
Perkataan Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu :
عن قتادة أن أنسًا - رضي الله عنه - قال: "رأى محمدٌ ربَّه"
Dari Qataadah : Bahwasannya Anas radliyallaahu ‘anhu berkata : “Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melihat Rabbnya”.[5]
Perkataan Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu.
قال داود بن حصين: سأل مروان أبا هريرة رضي الله عنه: هل رأى محمدٌ صلى الله عليه وسلم ربَّه عز وجل؟ فقال: "نعم، قد رآه"
Daawud bin Hushain berkata : Marwaan pernah bertanya kepada Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu : “Apakah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat Rabbnya ?”. Ia menjawab : “Benar, sungguh ia telah melihat-Nya”.[6]
2. Menetapkan ru’yah, namun men-taqyid-nya dengan penglihatan hati (ar-ru’yatul-qalbiyyah).
Ada riwayat marfuu’ mengenai hal ini, akan tetapi kualitasnya dla’iif karena mursal; yaitu yang diriwayatkan oleh Muhammad bin Ka’b Al-Qurthubiy, ia berkata :
سئل النبي صلى الله عليه وسلم: هل رأيت ربك؟ قال: "رأيته بفؤادي، ولم أره بعيني"
“Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya : ‘Apakah engkau pernah melihat Rabbmu ?’. Beliau menjawab : ‘Aku melihatnya dengan hatiku, namun aku tidak melihat-Nya dengan mataku”.[7]
Perkataan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa :
a. Dari ‘Athaa’, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa tentang firman-Nya {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى} ‘Dan sesungguhnya Muhammad telah melihatnya di waktu yang lain’ (QS. An-Najm : 13); ia berkata :
إن النبي صلى الله عليه وسلم رأى ربه بقلبه
“Sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat Rabbnya dengan hatinya”.[8]
b. Dari Abul-‘Aaaliyyah, dari Ibnu ‘Abbaas :
أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى ربه بفؤاده مرتين
“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat Rabbnya dengan hatinya sebanyak dua kali”.[9]
Perkataan Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu :
a. Dari Ibraahiim At-Taimiy : Bahwasannya Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu berkata :
رآه بقلبه ولم تره عيناه. وفي رواية: رآه بقلبه
“Beliau melihat-Nya dengan hatinya, namun tidak dengan kedua matanya”. Dalam riwayat yang lain : “Beliau melihat-Nya dengan hatinya”.[10]
b. Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy, dari Abu Dzarr, ia berkata :
رأى رسول الله صلى الله عليه وسلم ربَّه بقلبه ولم يره ببصره
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat Rabbnya dengan hatinya, dan beliau tidak melihat-Nya dengan matanya”.[11]
3. Menafikkan ru’yah secara mutlak.
Perkataan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa :
عن مسروق قال: كنت متكئا عند عائشة -رضي الله عنها- فقالت: "يا أبا عائشة: ثلاث من تكلم بواحدة منهن، فقد أعظم على الله الفرية، من زعم أن محمدًا رأى ربه فقد أعظم الفرية على الله، قال: وكنت متكئا فجلست فقلت: يا أم المؤمنين: أنظريني ولا تعجليني: ألم يقل الله عز وجل {وَلَقَدْ رَآهُ بِالأُفُقِ الْمُبِينِ} {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى} فقالت: أنا أول هذه الأمة، سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: إنما هو جبريل، لم أره على صورته التي خلق عليها غير هاتين المرتين رأيته منهبطًا من السماء سادًا عظم خلقه ما بين السماء إلى الأرض. فقالت: ألم تسمع أن الله يقول {لا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الأَبْصَار} [الأنعام 103]. أو لم تسمع أن الله يقول {وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُكَلِّمَهُ اللَّهُ إِلاَّ وَحْياً أَوْ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ أَوْ يُرْسِلَ رَسُولاً فَيُوحِيَ بِإِذْنِهِ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ عَلِيٌّ حَكِيمٌ} [الشورى 51]....."
Dari Masruuq, ia berkata : Aku pernah duduk bersanda di samping ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa. Lalu ia berkata : “Wahai Abu ‘Aaisyah (yaitu Masruuq – Abul-Jauzaa’), ada tiga hal yang barangsiapa mengatakan salah satu di antaranya, sungguh ia telah membuat kebohongan yang besar kepada Allah. Barangsiapa yang mengatakan bahwa Muhammad pernah melihat Rabbnya, sungguh ia telah membuat kebohongan yang besar kepada Allah”. Saat itu aku duduk bersandar, (saat mendengarnya) lalu akupun duduk tegak. Aku berkata : “Wahai Ummul-Mukminiin, tunggu dulu dan janganlah tergesa-gesa. Bukankah Allah ‘azza wa jalla telah berfirman : ‘Dan sesungguhnya ia (Muhammad) melihatnya di ufuk yang terang’ (QS. At-Takwiir : 23), ‘Dan sesungguhnya ia (Muhammad) telah melihatnya pada waktu yang lain’ (QS. An-Najm : 53) ?”. Maka ‘Aaisyah menjawab : “Aku adalah orang pertama di antara orang-orang yang menanyakan hal itu kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau bersabda : ‘Sesungguhnya ia itu adalah Jibriil. Aku tidak pernah melihatnya pada bentuknya (yang asli) sebagaimana ia diciptakan (oleh Allah) kecuali hanya dua kali ini saja. (Pertama), aku melihatnya turun dari langit, dimana tubuhnya yang besar memenuhi ruang antara langit dan bumi’”. ‘Aaisyah berkata : “Tidakkah engkau pernah mendengar Allah berfirman : ‘Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu….’ (QS. Al-An’aam : 103). Dan tidakkah engkau pernah mendengar Allah berfirman : ‘Dan tidak ada bagi seorang manusia pun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu, atau di belakang tabir, atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat), lalu diwahyukan kepadanya dengan seijin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana’ (QS. Asy-Syuura : 51)”….”.[12]
Perkataan Ibnu Mas’uud radliyallaahu ‘anhu :
عن زر بن عبد الله بن حبيش، عن عبد الله بن مسعود - رضي الله عنه - في قوله تعالى: {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى} [النجم 13]، قال: "رأى رسول الله صلى الله عليه وسلم جبريل في صورته، له ستمائة جناح
Dari Zirr bin ‘Abdillah bin Hubaisy, dari ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu tentang firman-Nya ta’ala : ‘Dan sesungguhnya ia (Muhammad) telah melihatnya pada waktu yang lain’ (QS. An-Najm : 53), ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat Jibriil dalam bentuknya (yang asli) yang mempunyai 600 sayap”.[13]
Perkataan Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu :
عن عطاء عن أبي هريرة - رضي الله عنه - في قوله تعالى {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى} قال: "رأى جبريل"
Dari ‘Athaa’, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu tentang firman-Nya ta’ala : ‘Dan sesungguhnya ia (Muhammad) telah melihatnya pada waktu yang lain’ (QS. An-Najm : 53), ia berkata : “Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat Jibriil”.[14]
Perkataan Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu :
عن عبد الله بن شقيق قال: قلت لأبي ذر: لو رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم لسألته، قال: عما كنت تسأله؟ قال: إذن لسألته هل رأى ربه؟ فقال: قد سألته أنا، قلت: فما قال؟ قال: "نور أنى أراه"، وفي رواية "رأيت نوراً"
Dari ‘Abdullah bin Syaqiiq, ia berkata : Aku pernah berkata kepada Abu Dzarr : “Seandainya aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, tentu aku akan bertanya kepada beliau”. Ia bertanya : “Apa yang akan engkau tanyakan ?”. (‘Abdullah bin Syaqiiq berkata) : “Aku akan tanyakan kepada beliau apakah beliau pernah melihat Rabbnya”. Abu Dzarr berkata : “Sungguh, aku pernah menanyakan hal itu kepada beliau”. Aku bertanya : “Apa yang beliau katakan ?”. Abu Dzarr berkata : (Beliau menjawab) : “Cahaya, bagaimana aku dapat melihat-Nya”. Dalam riwayat lain : “Aku melihat cahaya”.[15]
*****
Insya Allah bersambung……
[Abul-Jauzaa’ – 1432 – dinukil (dengan peringkasan) dari buku Ru’yatun-Nabiy shallallaahu ‘alaihi wa sallam li-Rabbihi karya Prof. Dr. Muhammad bin Khaliifah bin ‘Aliy At-Tamiimiy, bisa diunduh di : http://www.saaid.net/book/open.php?cat=94&book=1799].
[1] Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah (1/192) dan Al-Albaaniy berkata : “Sanadnya shahih sesuai persyaratan Al-Bukhaariy”; ‘Abdullah bin Al-Imaam Ahmad dalam As-Sunnah (1/299); An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa (Tuhfatul-Asyraf, 5/165); Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid (1/479 no. 272); dan Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah (3/1541 no. 1031 & 2/1048 no. 627).
Diriwayatkan juga oleh Ad-Daaruquthniy dalam Ar-Ru’yah (hal. 85 no. 77), dengan sanadnya dari Anas bin Maalik, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
جبل الله الخلة لإبراهيم، والكلام لموسى، والرؤية لمحمد صلى الله عليه وسلم
“Allah menciptakan Al-Khullah (= menjadikan sebagai kekasih-Nya) untuk Ibraahiim, Al-Kalaam (= diberikan kesempatan untuk berbicara secara langsung) untuk Muusaa, dan Ar-Ru ‘yah (= melihat Allah secara langsung) untuk Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.
Dibawakan As-Suyuuthiy dalam Al-Khashaaish 2/330 dari hadits Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu, dan menyandarkannya kepada Ibnu ‘Asaakir. Lihat Kanzul-‘Ummaal 14/447 no. 39208.
Diriwayatkan juga oleh Ibnu Mandah dalam Al-Iimaan (3/740) dan dalam At-Tauhiid (3/146-147 no. 581); Al-Haakim dalam Al-Mustadrak (1/65) dan ia menshahihkannya yang kemudian disepakati oleh Adz-Dzahabiy; dan Al-Laalikaaiy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah (3/515).
Dibawakan oleh Al-Hindiy dalam Kanzul-‘Ummaal (14/447) dan As-Suyuuthiy menyandarkannya kepada Ibnu ‘Asaakir, Adz-Dzahabiy dalam Siyaru A’laamin-Nubalaa’ (14/45); serta Ibnu Hajar dalam Al-Fath (7/218) dan ia menyandarkannya kepada Ath-Thabaraaniy dalamAl-Ausath, yang kemudian ia (Ibnu Hajar) berkata (8/608) : “Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dengan sanad shahih”.
[2] Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy, Kitaabu Tafsiiril-Qur’aan, Baab (54) (5/395 no. 3280), dan ia berkata : “Hadits hasan”; Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah 1/191, dan Al-Albaaniy berkata : “Sanadnya shahih mauquuf”; Ibnu Jariir dalam Tafsir-nya (27/52); Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid (1/490); Ibnu Hibbaan dalam Shahih-nya (1/253-254 no. 57); Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir (10/363); Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah (3/1541-1542 no. 1032); Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah wal-Jamaa’ah (3/518); Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat (2/360 no. 933); dan Adz-Dzahabiy dalam Al-‘Arsy (no. 48).
[3] Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy dalam Sunan-nya, Kitaabut-Tafsiir, Baab (53) (no. 3279); Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah, Baab (94) (no. 435-437), dan Al-Albaaniy berkata : “Sanadnya dla’iif”; Al-Laalikaaiy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah (3/515, 521) (no. 904-906, 910-913, 916-917, 920); ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah (1/175-176 no. 217, 1/292-293 no. 563, 2/460-461 no. 1044-1045); Ibnu mandah dalam Al-iimaan (3/5-7 no. 754-761); Ibnu Syaahiin dalam Al-Kitaabul-Lathiif (hal. 265 no. 8-98, 9-99, 10-100); dan Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat (2/353 no. 926).
[4] Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-‘Arsy (hal. 391 no. 38); Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid (2/483 no. 275); ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah (1/175 no. 217); Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah (3/1543 no. 1034); Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat (2/311 no. 934); dan dibawakan oleh Ibnul-Jauziy dalam Al-‘Ilal Al-Mutanaahiyyah (1/23-24).
Sanadnya dla’iif. Al-Baihaqiy berkata :
هذا حديث تفرد به محمد بن إسحاق بن يسار، وقد مضى الكلام في ضعف ما يرويه إذا لم يبين سماعه فيه. وفي هذه الرواية انقطاع بين ابن عباس -رضي الله عنهما- وبين الراوي عنه وليس بشيء من هذه الألفاظ في الروايات الصحيحة عن ابن عباس رضي الله عنهما.
“Hadits ini, Muhammad bin Ishaaq bin Yasaar telah bersendirian dalam periwayatannya. Telah lewat penjelasan tentang kelemahan hadits yang ia riwayatnya jika ia tidak menjelaskan penyimakan padanya. Dalam riwayat ini, terdapat keterputusan antara Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa dengan perawi sebelumnya. Selain itu, tidak ada satupun dari lafadh-lafadh ini yang terdapat dalam riwayat-riwayat yang shahih dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa”.
[Saya (Abul-Jauzaa’) berkata : Ibnu Ishaaq telah menjelaskan tashrih penyimakan riwayatnya dari ‘Abdurrahmaan bin Al-Haarits dalam riwayat ‘Abdullah bin Ahmad].
[5] Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah (1/188 no. 432), dan Al-Albaaniy berkata : “Sanadnya dla’iif”; Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid (2/487 no. 280); dan dibawakan oleh As-Suyuuthiy dalam Ad-Durrul-Mantsuur (6/159) dan ia menyandarkannya kepada Ibnu Mardawaih.
[6] Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah (1/176 no. 218), dan muhaqqiq kitab berkata : “Sanadnya dla’iif”; dan Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah (3/517 no. 908).
[7] Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy (27/46-47); Ibnu Abi Haatim (10/3319 no. 18699); Al-Bustiy dalam Tafsir-nya (hal. 462 no. 1180); serta dibawakan oleh As-Suyuuthiy dalam Ad-Durrul-Mantsuur (6/160), dan ia menyandarkan pada ‘Abd bin Humaid dan Ibnul-Mundzir.
[8] Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya (3/8) Kitaabul-Iimaan, Baab Ma’naa Qaulillaahi ‘azza wa jalla : Walaqad ra-aahu nazlatan ukhraa (no. 435); dan Ahmad dalam Al-Musnad (1/223).
[9] Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya (3/8), Kitaabul-Iimaan, Baab Ma’naa Qaulihi : Walaqad Ra-aahu nazlatan Ukhraa; Ahmad dalam Al-Musnad (1/223); dan Al-Bustiy dalam Tafsir-nya (hal. 461 no. 1179).
[10] Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid (2/516-517 no. 310-311), dan muhaqqiq berkata : “Sanadnya shahih”; Al-Laalilkaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah wal-jamaa’ah (3/518-519 no. 914-915); Ibnu Syaahiin dalam Al-Kitaabul-Lathiif (hal. 273 no. 40-915); Ad-Daaruquthniy dalam Ar-Ru’yah (hal. 183 no. 289-290); serta dibawakan oleh As-Suyuuthiy dalam Ad-Durrul-Mantsuur (6/160) dan ia menyandarkannya kepada ‘Abd bin Humaid, Ibnul-Mundzir, Ibnu Abi Haatim, dan Ibnu Mardawaih.
[11] Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dalam Tafsir-nya (2/345 no. 556), dan muhaqqiq berkata : “Shahih, dan al-mushannif (yaitu An-Nasaa’iy – Abul-Jauzaa’) telah bersendirian dengannya; Ibnu Khuzaimah dalam At-tauhiid (2/516 no. 310); Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah wal-Jama’aah (3/547 no. 914); serta dibawakan As-Suyuuthiy dalam Ad-Durrul-Mantsuur (6/160).
[12] Diriwayatkan dengan lafadh ini oleh : Muslim dalam Shahih-nya (3/9-13), Kitaabul-Iimaan, Baab Ma’naa Qaulihi ta’ala Walaqad Ra-aahu Nazlatan Ukhraa (no. 428); At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (5/262-263), Kitaabut-Tafsiir, Baab Wa Min Suurati Al-An’aam (no. 3068); dan Ahmad dalam Al-Musnad (6/49-50). Diriwayatkan pula oleh Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya (8/472), Kitaabut-Tafsiir, Baab Min Suurati An-Najm (no. 4855); dan At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (5/394-395), Baab Wa Min Suurati An-Najm (no. 3278); dengan lafadh yang berdekatan/mirip.
[13] Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya (6/360), Kitaabu Bad’il-Kahlq, Baab Idzaa Qaala Ahadukum Aamiin….dst (no. 3232) & (8/476), Kitaabut-Tafsiir, Baab : Fa-Kaana Qaaba Qausaini Au Adnaa (no. 4856-4857); dan Muslim dalam Shahih-nya (3/6), Kitaabul-Iimaan, Baab Fii Qaulihi ta’ala : Walaqad Ra-aahu nazlatan Ukhraa (no. 431).
[14] Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya (3/7), Kitaabul-Iimaan, Baab Fii Qaulihi ta’ala : Walaqad Ra-aahu nazlatan Ukhraa (no. 434).
[15] Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya (3/15), Kitaabul-Iimaan, Baab Qaulihi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : Nuurun Annaa Araahu dan dalam Baab : Wa fii Qaulihi : Ra-aitu Nuuran; dan At-Tirmidziy (5/396), Kitaabut-Tafsiir, Baab Wa Min Suuratin-Najm (no. 3282).
Diriwayatkan pula oleh Ahmad dalam Al-Musnad (5/147) dari jalan ‘Affaan, dari Hammaam, dari Qataadah dengan lafadh :
قد رأيته نور أنى أراه
“Sungguh, aku telah melihat-Nya. Ada cahaya, bagaimana aku dapat melihat-Nya”.
Diriwayatkan pula oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah (1/289-290 no. 556); dan Abu Bakr An-Najjaad dalam Ar-Radd ‘alaa Man Yaquulu Al-Qur’aan Makhluuq (hal. 52 no. 65); dari jalan ‘Affaan, dari Yaziid bin Ibraahiim, dari Qataadah, dengan lafadh : “Sungguh, aku telah melihat-Nya” saja.
Abu ‘Awaanah (1/146-147) menukil dari ‘Utsmaan bin Abi Syaibah, bahwasannya ia berkata : Aku mendengar Ahmad bin Hanbal berkata : “Aku masih menganggap hadits Yaziid bin Ibraahiim itu munkar hingga ‘Affaan menceritakan kepada kami dari Hammaam, dari Qataadah, dari ‘Abdullah bin Syaqiiq, ia berkata : Aku pernah berkata kepada Abu Dzarr….”.
Perkataan ini juga dinukil oleh Al-Haafidh Ibnu Katsiir dalam tafsir-nya (7/453) dari Al-Khallaal, ia (Ibnu Katsiir) berkata :
وقد حكى الخلال في علله عن الإمام أحمد قد سئل عن هذا الحديث فقال: ما زلت منكرا له، وما أدري ما وجهه
“Al-Khallaal telah meriwayatkan dalam kitab ‘Ilal-nya dari Al-Imam Ahmad. Ia pernah ditanya tentang hadits ini, lalu berkata : ‘Aku masih menganggap haditsnya (Yaziid) munkar, dan aku tidak mengetahui apa sebabnya”.
جبل الله الخلة لإبراهيم، والكلام لموسى، والرؤية لمحمد صلى الله عليه وسلم
BalasHapus“Allah menciptakan Al-Khullah untuk Ibraahiim, Al-Kalaam untuk Muusaa, dan Ar-Ru ‘yah untuk Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.
Usulan, bagaimana jika diterjemahkan sebagai berikut:
"Allah itu mengistimekan Nabi Ibrahim dengan menjadikannya sebagai khalil-Nya, mengistimewakan Nabi Musa dengan mengajaknya bicara secara langsung dan mengistimewakan Nabi Muhammad dengan memberi kesempatan kepadanya untuk melihat Allah secara langsung" atau kalimat semisal ini?
Ya, apa yang antum tuliskan merupakan penjelasan/penafsiran makna dari Al-Khullah, Al-Kalaam, dan Ar-Ru'yah. Di atas, saya ingin menonjolkan istilah 'Ar-Ru'yah' itu sendiri yang (khusus) diperuntukkan untuk Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, karena sebelumnya di kepala bab tertulis : Penetapan Ar-Ru'yah secara mutlak. Namun, agar tidak menimbulkan kekeliruan dalam memahami, saya terima usulan antum dan akan saya berikan keterangannya di dalam tanda kurung.
BalasHapusJazaakallaahu khairan.....
Jazzakallohu Khoyron Ustadz..ijin share dengan menyertakan Link
BalasHapusAssalamu`alaikum
BalasHapusUstadz Abul Jauzza kapan lanjutan tulisan ini dan pendapat apa yng benar dan kuat?
Wa'alaikumus-salaam.
BalasHapusInsya Allah akan dilanjut. Semoga Allah memudahkannya. Tunggu saja.