02 November 2009

Takhrij Hadits Al-‘Irbaadl bin Saariyyah : Wajib Atas Kalian untuk Berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah Al-Khulafaaur-Raasyidiin

Dari Al-‘Irbadl bin Sariyyah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :

وعظنا رسول الله صلى الله عليه وسلم يوما بعد صلاة الغداة موعظة بليغة ذرفت منها العيون ووجلت منها القلوب فقال رجل إن هذه موعظة مودع فماذا تعهد إلينا يا رسول الله قال أوصيكم بتقوى الله والسمع والطاعة وإن عبد حبشي فإنه من يعش منكم يرى اختلافا كثيرا وإياكم ومحدثات الأمور فإنها ضلالة فمن أدرك ذلك منكم فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين عضوا عليها بالنواجذ

“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memberi nasihat kepada kami pada suatu hari setelah shalat Shubuh dengan satu nasihat yang jelas hingga membuat air mata kami bercucuran dan hati kami bergetar. Seorang laki-laki berkata : ‘Sesungguhnya nasihat ini seperti nasihat orang yang hendak berpisah. Lalu apa yang hendak engkau pesankan kepada kami wahai Rasulullah ?’. Beliau bersabda : ‘Aku nasihatkan kepada kalian untuk bertaqwa kepada Allah, mendengar dan taat walaupun (yang memerintah kalian) seorang budak Habsyiy. Orang yang hidup di antara kalian (sepeninggalku nanti) akan menjumpai banyak perselisihan. Waspadailah hal-hal yang baru, karena semua itu adalah kesesatan. Barangsiapa yang menjumpainya, maka wajib bagi kalian untuk berpegang teguh kepada sunnahku dan sunnah Al-Khulafaa’ Ar-Raasyidiin yang mendapatkan petunjuk. Gigitlah ia erat-erat dengan gigi geraham”.

Hadits di atas diriwayatkan melalui enam jalur periwayatan dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah radliyallaahu ‘anhu.

Pertama : Dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy.

Semua dari jalan Khaalid bin Ma’daan, Dlamrah bin Habiib, Yahyaa bin Jaabir Ath-Thaa’iy, dan ‘Auf Al-A’rabiy.

1. Khaalid bin Ma’daan

Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban[1] no. 5, Ahmad[2] 4/126-127, Abu Dawud[3] no. 4607, Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah[4] 1/171 no. 92-93 & 1/172 no. 95, Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[5] no. 31 & 32 & 54 & 57 & 1039 & 1040, At-Tirmidziy[6] no. 2676, Ath-Thahawiy dalam Musykiilul-Aatsaar[7] 2/69, Ibnu Maajah[8] no. 44, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah[9] 1/205 no. 102, Ad-Daarimiy[10] no. 96, Ath-Thabariy dalam Tafsir-nya[11] 14/422 no. 17086-17087, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[12] 18/245-246 no. 617 & Musnad Asy-Syaamiyyiin[13] no. 437-438, Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid[14] no. 355, Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad[15] 1/75 no. 80-81, Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah[16] 5/220 & 10/114-115, Al-Baihaqiy dalam Al-Kabiir[17] 10/114 & Syu’abul-Iimaan[18] no. 7110 & Manaaqib Asy-Syaafi’iy[19] 1/10-11 & Al-I’tiqaad[20] hal. 229, Al-Haakim[21] 1/95, Ibnu ‘Abdil-Barr dalam Jaami’ Bayaanil-‘Ilmi wa Fadhlih[22] hal. 1164 no. 2305; Al-Marwadziy dalam As-Sunnah[23] hal. 87-88 no. 70-71, Al-Harawiy dalam Dzammul-Kalaam[24] 3/113-117 no. 607, dan Adz-Dzahabiy dalam Siyaru A’laamin-Nubalaa’[25] 17/482-483; dari beberapa jalan, semuanya dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, secara marfu’.

Tsaur bin Yaziid mempunyai mutaba’ah dari Bahiir bin Sa’d dan Muhammad bin Ibraahiim :

Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy[26] no. 2676, Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[27] no. 27 & 1037, Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan[28] no. 7109, dan Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[29] 18/246 no. 618, dari jalan Baqiyyah, dari Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[30] no. 1045, Ath-Thahawiy dalam Musykiilul-Aatsaar[31] 2/69, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[32] 18/247-248 no. 621, dan Al-Haakim[33] 1/96; semuanya dari Muhammad bin Ibraahiim, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

2. Dlamrah bin Habiib

Diriwayatkan oleh Ahmad[34] 4/126, Ibnu Maajah[35] no. 43, Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[36] no. 33 & 56 & 58 & 1044, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[37] 18/247 no. 619, Al-Haakim[38] 1/96, Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah[39] 1/172 no. 94, Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad[40] 1/74 no. 79, dan Ibnu ‘Abdil-Barr dalam Jaami’ Bayaanil-Ilmi wa Fadllih[41] hal. 1163 no. 2303 dari beberapa jalan; semuanya dari Mu’aawiyyah bin Shaalih, dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, secara marfu.

3. Yahyaa bin Jaabir Ath-Thaa’iy

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[42] no. 30 & 1042 dan Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[43] 18/247 no. 620; semuanya dari Sulaimaan bin Sulaim, dari Yahyaa bin Jaabir.

4. ‘Auf Al-A’rabiy

Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Musykiilul-Aatsaar 2/69 : Telah menceritakan Abu Umayyah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Yuunus Al-Yamaamiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Ikrimah bin ‘Ammaar, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Auf Al-‘A’raabiy, dari ‘Abdurrahman – Abu Ja’far berkata : Ia adalah Ibnu ‘Amr As-Sulamiy, wallaahu a’lam – ia berkata : Aku masuk ke masjid Dimasyq atau Himsh. Saat itu ada seorang laki-laki dari kalangan shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang sedang membacakan hadits pada mereka (yang hadir). Maka ia berkata : “……(al-hadits)….”.

‘Umar bin Yuunus Al-Yamaamiy tidak ditemukan biografinya. Nampaknya telah terjadi tashhiif dalam penulisan namanya. Adapun selainnya, maka semuanya tsiqaat. Adapun shahabat dimaksud di atas kemungkinan adalah Al-‘Irbaadl bin Saariyyah. Wallaahu a’lam.

‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy Asy-Syaamiy adalah seorang perawi maqbuul menurut Ibnu Hajar. Sedangkan di lain perkataan beliau mengatakan tsiqah. Adapun Adz-Dzahabiy mengomentarinya dengan shaduuq (jujur). Al-Haakim memasukkannya dalam kitab Ats-Tsiqaat.

Kesimpulan hadits ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy adalah hasan. Wallaahu a’lam.

Kedua : Dari Yahyaa bin Abil-Muthaa’.

Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah[44] no. 42, Al-Marwaziy dalam As-Sunnah[45] hal. 89 no. 72, Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[46] no. 26 & 55 & 1038, Al-Bazzaar dalam Musnad-nya q/209, Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid[47] no. 355, dan Ibnu ‘Asaakir dalam Taarikh Dimasyq[48] 31/27-28 & 40/179-180 dari beberapa jalan dari Al-Waliid bin Muslim. Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam Al-Ausath[49] 1/28 no. 66 & Al-Kabiir[50] 18/248 no. 622 & Musnad Asy-Syaamiyyiin[51] no. 786, Al- Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal[52] 31/539, Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj ‘alaa Muslim 1/37, dan Ibnu ‘Asaakir dalam Taarikh Dimasyq[53] 64/374-375 dari jalan Ibraahiim bin ‘Abdillah Al-‘Allaa’ bin Zabr. Diriwayatkan oleh Al-Haakim[54] 1/97 dari jalan ‘Amr bin Abi Salamah At-Tuniisiy. Dan diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir dalam Taarikh Dimasyq[55] 64/375 secara mu’allaq pada Zaid bin Yahyaa bin ‘Ubaid Ad-Dimasyqiy.

Keempatnya (Al-Waliid bin Muslim, Ibraahiim bin ‘Abdillah Al-‘Allaa’ bin Zabr, ‘Amr bin Abi Salamah At-Tuniisiy, dan Zaid bin Yahyaa bin ‘Ubaid Ad-Dimasyqiy) dari ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abil-Muthaa’.

Hadits ini shahih, tidak ada ‘illat padanya.

Namun sebagian ulama ada yang men-ta’lil-nya karena tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Yahyaa bin Abi Muthaa’ kecuali ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr – sebagaiamana dikatakan oleh Ath-Thabaraniy. Namun ta’lil ini tidak diterima, sebab Yahya bin Abi Muthaa’ maupun ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr adalah perawi tsiqah sehingga tidak menurunkan derajat haditsnya dengan sebab kebersendirian tersebut.

Selain itu, ta’lil juga diberikan karena adanya inqithaa’ antara Yahyaa bin Abi Muthaa’ dengan Al-‘Irbaadl bin Saariyyah sebagaimana dikatakan Ad-Duhaim – lihat Tahdzibut-Tahdziib 11/280. Namun perkataan ini tidak benar.[56] Penyimakan Yahyaa bin Abi Muthaa’ adalah sangat memungkinkan. Yahyaa bin Abil-Muthaa’ termasuk taabi’iy thabaqah ketiga menurut Ibnu Sumai’ dalam Thabaqaat-nya atau thabaqah keempat menurut Abu Zur’ah dalam Taariikh-nya – sebagaimana dalam Taarikh Dimasyq oleh Ibnu ‘Asaakir 64/377. Adapun Al-‘Irbaadl bin Saariyyah wafat pada tahun 75 H. Al-Bukhariy dan Abu Haatim telah menegaskan penyimakan Yahyaa bin Abi Muthaa’ dari Al-‘Irbaadl.[57]

Ketiga : Dari Hujr bin Hujr.

Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban[58] no. 5, Ahmad[59] 4/126-127, Abu Dawud[60] no. 4607, Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah[61] 1/171 no. 92-93, Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[62] no. 32 & 57 & 1040, Ath-Thabariy dalam Tafsir-nya[63] 14/422 no. 17086-17087, Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah[64] 10/114-115, Ath-Thabaraniy dalam Musnad Asy-Syaamiyyiin[65] no. 438, Ibnu ‘Abdil-Barr dalam Jaami’ Bayaanil-‘Ilmi wa Fadhlih[66] hal. 1164 no. 2305, Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid[67] no. 355, dan Al-Marwadziy dalam As-Sunnah[68] hal. 88 no. 71; dari beberapa jalan, semuanya dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, secara marfu’.

Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, menurut Ibnu Hajar adalah seorang perawi maqbuul.[69] Ia di-tsiqah-kan oleh Al-Haakim dan Ibnu Hibbaan. Namun pen-tsiqah-an ini perlu ditinjau kembali karena mereka berdua termasuk ulama yang mudah memberikan tautsiq pada perawi majhul. Termasuk dalam hal ini Hujr bin Hujr. Tidak ada yang meriwayatkan darinya kecuali Khaalid bin Ma’daan dan Shafwaan bin ‘Amr. Oleh karena itu, statusnya adalah majhuul (haal).

Keempat : Dari Muhaashir bin Habiib.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[70] no. 28 & 29 & 59 & 1043 dan Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[71] 18/248-249 no. 623 & Musnad Asy-Syaamiyyiin[72] no. 697; dari dua jalan (yaitu Abul-Mughiirah dan Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy), dari Arthaah bin Al-Mundzir, dari Muhaashir bin Habiib, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Muhaashir bin Habiib di-tsiqah-kan oleh Al-‘Ijilliyy dalam Ats-Tsiqaat no. 1428. Abu Haatim berkata : “Laa ba’sa bihi”. Penyimakan Muhaashir terhadap Al-‘Irbaadl ini sangat memungkinkan, karena ia (Muhaashir) wafat tahun 128 H sebagaimana dikatakan Ibnu Hibbaan. Ini ditunjukkan dengan riwayat Sa’iid bin Haani’ Al-Khaulaaniy (sebagaimana terdapat dalam beberapa kitab hadits) dengan tashriih penyimakan dari Al-‘Irbaadl, sedangkan ia (Sa’iid) wafat pada tahun 127 H.

Sedangkan Arthaah bin Al-Mundzir, juga seorang yang tsiqah sebagaimana dituturkan oleh Al-Fasaawiy.

Kelima : Dari ‘Abdullah bin Abi Bilaal

Diriwayatkan oleh Ahmad[73] 4/127 dan Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[74] 18/249 no. 624.

Sanad riwayat ini adalah dla’iif karena kebersendirian ‘Abdullah bin Abi Hilaal, dan ia seorang yang majhuul.

Keenam : Dari Jubair bin Nufair.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah[75] no. 34 & 1041 dan Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir[76] 18/257 no. 642.

Kesimpulan : Hadits ini shahih dengan semua jalannya tanpa ada keraguan sedikitpun.[77] Walhamdulillah…………..



[1] Telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Mukarram bin Khaalid Al-Birtiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Madiiniy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami menemui Al-‘Irbadl bin Sariyyah………..dst.

[2] Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Ma’daan, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr, mereka berdua berkata : “Kami menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah…..”.

[3] Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Khaalid bin Ma’daan, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr, mereka berdua berkata : “Kami menemui Al-‘Irbaadl bin Sariyyah….”.

[4] Pertama (no. 92) : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin Musa Al-Jauziy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Daawud bin Rasyiid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami masuk menemui Al-‘Irbaadl bin Sariyyah…………..”.

Kedua (no. 93) : Telah menceritakan kepada kami Abul-Fadhl Ja’far bin Muhammad Ash-Shandaliy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin Ziyaad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillah Ahmad bin Hanbal, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid – kemudian ia menyebutkan hadits semisal dengannya hingga akhir.

Ketiga (no. 95) : Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdil-Hamiid Al-Waasithiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Muhammad Al-Marwaziy, ia berkata : Telah memberitakan kepada kami Abu ‘Aashim Adl-Dlahhaak bin Makhlad, dari Tsaur bin Yaziid – kemudian ia menyebutkan hadits semisal dengannya hingga akhir.

[5] Pertama (no. 31) : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahiim bin Mutharrif Ar-Ruwaasiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Isa bin Yunus, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Albaniy berkata : “Sanadnya shahih juga, rijal-nya seluruhnya adalah tsiqaat” [Dhilaalul-Jannah, hal. 19].

Kedua (no. 32) : Telah menceritakan kepada kami Husain bin Hasan : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Albaniy berkata : “Sanadnya shahih, semua rijal-nya tsiqaat” [Dhilaalul-Jannah hal. 19].

Ketiga (no. 54) : Telah menceritakan kepada kami Abu Sufyaan ‘Abdurrahiim bin Mutharrif : Telah menceritakan kepada kami ‘Isa bin Yunus, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Albaniy berkata : “Sanadnya shahih, rijalnya tsiqaat” [Dhilaalul-Jannah, hal. 29].

Keempat (no. 57) : Telah menceritakan kepada kami Husain bin Hasan : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Amr dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Kelima (no. 1039) : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahiim bin Mutharrif : Telah menceritakan kepada kami ‘Isa bin Yunus, dari Tsaur, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Keenam (no. 1040) : Telah menceritakan kepada kami Husain bin Hasan Al-Marwaziy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr dan Hujr bin Hujr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[6] Pertama : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Hujr, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah bin Al-Waliid, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari ‘Irbadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Kedua : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Khallaal dan yang lainnya, mereka berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari ‘Irbadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[7] Telah menceritakan kepada kami Abu Umayyah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari ‘Irbadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[8] Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hakiim, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Ash-Shabbaah Al-Misma’iy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[9] Telah berkata Al-Husain bin Mas’uud : Telah menceritakan kepada kami Abul-Fadhl Ziyaad bin Muhammad bin Ziyaad Al-Hanafiy : Telah memberitakan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdurrahman bin Ahmad bin Muhammad Al-Anshariy : Telah memberitakan kepada kami Abu ‘Abdillah Muhammad bin ‘Aqiil bin Al-Azhar bin ‘Aqiil Al-Faqiih Al-Balkhiy : Telah mengkhabrkan kepada kami Ar-Ramaadiy Ahmad bin Manshuur : Telah mengkhabarkan kepada kami Adl-Dlahhaak bin Makhlad : Telah mengkhabarkan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah mengkhabarkan kepada kami Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmn bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[10] Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah memberitakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepadaku Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari ‘Irbaadl bin Sariyyah radliyallaahu ‘anh, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[11] Pertama (no. 17086) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami masuk menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah……”.

Kedua (no. 17087) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin ‘Abdirrahmaan : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur, dari Khaalid, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr dan Hujr bin Hujr semisal dengan hadits sebelumnya.

Dua riwayat yang dibawakan Ath-Thabariy di atas tidak menyebutkan lafadh haditsnya sebagaimana di atas.

[12] Telah menceritakan kepada kami Abu Muslim Al-Kisysyiy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy secara marfu’.

[13] Pertama (no. 437) : Telah menceritakan kepada kami Abu Muslim Al-Kisysyiy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua (no. 438) : Telah menceritakan kepada kami Ward bin Ahmad bin Labiid Al-Bairuutiy : Telah menceritakan kepada kami Shafwaan bin Shaalih : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepad kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kindiy, mereka berdua berkata : Kami pernah masuk menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, maka ia berkata : “…..(al-hadits)….”.

[14] Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Muhammad bin Sa’iid : Telah menceritakan kepada kami Abul-Hasan ‘Aliy bin Ghaalib bin Salaam As-Saksakiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Madiiniy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy, ia (masing-masing dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy) berkata : “Kami datang menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah…..dst.”.

[15] Pertama (no. 80) : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Umar bin Muhammad bin Humaid : Telah memberitakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdillah Al-Wakiil : Telah memberitakan kepada kami ‘Amr bin ‘Aliy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim Adl-Dlahhaak bin Makhlad : Telah mengkhabarkan kepada kami Tsaur, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua (no. 81) : Telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Ismaa’iil bin Zakariyyaa An-Naisaabuur : Telah memberitakan kepada kami Abu Haamid Ahmad bin Al-Hasan Asy-Syarqiy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahyaa : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Ash-Shabbaah dan Abu ‘Aashim, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[16] Pertama (5/220) : Telah menceritakan kepada kami Faaruuq dan Habiib dalam jama’ah, mereka berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Muslim Al-Kisysiy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim An-Nabiil, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua (10/114-115) : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad bin Hamzah : Telah menceritakan kepada kami Haamid bin Syu’aib : Telah menceritakan kepada kami Syuraih bin Yuunus : Telah menceritakan kepada kami Al-Walid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr, mereka berdua berkata : “Kami pernah mendatangi Al-‘Irbaadl bin Saariyyah……”.

[17] Pertama : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Hasan ‘Aliy bin Ahmad bin ‘Umar bin Hafsh bin Al-Hamaamiy Al-Muqri’ di Baghdaad : Telah memberitakan kepada kami Ahmad bin Sulaiman : Telah memberitakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ya’quub : Telah menceritakan kepada kami Al-‘Abbaas bin Muhammad Ad-Duuriy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[18] Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Qaasim ‘Abdurrahman bin ‘Ubaidillah Al-Harfiy : Telah menceritakan kepada kami Habiib bin Al-Hasan bin Daawud Al-Fazzaaz secara imlaa’ : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin ‘Abdillah bin Muslim Al-Bashriy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim Adl-Dlahhaak bin Makhlad, dari Tsaur – yaitu Ibnu Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Muhaqqiq berkata : Sanadnya hasan.

[19] Pertama : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Hasan ‘Aliy bin Ahmad Al-Hammaamiy : Telah memberitakan kepada kami Ahmad bin Salmaan : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Muhammad Ar-Raqqaasyiy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah Al-Haafidh : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ya’quub : Telah menceritakan kepada kami Al-‘Abbaas bin Muhammad Ad-Duuriy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[20] Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ya’quub : Telah menceritakan kepada kami Al-‘Abbaas bin Muhammad Ad-Duuriy : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah menceritakan kepada kami : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[21] Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ya’qqub : Telah menceritakan kepada kami Al-‘Abbaas bin Muhammad Ad-Duuriy : telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[22] Pertama : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Ubaid bin Muhammad dan Muhammad bin ‘Abdil-Malik, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin Masruur : Telah menceritakan kepada kami ‘Isa bin Miskiin : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sanjar : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khalid bin Ma’daan, dari ‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua : Dan diriwayatkan oleh Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur [bin Yaziid], dari Khaalid bin [Ma’daan], dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[23] Pertama (no. 70) : Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ibraahiim : Telah memberitakan kepada kami ‘Isaa bin Yunus : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah Al-Fazaariy secara marfu’.

Kedua (no. 71) : Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Musaawir : Telah memberitakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami masuk menemui ‘Irbaadl bin Saariyyah……”.

Muhaqqiq berkata : “Shahih”.

[24] Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin ‘Abdillah Al-Faqiih secara imlaa’ : Telah memberitakan kepada kami Dal’aj bin Ahmad bin Dal’aj di Baghdad - :

Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin ‘Ammaar [bin Yahyaa] secara imlaa’ : Telah memberitakan kepada kami Haamid bin Muhammad bin ‘Abdillah Ar-Rafaa’; mereka berdua (Dal’aj bin Ahmad bin Dal’aj dan ‘Abdullah Ar-Rafaa’) berkata : Telah memberitakan kepada kami Abu Muslim - :

Telah memberitakan kepada kami ‘Abdul-Jabbaar bin Jarraah : Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Ahmad bin Mahbuub - :

Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin ‘Abdillah : Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Ibraahiim dan Al-Husain bin Ahmad, mereka berdua berkata : Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin Yahyaa; mereka berdua (Muhammad bin Ahmad bin Mahbuub dan Muhammad bin Muhammad bin Yahyaa) berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Isaa At-Tirmidziy : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Hulwaaniy – :

Dan telah memberitakan kepada kami ‘Abdul-Waahid Al-Maliihiy : Telah menceritakan kepadakami Muhammad bin ‘Abdillah : Telah menceritakan kepada kami Al-Asham : Telah menceritakan kepada kami Ad-Duuriy; Mereka (Ad-Duuriy, Abu Muslim, dan Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Hulwaaniy) berkata : Telah memberitakan kepada kami Abu ‘Aashim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid.

Telah berkata Al-Hulwaaniy dan Abu Muslim : (Abu ‘Aashim berkata : ) dari Tsaur bin Yaziid - :

Dan telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin Mahmuud : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdillah secara imlaa’ : Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Muhammad bin Mush’ab : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Hakiim : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Ash-Shabbaah - :

Telah menceritakan kepada kami Manshuur bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin Khaalid : Telah menceritakan kepada kami Habiib bin Muhammad bin Habiib (Harawiy) : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Aktsam : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin Muusaa; mereka berdua (‘Abdul-Malik bin Ash-Shabbaah dan Al-Fadhl bin Muusaa) berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur.

Dan telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdillah : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yuusuf Al-Firbariy : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Khusyram : Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Yuunus - :

Telah memberitakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy : Telah memberitakan kepada kami Zaahir bin Ahmad : Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Wakii’ : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Aslam : Telah menceritakan kepada kami Hafsh : Telah menceritakan kepada kami Khaarijah; keduanya (‘Isaa bin Yuunus dan Khaarijah) dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari ‘Irbaadl bin Saariyyah - :

Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Jibriil Al-Faqiih dan ‘Aliy bin Abi Thaalib, mereka berdua berkata : Telah memberitakan kepada kami Haamid bin Muhammad : Telah memberitakan kepada kami Bisyr bin Muusaa - :

Dan telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdillah : Telah menceritakan kepada kami Khalaf bin Handhalah : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Muhallab; mereka berdua (Bisyr bin Muusaa dan Muhammad bin Al-Muhallab) berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy - :

Dan telah memberitakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Muhammad Al-Bajaliy : Telah memberitakan kepada kami Ishaq bin Ibraahiim Al-Faarisiy : Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Muhammad bin Sa’iid : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Ibraahiim bin Ishaaq bin Ismaa’iil binHammaad bin Zaid Abul-Hasan Al-Qaadliy : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yahyaa bin Ishaaq Al-Hulwaaniy : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim - :

Dan telah meberitakan kepada kami Ismaa’iil bin Muhammad bin Ismaa’iil Al-Jiiruftiy Asy-Syaikh Ash-Shaalih : Telah memberitakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdaan Al-Haafidh : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Sulaimaan bin Al-Asy’ats : Telah menceritakan kepada kami Haaruun bin Muhammad bin Bakkaar bin Bilaal : Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin ‘Isaa; mereka (Al-Humaidiy, Al-Waliid bin Muslim, dan Muhammad bin ‘Isaa) berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid.

Al-Waliid berkata : (Tsaur bin Yaziid berkata : ) Telah menceritakan kepadaku Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr, mereka berdua berkata : “Kami mendatangi ‘Irbaadl bin Saariyyah….”.

[25] Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Umar : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul-Awaal bin ‘Isaa : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhammad Al-Faqiih secara imlaa’ : Telah mengkhabarkan kepada kami Dal’aj :

Dengan sanad sampai pada ‘Abdullah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin ‘Ammaar secara imlaa’ : Telah mengkhabarkan kepada kami Haamid bin Muhammad; mereka berdua (Dal’aj dan Haamid bin Muhammad) berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Muslim : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari ‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Muhaqqiq berkata : “Isnadnya shahih”.

[26] Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Hujr, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah bin Al-Waliid, dari Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah secara marfu’.

[27] Pertama : Telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin ‘Utsmaan : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah bin Al-Waliid, dari Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua : Telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin ‘Utsmaan : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam secara marfu’.

[28] Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdullah bin Yahya bin ‘Abdil-Jabbaar Al-Sukriy di Baghdad : Telah mengkhabarkan kepada kami Ismaa’iil bin Muhammad Ash-Shaffaar : Telah menceritakan kepada kami ‘Abbaas bin ‘Abdillah At-Tarqufiy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mubaarak : Telah menceritakan kepada kami Mu’aawiyyah bin Yahyaa Abu Muthii’ : Telah menceritakan kepada kami Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Catatan penting : Dalam sanad ini adalah keterputusan (inqithaa’) antara Khaalid bin Ma’daan dan Al-‘Irbaadl bin Saariyyah. Namun inqithaa’ ini telah disambungkan oleh At-Tirmidziy dan yang lainnya dengan adanya perantara ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy.

[29] Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad bin ‘Araq Al-Himshiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin ‘Utsmaan : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[30] Dan telah menceritakan kepada kami Ya’quub bin Humaid : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Haazim, dari Yaziid bin ‘Abdillah bin Al-Haad, dari Muhammad bin Ibraahiim, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Albaniy berkata : “Hadits shahih, semua rijal-nya adalah tsiqaat dan termasuk rijaal Shahihain, kecuali Ya’quub bin Humaid. Ia seorang yang haditsnya hasan sebagaimana telah disebutkan beberapa kali sebeumnya. Namun aku khawatir bahwa hadits tersebut terputus antara Khaalid bin Ma’daan dan Al-‘Irbaadl, karena antara keduanya terdapat ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy sebagaimana sanad hadits no. 1037 dan 1039….”.

[31] Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Khuzaimah dan Fahd bin Sulaimaan, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Shaalih, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Al-Laits, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Ibnul-Haad, dari Muhammad bin Ibraahiim, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr, dari ‘Irbaadl bin Saariyyah – dan ia adalah seorang laki-laki dari Bani Sulaim dan termasuk Ahlush-Shuffah, ia berkata : “…….(al-hadits)…”.

[32] Telah menceritakan kepada kami Mush’ab bin Ibraahiim bin Hamzah Az-Zubairiy : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin Abi Haazim : Telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Al-Haad, dari Muhammad bin Ibraahiim, dari Khaalid bin Ma’daan, dari pamannya, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah – dan ‘Irbaadl adalah seorang laki-laki dari Bani Sulaim, ia berkata : “…….(al-hadits)…”.

[33] Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdilah Al-Husain bin Al-Hasan bin Ayyuub : Telah menceritakan kepada kami Abu Haatim Muhammad bin Idriis Al-Handhaliy : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yuusuf At-Tuniisiy : Telah menceritakan kepada kami Al-Laits, dari Yaziid bin Al-Haad, dari Muhammad bin Ibraahiim, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah yang berasal dari Bani Sulim dan termasuk Ahlus-Shuffah, ia berkata : “……(al-hadits)…”.

[34] Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Mahdiy : Telah menceritakan kepada kami Mu’aawiyyah - yaitu Ibnu Shaalih - , dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy : Bahwasannya ia mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah berkata : “….(hadits)…”.

[35] Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Bisyr bin Manshuur dan Ishaaq bin Ibraahiim As-Sawwaak, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Mahdiy, dari Mu’aawiyyah bin Shaalih, dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy : Bahwasannya ia mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah berkata : “….(al-hadits)…”.

[36] Pertama (no. 33) : Telah menceritakan kepada kami Abu Mas’uud : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Shaalih, dari Mu’aawiyyah bin Shaalih, dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Albaniy berkata : “Hadits shahih, semua rijal-nya tsiqaat jika tidak ada ‘Abdullah bin Shaalih – yang berkunyah Abu Shaalih - . Padanya ada kelemahan. Namun ia tidak bersendirian dalam meriwyatkan hadits sebagaimana akan datang (penguatnya), maka hadits tersebut adalah shahih”.

Kedua (no. 56) : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Al-Furraat : Telah menceritakan kepada kami Abu Shaalih : Telah menceritakan kepada kami Mu’aawiyyah bin Shaalih, dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl, dari Nabi shallalaahu ‘alaihi wa sallam.

Ketiga (no. 58) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Auf : Telahmenceritakan kepada kami Abu Shaalih, dari Mu’aawiyyah bin Shaalih – semisal hadits Abu Mas’uud (yaitu dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam – Abul-Jauzaa’), beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “…..(hadits)…”.

[37] Telah menceritakan kepada kami Abu Yaziid Al-Quraathiisiy : Telah menceritakan kepada kami Asad bin Muusaa - :

Dan telah menceritakan kepada kami Bakr bin Sahl : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Shaalih; mereka berdua (Asad bin Muusaa dan ‘Abdullah bin Shaalih) berkata : Telah menceritakan kepada kami Mu’aawiyyah bin Shaalih, dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy : Bahwasannya ia mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy berkata : “…..(hadits)…”.

[38] Telah menceritakan kepada kami Abul-Hasan Ahmad bin Muhammad Al-‘Anbariy : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin Sa’iid Ad-Daarimiy; dan telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Muhammad Al-Muammal : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl. Mereka berdua (‘Utsmaan bin Sa’iid Ad-Daarimiy dan Abu Bakr Muhammad Al-Muammal) berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Shaalih, dari Mu’aawiyyah bin Shaalih.

Dan telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Muhammad bin Ja’far Al-Qathii’iy : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman, yaitu Ibnu Mahdiy, dari Mu’aawiyyah bin Shaalih, dari Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy : Bahwasannya ia mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah berkata : “…….(al-hadits)….”.

[39] Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Daawud, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shaalih Al-Mishriy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Asad bin Muusaa, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Mu’aawiyyah bin Shaalih, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy : Bahwasannya ia mendengar ‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy berkata : “…(al-hadits)…”.

[40] Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Al-‘Abbaas : Telah memberitakan kepada kami ‘Abdullah bin Sulaimaan bin Al-Asy’ats : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shaalih : Telah memberitakan kepada kami Asad bin Muusaa : Telah memberitakan kepada kami Mu’aawiyyah bin Shaalih : Telah menceritakan kepadaku Dlamrah bin Habiib, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy : Bahwasannya ia mendengar ‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy berkata : “…….(al-hadits)…..”.

[41] Dan telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid bin Nashr : Telah menceritakan kepada kami Qaasim : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu Wadldlaah dan Ahmad bin Yaziid, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Muusaa bin Mu’aawiyyah : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Mahdiy : Telah menceritakan kepada kami Mu’aawiyyah bin Shaalih Al-Himshiy, dari Dlamrah bin Habiib, [dari] ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr Al-Anshaariy As-Sulamiy : Bahwasannya ia mendengar ‘Irbaadl bin Sriyyah berkata : “….(al-hadits)…”.

[42] Pertama (no. 30) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Auf : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan, dari Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy, dari Sulaimaan bin Sulaim, dari Yahyaa bin Jaabir, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shalallaahu ‘alaihi wa sallam.

Kedua (no. 1040) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Auf : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan, dari Ismaa’iil, dari Sulaimaan bin Sulaim, dan Yahyaa bin Jaabir, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[43] Telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin Ishaaq bin Ibraahiim bin Al-‘Allaa’ Al-Himshiy : Telah menceritakan kepadaku kakekku Ibraahiim Al-‘Allaa’ dan Muhammad bin Ibraahiim, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah bin Al-Waliid, dari Sulaimaan bin Sulaim, dari Yahyaa bin Jaabir, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, ia berkata : “……(al-hadits)….”.

[44] Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Ahmad bin Bsyiir bin Dzakwaan Ad-Dimasyqiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ – yaitu Ibnu Zabr - , ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abi Muthaa’, ia berkata : Aku mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah berkata : “……(al-hadiits)….”.

[45] Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Musaawir : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abi Muthaa’, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[46] Pertama (no. 26) : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Wahhaab bin Najdah : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’, dari Yahyaa bin Abi Muthaa’, ia berkata : Aku mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah berkata : “……(al-hadiits)…”.

Al-Albaniy berkata :”Hadiits shahih, rijal-nya tsiqaat, hanya saja Al-Waliid bin Muslim telah melakukan tadlis taswiyyah. Namun ia telah menjelaskan penyimakannya (tahdits) sebagaimana riwayat yang akan datang….”.

Kedua (no. 55) : Telah menceritakan kepada kami Al-Huuthiy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr, dari Yahyaa bin Abi Muthaa’, ia berkata : Aku mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah berkata : “…..(al-hadits)…”.

Ketiga (no. 1038) : Telah menceritakan kepada kami Al-Huuthiy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’, dari Yahyaa bin Abi Muthaa’, ia berkata : Aku mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[47] Setelah membawakan hadits dari riwayat ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy (lihat catatan kaki no. 14), Tamaam Ar-Raaziy berkata :

“Al-Waliid berkata : ‘Lalu aku sebutkan hadits ini ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’, maka ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abil-Muthaa’ Al-Qurasyiy hadits ini, karena ia (Yahyaa) telah mendengarnya dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah”.

[48] Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Qaasim [Nashr] bin Ahmad bin Muqaatil dan Abu Nashr : Telah mengkhabarkan kepada kami Ghaalib bin Ahmad Al-Muslim; mereka berdua (Abul-Qaasim dan Ghaalib bin Ahmad) berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy bin Ahmad bin Zuhair : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad bin ‘Utsmaan bin Sa’iid bin Qaasim Al-Ghassaaniy : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdullah bin ‘Athiyyah Al-Mu’addil – seorang imam masjid Baab Al-Jaabiyyah di kota Damaskus - : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Hasan Ahmad bin ‘Umair bin Yuusuf bin Jaushaa : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Umar bin ‘Utsmaan : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abil-Muthaa’, ia berkata : Aku mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah berkata : “…..”(al-hadits)….”.

Kedua : Ibnu ‘Asaakir setelah membawakan riwayat ‘Abdurrahman bin ‘Amr dan Hujr bin Hujr berkata : “Al-Waliid berkata : Lalu aku menyebutkan hadits ini kepada ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr. Dan ia (‘Abdullah) berkata : Kemudian Yahyaa bin (Abi) Al-Muthaa’ Al-Qurasyiy menceritakan riwayat itu kepadaku bahwa ia telah mendengarnya dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah”.

[49] Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ibraahiim, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin ‘Abdillah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ayahku (‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ – Abul-Jauzaa’), dari Yahyaa bin Abi Muthaa’, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy, ia berkata : “……(al-hadits)….”.

Ath-Thabaraniy berkata : “Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Yahyaa bin Abi Muthaa’ kecuali ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr”.

[50] Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdil-Malik Ahmad bin Ibraahiim Al-Qurasyiy : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin ‘Abdillah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr : Telah menceritakan kepadaku ayahku (‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ – Abul-Jauzaa’), dari Yahyaa bin Abi Muthaa’, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy, ia berkata : “……(al-hadits)…”.

[51] Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdil-Malik Ad-Dimasyqiy : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin ‘Abdillah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr : Telah menceritakan kepadaku ayahku, dari Yahyaa bin Abil-Muthaa’, dari ‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy, ia berkata : “….(al-hadits)…”.

[52] Telah mengkhabarkan kepada kami dengannya Abu Ishaaq Ibraahiim bin Ismaa’iil bin Ad-Darajiy, ia berkata : Telah memberitakan kepada kami Abu Ja’far Muhammad bin Ahmad Ash-Shaidalaaniy, Dawud bin Muhammad bin Maasyaadah, dan ‘Afiifah binti Ahmad, mereka berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Faathimah binti ‘Abdillah, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Muhammad bin ‘Abdillah bin Riidzah, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Qaasim Sulaimaan bin Ahmad Ath-Thabaraniy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdil-Malik Ahmad bin Ibraahiim Al-Qurasyiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin ‘Abdillah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ayahku (‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ – Abul-Jauzaa’), dari Yahyaa bin Abi Muthaa’, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, ia berkata : “…..(al-hadits)…..”.

[53] Pertama : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Hasan ‘Aliy bin Al-Muslim Al-Fardliy dan Abul-Husain bin Abil-Hadiid, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah bin Abil-Hadiid : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Hasan bin As-Simsaar : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah bin Marwaan : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdil-Malik Ahmad bin Ibraahiim - :

Dan telah mengkhabarkan kepada kami Abu Ishaaq Ibraahiim bin Thaahir bin Barkaat : Telah memberitakan kepada kami Abul-Qaasim ‘Aliy bin Muhammad Al-Mushiishiy : Telah memberitakan kepada kami Abu Nashr bin Al-Habbaan : Telah memberitakan kepada kami Jumah bin Al-Qaasim : Telah memberitakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin ‘Abdish-Shamad bin Al-Barzuuz; mereka berdua (Abu ‘Abdil-Malik Ahmad bin Ibraahiim dan ‘Abdurrahmaan bin ‘Abdish-Shamad bin Al-Barzuuz) berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin ‘Abdillah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr : Telah mengkhabarkan kepada kami – adapun dalam hadits Ibnu Barzuuz : Telah menceritakan kepadaku – ayahku, yaitu ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abil-Muthaa’, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, ia berkata : “…..(al-hadits)…”.

Kedua : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Aliy Al-Hasan bin Ahmad – dalam kitabnya -, dan telah menceritakan kepadaku Abu Mas’uud ‘Abdurrahmaan bin ‘Aliy darinya : Telah memberitakan kepada kami Abu Nu;aim Al-Haafidh : Telah mengkhabarkan kepada kami Sulaimaan bin Ahmad : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdil-Malik Ad-Dimasyqiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin ‘Abdillah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr : Telah menceritakan kepadaku ayahku, dari Yahyaa bin Abil-Muthaa’, dari ‘Irbaadl bin Saariyyah, ia berkata : “…..(al-hadits)….”.

[54] Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ya’quub : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Isaa bin Zaid At-Tuniisiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin Abi Salamah At-Tuniisiy : Telah memberitakan kepada kami ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zaid, dari Yahyaa bin Abi Muthaa’, ia berkata : Aku mendengar Al-‘Irbaadl bin Saariyyah As-Sulamiy berkata : “……(al-hadits)….”.

Catatan : ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zaid di sini nampaknya terjadi tashhiif. Yang benar ‘Abdullah bin Al-‘Allaa’ bin Zabr, wallaahu a’lam.

[55] Ibnu ‘Asaakir berkata : “Dan diriwayatkan oleh Al-Waliid dan Zaid bin Yahyaa bin ‘Ubaid, dari ‘Abdullah bin Zabr, dari Yahyaa, ia berkata : Aku mendengar Al-‘Irbaadl”.

[56] Ada kekeliruan dalam memahami perkataan Ad-Duhaim. Perincian perkataan Ad-Duhaim ini dapat dilihat dalam At-Taariikh oleh Abu Zur’ah 1/605 dan Taarikh Dimasyq oleh Ibnu ‘Asaakir 64/376.

[57] Lihat At-Taarikh Al-Kabiir oleh Al-Bukhariy 8/306 dan At-Taarikh wal-Ma’rifah oleh Al-Fasaawiy 2/201.

[58] Telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Mukarram bin Khaalid Al-Birtiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Madiiniy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami menemui Al-‘Irbadl bin Sariyyah………..dst.

[59] Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Ma’daan, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr, mereka berdua berkata : “Kami menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah…..”.

[60] Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Khaalid bin Ma’daan, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr, mereka berdua berkata : “Kami menemui Al-‘Irbaadl bin Sariyyah….”.

[61] Pertama (no. 92) : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin Musa Al-Jauziy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Daawud bin Rasyiid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami masuk menemui Al-‘Irbaadl bin Sariyyah…………..”.

Kedua (no. 93) : Telah menceritakan kepada kami Abul-Fadhl Ja’far bin Muhammad Ash-Shandaliy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin Ziyaad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillah Ahmad bin Hanbal, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid – kemudian ia menyebutkan hadits semisal dengannya hingga akhir.

[62] Pertama (no. 32) : Telah menceritakan kepada kami Husain bin Hasan : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Albaniy berkata : “Sanadnya shahih, semua rijal-nya tsiqaat” [Dhilaalul-Jannah hal. 19].

Kedua (no. 57) : Telah menceritakan kepada kami Husain bin Hasan : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Amr dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, dari Al-‘Irbaadl bin Sariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Ketiga (no. 1040) : Telah menceritakan kepada kami Husain bin Hasan Al-Marwaziy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr dan Hujr bin Hujr, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[63] Pertama (no. 17086) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami masuk menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah……”.

Kedua (no. 17087) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin ‘Abdirrahmaan : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaur, dari Khaalid, dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr dan Hujr bin Hujr semisal dengan hadits sebelumnya.

Dua riwayat yang dibawakan Ath-Thabariy di atas tidak menyebutkan lafadh haditsnya sebagaimana di atas.

[64] Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad bin Hamzah : Telah menceritakan kepada kami Haamid bin Syu’aib : Telah menceritakan kepada kami Syuraih bin Yuunus : Telah menceritakan kepada kami Al-Walid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr, mereka berdua berkata : “Kami pernah mendatangi Al-‘Irbaadl bin Saariyyah……”.

[65] Telah menceritakan kepada kami Ward bin Ahmad bin Labiid Al-Bairuutiy : Telah menceritakan kepada kami Shafwaan bin Shaalih : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepad kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kindiy, mereka berdua berkata : Kami pernah masuk menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, maka ia berkata : “…..(al-hadits)….”.

Tertulis dalam sanad di atas : Hujr bin Hujr Al-Kindiy. Yang benar Al-Kalaa’iy.

[66] Dan diriwayatkan oleh Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur [bin Yaziid], dari Khaalid bin [Ma’daan], dari ‘Abdurrahmaan bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[67] Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Muhammad bin Sa’iid : Telah menceritakan kepada kami Abul-Hasan ‘Aliy bin Ghaalib bin Salaam As-Saksakiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Madiiniy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Ma’daan : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy, ia (masing-masing dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr Al-Kalaa’iy) berkata : “Kami datang menemui Al-‘Irbaadl bin Saariyyah…..dst.”.

[68] Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Musaawir : Telah memberitakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahman bin ‘Amr As-Sulamiy dan Hujr bin Hujr Al-Kalaa’iy, mereka berdua berkata : “Kami masuk menemui ‘Irbaadl bin Saariyyah……”.

Muhaqqiq berkata : “Shahih”.

[69] At-Taqriib oleh Ibnu Hajar hal. 225 no. 1152.

[70] Pertama (no. 28) : Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Khaalid : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin ‘Ayaasy, dari Arthaah bin Al-Mundzir, dari Muhaashir bin Habiib, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Al-Albaniy berkata : “Hadits shahih, rijal-nya tsiqaat selain ‘Isaa bin Khaalid. Aku tidak mengetahuinya. Ia bukanlah ‘Isaa bin Khaalid Al-Yamaami yang biografinya tercantum dalam Al-Jarh wat-Ta’diil (3/1/275) dan Taariikh Ibni ‘Asaakir (14/4/2-1), karena ia mempunyai thabaqat yang lebih tinggi dari orang yang meriwayatkan dari Al-Imam Maalik, Al-Laits bin Sa’d, dan yang semisalnya. Akan tetapi ia mempunyai mutaba’ah sebagaimana riwayat akan datang”.

Kedua (no. 29) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Auf : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan, dari Ibnu ‘Ayyaasy, dari Arthaah bin Al-Mundzir, dari Al-Muhaashir bin Habiib, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Ketiga (no. 59) : Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Khaalid : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan, dari Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy, dari Arthaah bin Al-Mundzir, dari Al-Muhaashir bin Habiib, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Keempat (no. 1043) : Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Auf : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan, dari Ibnu ‘Ayyaasy, dari Arthaah bin Al-Mundzir, dari Al-Muhaashir bin Habiib, dari Al-‘Irbaadl secara marfu’.

[71] Telah menceritakan kepada kami Abu Zur’ah ‘Abdurrahman bin ‘Amr : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy, dari Arthaah bin Al-Mundzir, dari Muhaashir bin Habiib, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[72] Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdil-Wahhaab bin Najdah : Telah menceritakan kepada kami Abul-Mughiirah - :

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Zur’ah Ad-Dimasyqiy : Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan Al-Hakam bin Naafi’, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy; mereka berdua (Abul-Mughiirah dan Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy) berkata : Telah menceritakan kepada kami Arthaah bin Al-Mundzir, dari Al-Muhaashir bin Habiib, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah, ia berkata : “……(al-hadits)….”.

[73] Pertama (no. 17146) : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami Haiwah bin Syuraih : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah : Telah menceritakan kepadaku Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Ibnu Abi Hilaal, dari ‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Kedua (no. 17147) : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil, dari Hisyaam Ad-Dustuwaa’iy, dari Yahyaa bin Abi Katsiiir, dari Muhammad bin Ibraahiim bin Al-Harts, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Ibnu Abi Hilaal, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[74] Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Yahyaa bin Hamzah Ad-Dimasyqiy : Telah menceritakan kepada kami Haiwah bin Syuraih Al-Himshiy : Telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Abdurrahmaan bin Abi Bilaal, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Penyebutan ‘Abdurrahmaan bin Abi Hilaal dalam sanad di atas adalah keliru. Yang benar adalah ‘Abdullah (bin Abi Hilaal), karena ‘Abdurrahman ini tidak diketahui. Adapun ‘Abdullah bin Abi Hilaal, maka ia telah meriwayatkan hadits dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah. Tidak ada yang meriwayatkan dari ‘Abdullah kecuali Khaalid bin Ma’daan, sehingga ia berstatus majhul. Al-Bukhariy dan Ibnu Abi Haatim tidak berkomentar tentangnya. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat. Lihat At-Taariikh Al-Kabiir 5/55, Al-Jarh wat-Ta’diil 5/19, Ats-Tsiqaat 5/49, dan Miizaanul-I’tidaal 2/399.

[75] Pertama (no. 34) : Telah menceritakan kepada kami Haasyim bin Al-Qaasim bin Syaibah : Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Yuunus, dari Abu Hamzah Al-Himshiy, dari Syu’uudz Al-Azdiy, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Jubair bin Nufair, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

Al-Albaniy berkata : “Hadits hasan, semua rijal­-nya tsiqaat kecuali Syu’uudz, ia adalah Ibnu ‘Abdirrahman Abu ‘Abdirrahman Al-Azdiy. Dibawakan oleh Ibnu Abi Haatim 2/1/390 melalui riwayat Mu’aawiyyah bin Shaalih darinya juga, tanpa disebutkan adanya jarh maupun ta’dil”.

Kedua (no. 1041) : Telah menceritakan kepada kami Haasyim bin Al-Qaasim bin Syaibah L telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Yuunus, dari Abu Hamzah Al-Himshiy, dari Syughuub, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Jubair bin Nufair, dari Al-‘Irbaadl, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Syu’uudz bin ‘Abdirrahman Al-Azdiy, disebutkan oleh Al-Bukhari dan Ibnu Abi Haatim dan mereka berdua tidak berkomentar tentangnya. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Lihat At-Taariikh Al-Kabiir 4/266, Al-Jarh wat-Ta’diil 4/390, dan Ats-Tsiqaat 6/451.

[76] Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdirrahman bin ‘Aqaal Al-Harraaniy : telah menceritakan kepada kami Abu Ja’far An-Nufailiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Isaa bin Yuunus, dari Abu Hamzah Al-Himshiy, dari Syu’uudz Al-Azdiy, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Jubair bin Nufair, dari Al-‘Irbaadl bin Saariyyah secara marfu’.

[77] Kalaupun dianggap keenam jalur periwayatan dari Al-‘Al-‘Irbaadl bin Saariyyah ini tidak lepas dari ke-dla’if-an, maka banyaknya jalur ini saja cukup untuk menganggatnya ke derajat shahih lighairihi. Sejelek-jelek penilaian terhadap hadits ini – walau ini keliru – adalah hasan lighairihi.

2 komentar:

  1. saya ucapkan terimakasih kepada antum yaa al-Ustadz Abul Jauzaa’, terimakasih atas kesudihan antum mengarahkan saya kepada postingan antum diatas.
    salam kenal dari saya, yaa Ustadz.

    jazakallahu khayr wa barakallahu fiik wa awwadhaka khayran,.

    -﴾Afqi Al-Pantouw﴿-

    BalasHapus
  2. Tulisan yg sangat ilmiah bagi para penuntut ilmu, sangat bermanfaat bagi saya pribadi

    BalasHapus