03 Juli 2009

Beberapa Guru Wanita Al-Haafidh Adz-Dzahabi rahimahullah

Diantara banyak hal yang belum begitu familiar di sebagian kita adalah keberadaan ulama dari kalangan wanita. Padahal dalam banyak hal, mereka turut berjasa dalam hal penyebaran ilmu hingga sampai pada kita hari ini. Tidak sedikit para ulama besar dari kaum laki-laki yang lahir atas jasa-jasa mereka. Tidak terkecuali Al-Haafidh Adz-Dzahabiy rahimahullah. Siapa yang tidak kenal dengan beliau. Beliau adalah seorang ulama besar yang menguasai beberapa cabang ilmu pengetahuan, khususnya ilmu hadits dan sejarah. Ternyata di antara daftar guru-guru beliau banyak yang berasal dari kalangan wanita.

Pada kesempatan ini, akan coba dituliskan beberapa ulama wanita yang menjadi guru Al-Haafidh Adz-Dzahabiy rahimahullah, sebagaimana yang beliau jelaskan sendiri dalam kitab Taariikhul-Islaam. Adz-Dzahabi rahimahullah berkata :

١٨٨ - فاطمة بنت الحافظ أبي القاسم علي ين الحافظ بهاء الدين أبي محمد القاسم ابن الحافظ الكبير محدث الشام أبي القاسم ابن عساكر .
أم العرب الدمشقية

ولدت سنة ثمانٍ وتسعين .
وسمعت من : عمر بن طبرزد ، وحنبل المكير ، وأبي الفتوح الجلاجلي ، وست الكتبة بنت الطرّاح ، وأبي اليمن الكندي .
وأجاز لها : أبو جعفر الصيدلاني ، ومحمد بن الفاخر ، وأبو الفتوح أسعد العجلي ، وعدة من شيوخ خراسان والعراق وإصبهان .
وكانت أصيلةً ، جليلة ، عالية الإسناد ، مُعرِقةً في الحديث ، وسماعها من عمر وحنبل في الخامسة ، ولها في السادسة أيضاً على عمر .

روى عنها : الدمياطي ، وقطب الدين بن القسطلاني ، ومحمد بن محمد الكنجي ، وابن الخباز ، وعلاء الدين ابن العطار ، وجمال الدين المزي ، وعلم الدين البرزالي ، وطائفة سواهم .
وأجازت لي مروياتها .
وتوفيت في تاسع عشر شعبان .

188 - Faathimah binti Al-Haafidh Abil-Qaasim ‘Aliy bin Al-Haafidh Bahaauddiin Abi Muhammad Al-Qaasim bin Al-Haafidh Al-Kabiir Muhaddits Asy-Syaam Abil-Qaasim Ibni ‘Asaakir, Ummul-‘Arab Ad-Dimasyqiyyah.

Dilahirkan pada tahun 598 H.

Ia telah mendengar dari : ‘Umar bin Thabarzad, Hanbal Al-Makiir, Abul-Futuuh Al-Jalaajuliy, Situul-Katabah binti Ath-Tharraah, dan Abul-Yumn Al-Kindiy.

Abu Ja’far Ash-Shaidalaaniy, Muhammad bin Faakhir, Abul-Futuuh As’ad Al-‘Ijilliy, serta sejumlah syaikh dari Khurasaan, ‘Iraaq, dan Ishbahaan telah memberikan ijin periwayatan kepadanya. Ia adalah seorang wanita bangsawan, terhormat, tinggi sanadnya, dan pengembara dalam (mencari) hadits. Penyimakannya dalam rantai periwayatan dari ‘Umar dan Hanbal ada pada tingkatan kelima, dan juga tingkatan keenam dalam rantai periwayatan lain dari ‘Umar.

Meriwayatkan darinya : Ad-Dimyaathiy, Quthbuddin Al-Qasthallaaniy, Muhammad bin Muhammad Al-Kanjiy, Ibnul-Khabbaaz, ‘Allauddin bin Al-‘Aththaar, Jamaaluddin Al-Mizziy, ‘Alimuddin Al-Birzaaliy, dan beberapa kelompok ulama lainnya.

Ia mengijinkanku (Adz-Dzahabiy) untuk meriwayatkan darinya.

Wafat pada tanggal 19 Sya’ban.

[Taarikhul-Islaam, 51/156-157]

٢٤٥ - ست العرب بنت يحيى بن قايماز .
أمُّ الخير الدمشقية .

سمعت من مولاهم التاج الكندي . وحضرت على ابن طبرزد .

وسمع منها الكبار ، وأجازت لنا مروياتها . ولها إجازة من المؤيد الطوسي ، وجماعة .
روى عنها : ابن الخباز ، وابن العطار ، والمزي ، والبرزالي ، وجماعة .
سألت المزيَّ عنها فقال : شيخة جليلة ،كثيرة السماع ، سمعت من ابن طبرزد " الغيلانيات " ، وغيرها . وحدثت سنين كثيرة .
قلت : ولدت في ربيع الآخر سنة تسعٍ وتسعين ، وتوفيت في التاسع والعشرين من المحرم .

245 - Sittul-‘Arab binti Yahyaa bin Qaayimaaz, Ummul-Khair Ad-Dimasyqiyyah

Ia mendengar dari maula mereka, At-Taaj Al-Kindiy; dan hadir dalam majelis ‘Aliy bin Thabarzad.

Telah mendengar darinya beberapa ulama besar, dan ia telah mengijinkan kepada kami (Adz-Dzahabiy) untuk meriwayatkan darinya. Ia mempunyai ijazah (ijin) periwayatan dari Al-Muayyid Ath-Thuusiy dan beberapa kelompok ulama lainnya.

Meriwayatkan darinya : Ibnul-Khabaaz, Ibnul-‘Athaar, Al-Mizziy, Al-Barzaaliy, dan yang lainnya.

Aku (Adz-Dzahabiy) pernah bertanya kepada Al-Mizziy perihal dirinya, maka ia menjawab : “Seorang syaikhah yang terhormat, banyak mendengarkan periwayatan, dan ia telah mendengar Al-Ghailaaniyaat dan yang lainnya dari Ibnu Thabarzad. Ia telah menceritakan/meriwayatkan hadits dalam waktu bertahun-tahun.

Aku (Adz-Dzahabi) berkata : Lahir pada bulan Rabi’ul-Akhir tahun 599, dan wafat pada tanggal 29 Muharram.

[Taariikhul-Islaam, 51/183].

٣١٤ - زينب بنت علي بن أحمد بن فضل .

الشيخة الزاهدة ، العابدة أم محمد بنت الواسطي .
ولدت ، أظن ، في سنة خمس وستمائة ، وسمعت سنة إحدى عشرة من الشيخ الموفق جزءًا سمعناه منها . وهي والدة شيخنا الشمس ابن الزراد . وكان أخوها الشيخ تقي الدين مع جلالته يقصد زيارتها والتبرك بها .
وكانت قليلة المثل ، رضي الله عنها .
توفيت في خامس المحرم .

314 – Zainab binti ‘Aliy bin Ahmad bin Fadhl.

Seorang Syaikhah yang zuhud, ahli ibadah; Ummu Muhammad binti Al-Waasithiy.

Lahir, aku kira, pada tahun 605 H. Dan ia mendengar satu juz (bagian) dari Asy-Syaikh Muwaffaq pada tahun 611 H, dan kami (Adz-Dzahabi) mendengarkankan riwayat tersebut darinya (Zainab). Ia merupakan ibu dari syaikh kami Asy-Syams Ibnuz-Zarraad; dan saudaranya (yang bernama) Asy-Syaikh Taqiyyuddin dengan segala kebesaraannya pernah mengunjunginya untuk bertabarruk melalui (ilmu yang disampaikan)nya.

Sedikit orang yang semisal dengannya – semoga Allah meridlainya.

Wafat pada tanggal 5 Muharram.

[Taariikhul-Islaam, 52/253-254]

٤٦٣ - شاه ست ابنة الشيخ شمس الدين أبي الغنائم المسلم بن محمد بن علان .
القيسي
.
ولدت في حدود سنة ثمان عشرة وستمائة .
وروت لنا عن عم أبيها مكي بن علان ، وسمعت من حموها سالم بن صصرى .
وهي والدة الإمام قاضي القضاة نجم الدين أحمد بن صصرى .
توفيت في العشرين من المحرم . وكنيتها أم أحمد . وكانت صالحة خيرة ، كثيرة البر . وكف بصرها مدة .

463 – Syaah Sittu, anak wanita dari Asy-Syaikh Syamsuddin Abul-Ghanaaim Al-Muslim bin Muhammad bin ‘Allaan Al-Qaisiy.

Lahir pada akhir tahun 618 H.

Ia meriwayatkan kepada kami (Adz-Dzahabiy) dari paman ayahnya, yaitu Makkiy bin ‘Allaan. Ia mendengar dari saudara iparnya, Saalim bin Shashraa.

Ia adalah ibu dari Al-Imam Qaadli Al-Qudlaat Najmuddin Ahmad bin Sashraa.

Wafat pada tanggal 20 Muharram. Kun-yah-nya adalah Ummu Ahmad. Ia adalah seorang wanita shalihah, murah hati/dermawan, dan banyak berbakti. Pernah kehilangan penglihatannya dalam beberapa waktu.

[Taariikhul-Islaam, 52/325].

٤٦٤ - شهدة بنت محمد بن حسان بن رافع بن سمير .
العامرية ، أمة الرحمن .

ولدت في حدود سنة ثمان وعشرين .
وسمعت من : جعفر الهمداني . وحضرت الإربلي .
وأجاز لها ابن باقا ، ومحمد بن عماد .

وسمعت أيضًا من والدها خطيب المصلى أبي عبد الله القصر حجاجي .
سمعت منها جزئين . وقد حدثت سنة نيف وستين .
توفيت في أوائل السنة .

464 – Syuhdah binti Muhammad bin Hassaan bin Raafi’ bin Samiir, Al-‘Aamiriyyah Amatur-Rahmaan.

Lahir pada akhir tahun 628 H.

Ia mendengar dari : Ja’far Al-Hamdaaniy; dan ia menghadiri (majelis) Al-Irbiliy.

Ibnu Baaqaa dan Muhammad bin Imaad memberikan ijin periwayatan kepadanya.

Ia juga mendengar riwayat dari ayahnya (yang bernama) Khathiib Al-Mushallaa Abu ‘Abdillah Al-Qashar Hajjaajiy.

Aku (Adz-Dzahabiy) mendengar darinya dua juz. Dan ia menceritakan riwayat setelah tahun 660 H.

Wafat pada awal-awal tahun.

[Taariikhul-Islaam, 52/325].

٤٦٩ - عائشة بنت المجد عيسى بن الإمام موفق الدين عبد الله بن أحمد بن محمد بن قدامة .
الصالحة ، العابدة ، المسندة ، المعمرة ، أم أحمد المقدسية ، الصالحية .
ولدت في سنة إحدى عشرة وستمائة ، وأجاز لها القاضي أبو القاسم ابن الحرستاني ، وجماعة .
وسمعت من : أبيها ، والشهاب ابن راجح ، والعز محمد بن الحافظ ، وغيرهم حضورًا .
وسمعت من جدها ، وغيره . وتفردت بأجزاء يسيرة .
وسمعت أيضًا من : البهاء عبد الرحمن ، والسراج أبي عبد الله بن الزبيدي ، والضياء المقدسي .
حدث عنها ابن الخباز في حياتها . وسمع منها عامة الطلبة : المقاتلي ، وابن النابلسي ، والمحب ، وأنا ، ويوسف الدمياطي .
توفيت في تاسع عشر شعبان . وكانت قد ثقل سمعها وما نأخذ عنها إلا بكلفة . وهي أخت الحافظ السيف .

469 – ‘Aisyah binti Al-Majd ‘Isa bin Al-Imaam Muwaffiquddin ‘Abdillah bin Ahmad bin Muhamad bin Qudamah.

Seorang wanita shaalihah, ahli ibadah, mempunyai sanad, dan panjang usianya; Ummu Ahmad Al-Maqdisiyyah Ash-Shaalihah.

Lahir pada tahun 611 H. Al-Qaadliy Abul-Qaasim bin Al-Harastaaniy dan beberapa kelompok ulama telah mengijinkan periwayatan kepadanya.

Ia mendengar dari : Ayahnya, Asy-Syihaab bin Raajih, Al-‘Izz Muhamad bin Al-Haafidh, dan yang lainnya dengan menghadiri majelisnya.

Ia mendengar dari kakeknya dan yang lainnya. Ia meriwayatnya beberapa (sedikit) juz secara menyendiri.

Ia juga mendengar dari : Bahaauddin ‘Abdurrahman, As-Siraaj Abu ‘Abdillah bin Az-Zubaidiy, dan Adl-Dlyaa’ Al-Maqdisiy.

Menceritakan (riwayat) darinya : Ibnul-Khabbaaz, saat ia masih hidup. Telah mendengar darinya para penuntut ilmu secara umum, seperti : Al-Muqaataliy, Ibnu An-Nabulusiy, Al-Muhibb, aku (Adz-Dzahabi), dan Yusuf Ad-Dimyaathiy.

Wafat pada tanggal 19 Sya’ban. Sungguh sangat berat untuk mendengarkan (riwayat)-nya, dan tidaklah kami mengambil riwayat darinya kecuali disertai kesulitan. Ia adalah saudara wanita Al-Haafidh As-Saif.

[Taariikhul-Islaam, 52/327-328].

٤٨٢ - فاخرة بنت أبي صالح عبيد الله بن عمر بن عبد الرحيم بن العجمي .
روت عن : أبي القاسم بن رواحة . ولنا منها إجازة .
توفيت بشيزر في السادس والعشرين من ربيع الآخر .

482 – Faakhirah binti Abi Shaalih ‘Ubaidillah bin ‘Umar bin ‘Abdirrahiim bin Al-‘Ajmiy.

Ia meriwayatkan dari : Abul-Qaasim bin Rawaahah. Dan kami (Adz-Dzahabiy) mendapatkan ijazah (ijin) periwayatan darinya (Faakhirah).

Wafat di Syiizar pada tanggal 26 Rabi’ul-Akhir.

[Taariikhul-Islaam, 52/334].

٥٣٤ - فاطمة بنت حسين بن عبد الله بن عبد الرحمن الآمدي ، المؤذن .
أم محمد . وأمها خديجة بنت الزين أحمد بن عبد الدائم . وهي زوجة الزاهد الشيخ علي الملقن . امرأة صالحة عابدة ، مبتلاة بالزمانة .
روت "صحيح البخاري" عن ابن الزبيدي .
وروت عن الفخر الإربلي ، وغيره .
توفيت في المحرم . سمعت منها .

534 – Faathimah binti Husain bin ‘Abdillah bin ‘Abdirrahman Al-Aamidiy Al-Muadzdzin; Ummu Muhammad.

Ibunya bernama Khadiijah binti Az-Zain Ahmad bin ‘Abdid-Daaim, istri dari Az-Zaahid Asy-Syaikh ‘Aliy Al-Mulaqqin. Seorang wanita shalihah lagi ahli ibadah. Ia menderita satu penyakit yang kronis.

Ia meriwayatkan Shahih Al-Bukhari dari Ibnuz-Zubaidiy.

Ia juga meriwayatkan dari Al-Fakhr Al-Irbiliy dan yang lainnya.

Wafat pada bulan Muharram. Aku (Adz-Dzahabiy) mendengarkan (riwayat) darinya.

[Taariikhul-Islaam, 52/359].

٦١٩ - خديجة بنت التقي محمد بن محمود بن عبد المنعم المراتبي ، الحنبلي .
أم محمد
، عجوز صالحة ، عابدة ، خيرة ، كثيرة التلاوة ، خير نساء الدير .
روت عن : ابن الزبيدي ، والإربلي .
وهي بنت الزاهدة حبيبة بنت الشيخ أبي عمر .
سمعنا منها وتوفيت في التاسع والعشرين من جمادي الأولى في عشر الثمانين .

619 – Khadiijah binti At-Taqiy Muhammad bin Mahmuud bin ‘Abdil-Mun’im Al-Maraatibiy Al-Hanbaliy, Ummu Muhammad.

Seorang wanita tua shaalihah, ahli ibadah, dermawan (murah hati), banyak membaca (tilaawah) Al-Qur’an. Sebaik-baik wanita Ad-Dair.

Meriwayatkan dari : Ibnu Az-Zubaidiy dan Al-Irbiliy.

Ia adalah anak wanita Az-Zaahidah Habiibah binti Asy-Syaikh Abu ‘Umar.

Kami (Adz-Dzahabiy) mendengar riwayat darinya. Wafat 29 Jumadil-Ulaa pada 10 hari pertama usianya yang 80 tahun..

[Taariikhul-Islaam, 52/403-404].

٦٢٠ - خديجة بنت يوسف بن غنيمة بن حسين .
العالمة ، الفاضلة ، أمة العزيز البغدادية ثم الدمشقية .
وتعرف ببنت القيم . كان أبوها قيم حمام ، فحرص عليها لما رأى نجابتها ، وأسمعها الكثير ، وعلمها الخط والقرآن والوعظ وغير ذلك . وكانت تعظ النساء ، ثم تركت ذلك ولزمت بيتها . وهي زوجة الحاج محمود الذهبي .
ولدت سنة ثمان وعشرين وستمائة ، وسمعت من : مكرم ، وابن الشيرازي ، وابن اللتي ، وابن المقير ، وكريمة .
وبمصر من : علي بن مختار العمري ، وأبي الحسن بن الجميزي .
وحدثت بدمشق والعلا وتبوك ، وجودت على الولي ، وابن الشوا ، والرضى التونسي ، والنجار ، لكن لم تقو يدها . وقرأت مقدمتين في العربية أو أكثر ، وأعربت على النحاة . وقرأ لنا عليها البرزالي ، أبقاه الله ، "مقامات الحريري" .

وكانت قد تفردت بها بدمشق .
توفيت في مستهل شعبان .

620 – Khadiijah binti Yuusuf bin Ghaniimah bin Husain.

Seorang wanita ‘alim, banyak mempunyai keutamaan, Amatul-‘Aziiz Al-Baghdadiyyah, kemudian Ad-Dimasyqiyyah.

Ia dikenal dengan nama Bintul-Qayyim, karena ayahnya adalah seorang qayyim (penanggung jawab/pengurus) kamar mandi umum. Ayahnya berkeinginan lebih padanya saat ia melihat kepandaiannya. Maka ia membuatnya mendengar lebih banyak (pelajaran), mengajarinya menulis, Al-Qur’an, nasihat, dan yang lainnya. Jadilah ia seorang wanita ahli nasihat. Kemudian ia meninggalkan hal itu untuk tinggal dan mengabdi di rumahnya. Ia adalah istri dari Al-Hajj Mahmud Adz-Dzahabiy.

Dilahirkan pada tahun 628 H. Ia mendengar (riwayat) dari : Mukarram, Ibnusy-Syiiraaziy, Ibnul-Lattiy, Ibnul-Muqayyir, dan Kariimah.

Di Mesir (ia mendengar riwayat) dari : ‘Aliy bin Mukhtaar Al-‘Umariy dan Abul-Hasan Al-Jummaiziy.

Ia menceritakan riwayat di Damaskus, Al-‘Ulaa, dan Tabuuk. Ia belajar tajwid kepada Al-Waliy, Ibnusy-Syawwaa, Ar-Ridlaa At-Tuunisiy, dan An-Najjaar; namun ia tidak kokoh penguasannya dalam ilmu ini. Ia juga membaca dua atau lebih muqaddimah dalam (ilmu) bahasa ‘Arab, dan belajar ilmu nahwu. Dan Al-Birzaaliy – semoga Allah menjaganya – membacakan kepada kami untuknya (Khadiijah) kitab Maqaamaatul-Haraariy.

Ia mengajarkan kitab itu sendirian di Damaskus.

Wafat pada awal bulan Sya’ban.

[Taariikhul-Islaam, 52/404].

٦٢٥ - زينب بنت عمر بن كندي بن سعيد بن علي .
أم محمد بنت الحاج زكي الدين الدمشقي
، زوجة ناصر الدين ابن قرقر ، معتمد قلعة بعلبك . امرأة صالحة ، خيرة ، لها بر وصدقة . بنت رباطًا ووقفت أوقافًا ، وعاشت في خير ونعمة ، وحجت ، وروت الكثير ، وتفردت في الوقت .

أجاز لها المؤيد الطوسي ، وأبو روح الهروي ، وزينب الشعرية ، والقاسم بن الصفار ، وأبو البقاء العكبري ، وعبد العظيم بن عبد اللطيف الشرابي ، وأحمد بن ظفر بن هبيرة .
حدثت بدمشق وبعلبك .
وتوفيت في التاسع والعشرين من جمادي الآخرة بقلعة بعلبك عن نحو تسعين سنة .
سمع منها : أبو الحسين اليونيني وأولاده وأقاربه ، وابن أبي الفتح وابناه ، والمزي وابنه الكبير ، والبرزالي ، وابن النابلسي ، وأبو بكر الرحبي ، وابن المهندس ، وأحمد ابن الدربي ، وأبي ، وخالي ، وخلق من أهل بعلبك .
قرأ عليها ابن سامة "صحيح مسلم" ، وقرأت علينا من أول "الصحيح" ألى أول النكاح ، وسمعت ما بقي على ابن عساكر . وسمعت منها عدة أجزاء رحمها الله .

625 – Zainab binti ‘Umar bin Kindiy bin Sa’iid bin ‘Aliy, Ummu Muhammad binti Al-Hajj Zakiyyuddin Ad-Dimasyqiy.

Istri dari Naashiruddin bin Qarqar, orang yang dipercaya sebagai penanggung jawab benteng Ba’labah. Ia seorang wanita shalihah, murah hati, mempunyai kebaikan dan banyak bershadaqah. Ia membangun sebuah rumah perawatan bagi orang miskin dan mewaqafkannya. Ia hidup dalam kebaikan dan kenikmatan. Menunaikan haji, meriwayatkan banyak hal, dan sendirian (dalam periwayatan) pada waktu itu.

Al-Muayyid Ath-Thuusiy, Abu Rauh Al-Harawiy, Zainab Asy-Sya’riyyah, Al-Qaasim bin Ash-Shaffaar, Abul-Baqaa’ Al-‘Ukbariy, ‘Abdul-‘Adhiim bin ‘Abdil-Lathiif Asy-Syaraabiy, dan Ahmad bin Dhafar bin Hubairah memberikan ijin periwayatan kepadanya.

Ia menceritakan (riwayat) di Damaskus dan Ba’labak.

Wafat pada tanggal 29 Jumadil-Akhir di benteng Ba’labak pada usia sekitar 90 tahun.

Mendengar darinya : Abul-Hasan Al-Yuunainiy, anak-anaknya dan saudara-saudaranya; Ibnu Abil-Fath dan dua orang anaknya, Al-Mizziy dan anak pertamanya (yang paling besar), Al-Birzaaliy, Ibnu An-Naabulusiy, Abu Bakr Ar-Rahbiy, Ibnul-Muhandis, Ahmad bin Durabiy, ayahku, pamanku, dan orang-orang yang tinggal Ba’labak.

Ibnu Saamah membacakan kepadanya Shahiih Muslim, dan membacakan kepada kami (Adz-Dzahabiy) awal kitab Ash-Shahih (Muslim) sampai pada awal kitab An-Nikaah (dalam Shahih Muslim). Dan aku mendengar apa yang tersisa (bahasan setelah awal kitab An-Nikaah dalam Shahih Muslim) dari Ibnu ‘Asaakir. Aku mendengar darinya (Zainab) beberapa juz – semoga Allah memberikan rahmat kepadanya.

[Taariikhul-Islaam, 52/406-407]

٦٤٢ - صفية بنت عبد الرحمن بن عمرو العزاء .
أخت شيخنا عز الدين . سمعنا منهما جزءًا .
رويا عن الشيخ الموفق . وكان فيها خير وصلاح ، وهي داية بالجبل .
توفيت بالجبل بعد دخول أهل الجبل إلى البلد شهيدة بالبرد والجوع عن سبع وثمانين سنة . وسماعها في الخامسة .
أخبرنا إسماعيل وصفية قالا : أنا ابن قدامة ، أنا أبو الفتح محمد ، أنا رزق الله ، أنا ابن بشران ، أنا ابن البختري ، ثنا يحيى بن أبي طالب ، أنا عبد الوهاب ، أنا طلحة بن عمرو ، عن ابن طاووس ، أن أباه كان يصوم بعد الفطر ستة أيام ويقول : تعدل صيام السنة ، ثلاثين بعشرة أشهر ، وستة أيام بشهرين .

642 – Shafiyyah binti ‘Abdirrahman bin ‘Amr bin ‘Azzaa’.

Saudara wanita dari syaikh kami ‘Izzuddin. Kami (Adz-Dzahabi) mendengar dari keduanya satu juz.

Keduanya meriwayatkan dari Asy-Syaikh Al-Muwaffaq. Pada Shafiyyah terdapat kebaikan dan keshalihan. Ia adalah seorang bidan (dukun beranak) di sebuah daerah gunung. Wafat di gunung tersebut sebagai syahiidah (insya Allah) akibat cuaca dingin dan kondisi lapar pada usia 87 tahun, setelah penduduk gunung tersebut memasuki kota. Penyimakan riwayatnya berada pada tingkatan kelima.

Telah mengkhabarkan kepada kami Isma’il dan Shafiyyah, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu Qudamah, telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Fath Muhammad, telah mengkhabarkan kepada kami Rizqullah, telah mengkhabarkan kepada kami Basyraan, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Bakhtariy, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abi Thaalib, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul-Wahhaab, telah mengkhabarkan kepada kami Thalhah bin ‘Amr, dari Ibnu Thaawuus : Bahwasannya ayahnya (Thaawuus) berpuasa setelah ‘Iedul-Fithri sebanyak enam hari, dan berkata : “Puasa tersebut sebanding dengan puasa satu tahun. Tiga puluh hari puasa bulan Ramadlan sebanding dengan sepuluh bulan, dan ditambah enam hari sebanding dengan dua bulan (yang jumlah keseluruhannya adalah 12 bulan)”.

[Taariikhul-Islaam, 52/413-414]

٧٣٢ - مريم بنت أحمد بن حاتم بن علي .
دينة ، صالحة ، مبتلاة بالآلام ، صابرة ، محتسبة .
روت عن الإربلي ، وحضرت على البهاء عبد الرحمن .

سمعت منها جزءًا . مولدها ببعلبك سنة اثنتين وعشرين وستمائة وتوفيت بها في التاسع والعشرين من رمضان . وهي أخت الشيخ الزاهد إبراهيم بن حاتم .

732 – Maryam binti Ahmad bin Haatim bin ‘Aliy.

Wanita yang kuat beragama, shalihah, ditimpa musibah penyakit pada badannya, sabar, dan selalu mengharapkan pahala dari Allah.

Meriwayatkan dari Al-Irbiliy dan hadir dalam majelis Al-Bahaa’ ‘Abdurrahman.

Aku (Adz-Dzahabiy) mendengar darinya satu juz. Ia lahir di Ba’labak pada tahun 622 H, dan wafat di Ba’labak pula pada tanggal 29 Ramadlan. Ia merupakan saudara wanita dari Asy-Syaikh Az-Zaahid Ibraahiim bin Haatim.

[Taariikhul-Islaam, 52/454-455].

٧٧٧ - خديجة بنت القاضي كمال الدين إسحاق بن خليل بن فارس الشيباني ، الشافعي .
روت لنا بالإجازة عن : ابن صباح ، وابن اللتي ، وابن باسويه ، والإربلي ، وجماعة .
وتوفيت بأذرعات عند أخيها القاضي محيي الدين في العام .

777 – Khadiijah binti Al-Qaadliy Kamaaluddiin Ishaaq bin Khaliil bin Faaris Asy-Syaibaaniy Asy-Syaafi’iy.

Meriwayatkan kepada kami (Adz-Dzahabiy) dengan ijaazah dari : Ibnu Shabaah, Ibnul-Lattiy, Ibnul-Baasawaih, Al-Irbiliy, dan sekelompok ulama lainnya.

Wafat di Adzra’aat di sisi saudaranya Al-Qaadliy Muhyiddiin pada waktu siang hari.

[Taariikhul-Islaam, 52/747]

٧٨٢ - زينب. أم الخير ، بنت قاضي القضاة محيي الدين يحيى بن محمد بن الزكي ، القرشي ، الدمشقي ، الشافعي . زوجة النظام عبد الله ابن البانياسي .
روت لنا عن : أبي الحسن بن المقير ، وعلي بن حجاج البتلهي ، وأبي القاسم بن رواحة ، وفتوح بن نوح الخوثي .
وسمعت أيضًا من محيي الدين ابن العربي صاحب التصانيف .
سمعنا منها ببستان أولادها عند بركة الحميريين أنا ، والبرزالي ، والمقاتلي ، وابن النابلسي ، وجماعة .
وتوفيت بالبستان في تاسع شعبان ، ودفنت بالجبل .

782 – Zainab, Ummul-Khair, binti Qaadliy Al-Qudlaat Muhyiddiin bin Muhammad bin Az-Zakiy, Al-Qurasyiy, Ad-Dimasyqiy, Asy-Syaafi’iy.

Meriwayatkan kepada kami (Adz-Dzahabiy) dari : Abul-Hasan bin Al-Muqayyir, ‘Aliy bin Hajjaaj Al-Batlahiy, Abul-Qaasim bin Rawaahah, dan Futtuuh bin Nuuh Al-Khuuiy.

Ia mendengarkan pula dari Muhyiddin bin Al-‘Arabiy, pemilik beberapa karangan kitab.

Aku (Adz-Dzahabiy, Al-Birzaaliy, Al-Muqaatiliy, Ibnun-Naabulusiy, dan sekelompok orang mendengar darinya di kebun anak-anaknya di Barakatul-Himyariyyiin.

Ia wafat di kebun tersebut pada tanggal 9 Sya’ban, dan kemudian dikebumikan di sebuah gunung.

[Taariikhul-Islaam, 52/476-477].

٧٨٩ - عائشة بنت القاضي كمال الدين إسحاق بن خليل الشيباني .
أم عيسى ، أخت خديجة المذكورة .
روت لنا بالإجازة مع أختها عن : ابن اللتي ، وابن صباح ، وجماعة .
وتوفيت بدمشق ، ودفنت عند أبيها بقاسيون .

789 – ‘Aisyah binti Al-Qaadliy Kamaaluddiin Ishaaq bin Khaliil Asy-Syaibaaniy, Ummu Muhammad.

Saudara wanita dari Khadiijah sebagaimana telah disebutkan (no. 777).

Meriwayatkan kepada kami (Adz-Dzahabiy) dengan ijazah bersama saudara wanitanya (Khadiijah) dari : Ibnl-Lattiy, Ibnu Shabaah, dan sekelompok ulama.

Wafat di Damaskus, dan dikebumikan di samping ayahnya di Qaasuun.

[Taarikhul-Islaam, 52/479].

****

Itulah beberapa guru Al-Haafidh Adz-Dzahabiy dari kalangan wanita. Tentu saja, kita tidak akan jemu menantikan lahirnya kembali wanita-wanita seperti itu di jaman kita yang telah penuh dengan wanita-wanita jahil (terhadap agamanya), pembawa fitnah terhadap dunia dan agama.

Dan semoga yang kita nantikan itu diantaranya adalah istri-istri kita, anak-anak wanita kita, saudara-saudara wanita kita, ibu-ibu kita, atau kerabat-kerabat wanita kita. Semoga Allah mengembalikan kejayaan Islam dengan menghadirkan wanita berilmu lagi shalihah di tengah umat. Amiin.

[selesai ditulis oleh Abu Al-Jauzaa’ dari buku Taariikh Al-Islaam wa Wafaayatul-Masyaahiri wal-A’laam karangan Al-Haafidh Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsmaan Adz-Dzahabiy, tahqiq : Dr. ‘Umar bin ‘Abdis-Salaam At-Tadmuriy; Daarul-Kitaab Al-‘Arabiy, Cet. 1/1421 H – dengan bantuan tulisan Abu Yusuf Shaghiir bin ‘Abdir-Rasyiid Al-Kasymiriy hafidhahullah].

3 komentar:

  1. Satu yg kadang jd pertanyaan saya. Kalo mendengar dari syaikhah wanita spt ini, bagaimana caranya menyimak ta'limnya? Apakah dari balik tabir?

    BalasHapus
  2. Rasanya... tak ada apa-apanya sebagai seorang wanita... Astaghfirullah... ampuni hamba ya Rabb...

    BalasHapus
  3. Ada referensi bagus karya DR.Muhammad Akram Nadwi dalam kitabya;"al-Muhaddithat: The Women Scholars in Islam", Alhamdulillah sudah ada yang mensharenya namun buku ini dalam English Language ; http://en.islamway.net/book/5651

    BalasHapus