tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post6945218436809561196..comments2024-03-24T04:17:07.334+07:00Comments on Abul-Jauzaa Blog - !! كن سلفياً على الجادة: Makna SyirikUnknownnoreply@blogger.comBlogger16125tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-26749411226340272352018-04-18T16:21:55.664+07:002018-04-18T16:21:55.664+07:00Ustadz...akhir-akhir ini Ustadz Firanda sedang diu...Ustadz...akhir-akhir ini Ustadz Firanda sedang diuji dengan adanya cacian dan hinaan, bahkan ancaman dari para pengikut sebuah perguruan pencak silat, karena statement Ustadz Firanda dianggap menuduh ritual-ritual dalam perguruan pencak silat tersebut mengandung kesyirikan.<br /><br />mohon penjelasannya agar tidak menjadi fitnah<br />https://www.youtube.com/watch?v=UJQ8RW5Wfr4&t=90srofihttps://www.blogger.com/profile/12026413028764891913noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-23211323837382416642012-12-02T20:07:05.185+07:002012-12-02T20:07:05.185+07:00Boleh, jika ia masih mengakui kewajibannya tanpa p...Boleh, jika ia masih mengakui kewajibannya tanpa pengingkaran, karena ia masih dalam cakupan wilayah Islam - menurut jumhur ulama.<br /><br />wallaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-52368698769361489032012-11-29T03:49:41.186+07:002012-11-29T03:49:41.186+07:00Tanya Ustadz, kalau menyolatkan jenazah yang menin...Tanya Ustadz, kalau menyolatkan jenazah yang meninggalkan sholat boleh tidak?Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-4852662292381428602012-02-17T14:12:16.453+07:002012-02-17T14:12:16.453+07:00Syukron atas jawabannyaSyukron atas jawabannyaAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-38189072027839063492012-02-15T16:35:55.850+07:002012-02-15T16:35:55.850+07:00Termasuk syirik. Coba tengok kembali definisi syir...Termasuk syirik. Coba tengok kembali definisi syirik yang tertulis pada artikel di atas.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-31468738449173927412012-02-14T13:42:18.376+07:002012-02-14T13:42:18.376+07:00Bismillaah
Kang.. mau tanya..
Syirik adalah men...Bismillaah<br /><br />Kang.. mau tanya.. <br /><br />Syirik adalah menyekutukan Allaah..<br /><br />orang yang mengakui Allaah sebagai sembahan serta pula menyembah selain daripadanya adalah termasuk musyrik<br /><br />bagaimana dengan orang yang tidak mengakui Allaah sebagai sembahan dan mereka mempunyai sembahan sendiri.. <br /><br />apakah mereka di mash di kategorikan orang musyrik atau ada istilah lainnya.. dan bagaimana posisi mereka didalam Syariat.. haturnuhun penjelasannyaThe Ordinary Mehttps://www.blogger.com/profile/11139795614412470136noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-9122200615652720272012-02-13T13:16:17.790+07:002012-02-13T13:16:17.790+07:00wallaahu a'lam.
Sependek pengetahuan saya, t...wallaahu a'lam. <br /><br />Sependek pengetahuan saya, telah saya tuliskan di atas. Mungkin ada ikhwah lain yang lebih tahu jawabannya.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-57161258616237636802012-02-12T09:12:27.391+07:002012-02-12T09:12:27.391+07:00Sebetulnya ada juga sebagian ulama yang konsekuen ...Sebetulnya ada juga sebagian ulama yang konsekuen dengan nash tersebut jadi ia tetap menghukumi musyrik bagi orang yang meninggalkan sholat<br />syaikh utsaimin contohnya<br /><br />[ السؤال ] إذا قلنا: إن الرجل الذي لا يصلي لا يجوز له أن يدخل مكة ، إن هو استدل بالآية التي تدل على عدم دخول المشركين، فهل تارك الصلاة يعتبر مشركاً؟<br />الجواب : نعم. تارك الصلاة يعتبر مشركاً، لقول النبي صلى الله عليه وسلم: (بين الرجل وبين الكفر والشرك ترك الصلاة) <br /><br />terlepas dari khilaf hukum meninggalkannya, saya rasa sudah terlalu sering dibahas.<br />. Dan kita tidak perlu membahas lebih lanjut pendapat syaikh utsaimin tersebut...<br /><br /><br />ada kaidah<br /><br />إعمال اللفظ أولى من إهماله<br /><br /><br />Tentunya kita tahu bahwa lafadh syirik itu lebih khusus dari lafadh kufur..ia berbeda baik secara makna istilah, bahasa bahkan adat kalau ada....kan tempat kembalinya nash hanya tiga itu saja.<br /><br />ada beberapa hal yang mungkin ana kurang fahami, mungkin antum lebih faham.<br /><br />pertanyaannya apa faedah lafadz syirik harus di sebutkan dan di gandeng dengan lafadh kufur jika maknanya sama mengapa tidak menggunakan lafadh kufur saja tanpa menggandeng lafadh syirik yang juga semakna dengan lafadh kufur? Dan dalam istilah ushul fiqh atau istilah bahasa arab gaya bahasa semacam itu disebut apa? <br /><br />...dan apa faedah keduanya menggunakan bentuk isim ma'rifah, dan bukan nakirah?<br /><br />Dan kita tahu bahwa perkataan nabi adalah jawami'ul kalim sehingga analisa ilmu fiqh berangkat dari analisa lafadh perlafadh...konsekuensinya harus ada alasan mengapa lafadh hadits menggunakan suatu bentuk pengulangan makna dengan bentuk lafadh yang berbeda (syirik dan Kufur)...<br /><br />dan setiap lafadh tentu mengandung faedah, karenanya para ulama menggunakan kaidah menggunakan suatu lafadh itu lebih di dahulukan dari menelantarkan suatu lafadh...jadi harus ada alasannya mengapa lafadh tersebut diucapkan...Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-13275834088149978932012-02-12T01:25:22.668+07:002012-02-12T01:25:22.668+07:00Akh penyair,.....
Kaum muslimin sejak jaman dahul...Akh penyair,.....<br /><br />Kaum muslimin sejak jaman dahulu juga terkenal dengan sastranya. Bahkan semenjak jaman jahiliyyah. Adapun jika antum senang dengan sastra berupa puisi atau sajak, maka saya pun begitu. Tidak ada halangan menyebutkan sifat-sifat Allah, baik sifat fi'liy atau dzaatiy jika memang itu berdasarkan dalil, berdasarkan pemahaman yang benar, dan disertai dengan pengagungan dan kecintaan kepada-Nya.<br /><br />Tapi jika antum ragu, maka tinggalkan keraguan itu kepada sesuatu yang tidak ragu (yaitu tidak mengunakan kata/kalimat sifat-sifat Allah ta'ala).<br /><br />Wallaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-77062782603680550652012-02-12T01:12:24.171+07:002012-02-12T01:12:24.171+07:00Akh @Anonim (10 Februari 2012 14:25),....
Terima ...Akh @Anonim (10 Februari 2012 14:25),....<br /><br />Terima kasih atas komentarnya yang berfaedah.<br /><br />Alasannya adalah jika syirik itu dikembalikan pada asal maknanya (baik secara lughawiy maupun istilahi), kurang pas untuk diterapkan pada hukum orang yang meninggalkan shalat. Atau, menurut antum, orang yang meninggalkan shalat - misalnya karena malas - sama saja berbuat kesyirikan kepada Allah ?. Itu pertama.<br /><br />Kedua, lafadh hadits faqad asyraka dalam lafadh lain disebutkan dengan lafadh faqad kafara sebagaimana telah saya sebutkan di atas. Juga syaahid dari hadits Buraidah :<br /><br />الْعَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلَاةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَر<br /><br />"Perjanjian antara kita dan mereka adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkannya, maka ia telah kafir".<br /><br />Selebih dari ini, saya tidak tahu.<br /><br />Wallaahu a'lam.<br /><br />====<br /><br />Akh Anonim 11 Februari 2012 09:35,.... tidak.<br /><br />Wallaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-35925106912962999462012-02-11T09:35:51.259+07:002012-02-11T09:35:51.259+07:00Mau tanya ustadz : Si A meminjamkan uang kepada si...Mau tanya ustadz : Si A meminjamkan uang kepada si B melalui transfer bank sebesar Rp. 100.000 dan dikenai biaya administrasi sebesar Rp. 5000. Ketika saat pelunasan hutang, si B mengembalikan sebesar Rp. 105.000. Perlu diketahui, sebelumnya si B sudah berjanji akan mengganti biaya administrasi. Apakah uang Rp. 5000 tsb termasuk riba. Jazakalloh khoiron.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-76390860020045318922012-02-10T14:25:03.634+07:002012-02-10T14:25:03.634+07:00Akhiy izinkan saya beri sedikit comment
Alhamduli...Akhiy izinkan saya beri sedikit comment<br /><br />Alhamdulillah kita sudah mendapat faidah dari jawaban syaikh DR.Ibrahim Arruhailiy<br /><br />إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِرْكِ وَالكُفرِ تَرْكَ الصَّلاة<br />“Sesungguhnya batas antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat”<br /><br />Bahwa makna dari lafadh syirik pada hadits tersebut maknanya adalah kekufuran. <br />Hal itu sejalan dengan perkataan imam nawawi bahwa terkadang lafadz kufur dan syirik di mutlakan pada satu makna.<br /><br />Namun ada sebuah kaidah yang sudah ma’ruf<br /><br />الأصل في الكلام تأسيس و لا تأكيد<br /><br />Hukum asal dari perkataan adalah ta’sus bukan ta’kid<br /><br />Bahwa lafadh-lafadh dalam nash itu pada asalnya memiliki makna tersendiri dan bukan semacam ta’kid atau semakna dengan lafadh lainnya. Hal semisal ini pernah dijelaskan oleh syaikh Utsaimin berkaitan dengan khilaf dalam lafadh<br /><br />بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ<br /><br />Apakah Ar-rohim memiliki makna yang sama dengan Ar-Rahman, sebagian ulama memahami sama maknanya, dan sebagian ulama lainnya membedakan makna keduanya berdasarkan kaidah yang saya nukilkan diatas...namun syaikh menjelaskan bahwa yang benar adalah yang benar bahwa setiap lafadh memiliki makna tersendiri…karenanya yang benar adalah pendapat ulama yang mengatakan bahwa Ar-rahman bersifat Amm untuk seluruh mahluk, dan Ar-Rahiim bermakna khos untuk orang-orang yang beriman.<br /><br />Dan mengatakan bahwa makna syirik dan kufur adalah semakna ini termasuk dalam kaidah<br /><br />الناقل عن الأصل<br /><br />Memindahkan dari hukum asal<br /><br />Dan memindahkan sesuatu dari hukum asal adalah dengan adanya dalil atau qorinah yang menjadi dasar dalam pemberlakuan pemindahan hukum tersebut...lantas apa dalil atau qorinah yang menyebabkan berlakunya ”An-Naakil anil Asl”<br />Tentu kaidah umum yang juga berlaku disini adalah...<br /><br />الاسلام دين الدليل, فلا يقبل فييه قول لا دليل عليه<br /><br />Kalau ada dalil ya taslim deh...ini aja yang bisa saya tanyakan sebatas pengetahuan saya yang sempit ini....mungkin antum memiliki keluasan ilmu dalam masalah ini.<br /><br />*By the way ….thanks for your advice in some time ago… although you may forgetAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-32493280569983583032012-02-10T14:03:44.642+07:002012-02-10T14:03:44.642+07:00Pak Ustadz,
Goenawan Mohamad pernah menulis, kata...Pak Ustadz,<br /><br />Goenawan Mohamad pernah menulis, katanya, Bila ada agama yang memusuhi syair, itu karena ia lupa bahwa puisi juga sejenis doa. “Di pintu-Mu aku mengetuk/ aku tak bisa berpaling,” tulis Chairil Anwar, antara lega dan putus asa. <br /><br />Saya sendiri seorang yang suka puisi dan suka menulis puisi, yang ingin saya tanyakan bagaimana pandangan Islam terhadap puisi, kawan saya di Malaysia misalnya yang juga menggeluti puisi mewanti-wanti saya agar hati-hati terjerumus kepada menyamakan Tuhan dengan makhlukNya dalam puisi. Tapi, saya rasa, kalau ada yang berkaitan dengan nash maka sah-sah saja kan?<br /><br />misalnya ada frasa, di kakiMu, pada tanganMu, wajahMu, mataMu, tanganMu, itu bukan menyamakan makhluk kan? soalnya saya dapati juga dinash bahwa Allah menyatakan keadaannya begitu juga, namun saya sadar bahwa tangan-Nya jelas tidak sama dengan tangan saya.<br /><br />Terimakasih.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-71301499892162191102012-02-08T23:01:12.335+07:002012-02-08T23:01:12.335+07:00bagaimanakah cara menjelaskan kepada orang bahwa t...bagaimanakah cara menjelaskan kepada orang bahwa tenaga dalam itu termasuk perbuatan syirik? berulangkali saya menjelaskan tapi belum nyambung juga dan bahkan saya disuruh cari bukti. Ustadz ada maraji'?learn english easilyhttps://www.blogger.com/profile/11900940868371398759noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-85543360707993950462012-02-08T22:49:02.257+07:002012-02-08T22:49:02.257+07:00Tidak seperti itu. Sebagaimana telah disebutkan di...Tidak seperti itu. Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa istilah syirik itu kadang dimutlakkan untuk istilah kufur. Hadits Anas di atas di lain lafadh disebutkan :<br /><br />بَيْنَ الْعَبْدِ وَالْكُفْرِ وَالشِّرْكِ تَرَكُ الصَّلاةِ، فَإِذَا تَرَكَ الصَّلاةَ فَقَدْ كَفَرَ<br /><br />"Batas antara seorang hamba dengan kekufuran dan kesyirikan adalah meninggalkan shalat. Barangsiapa yang meninggalkan shalat, ia ia telah <b>kafir</b>".<br /><br />Para ulama berbeda pendapat tentang makna kekafiran yang dimaksudkan dalam nash ini, karena telah dimaklumi bahwa kufur itu ada dua : akbar dan ashghar. <br /><br />Abu Ismaa’iil Ash-Shaabuniy rahimahullah (373-449 H) berkata :<br /><br />واختلف أهل الحديث في ترك المسلم صلاة الفرض متعمداً ؛ فكفره بذلك أحمد بن حنبل ، وجماعة من علماء السلف رحمهم الله أجمعين ، وأخرجوه به من الإسلام، للخبر الصحيح المروي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : (بين العبد والشرك ترك الصلاة ، فمن ترك الصلاة فقد كفر).<br /><br />وذهب الشافعي ، وأصحابه، وجماعة من علماء السلف- رحمة الله عليهم أجمعين – إلى أنه لا يكفر به – ما دام معتقداً لوجوبها – وإنما يتوجب القتل كما يستوجبه المرتد عن الإسلام . وتأولوا الخبر : من ترك الصلاة جاحداً لها ؛ كما أخبر سبحانه عن يوسف عليه السلام أنه قال: (إني تركت ملة قوم لا يؤمنون بالله وهم بالآخرة هم كافرون) ، ولم يك تلبس بكفر ففارقه ؛ ولكن تركه جاحداً له.<br /><br />“Ahlul-hadiits berselisih pendapat tentang keadaan seorang muslim yang meninggalkan shalat fardlu secara sengaja. Ahmad bin Hanbal dan sekelompok ulama salaf – semoga Allah merahmati mereka semua – telah mengkafirkannya serta mengeluarkannya dari agama Islam. Hal itu berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Batas antara seorang hamba dengan kesyirikan adalah meninggalkan shalat. Barangsiapa yang meninggalkan shalat, maka ia telah kafir’.<br /><br />Adapun Asy-Syaafi’iy dan shahabat-shahabatnya, serta sekelompok ulama salaf – semoga Allah merahmati mereka semua – berpendapat bahwa orang tersebut tidak dikafirkan dengannya, selama ia meyakini tentang kewajibannya. Hanya saja, ia wajib dibunuh (sebagai hadd) seperti halnya wajib dibunuhnya orang yang murtad dari Islam. Mereka menakwilkan hadits di atas dengan : ‘orang yang meninggalkan shalat dengan mengingkari kewajibannya’. Hal itu sebagaimana firman Allah subhaanahu tentang Yuusuf ‘alaihis-salaam : ‘Sesungguhnya aku telah meninggalkan agama orang-orang yang tidak beriman kepada Allah, sedang mereka ingkar kepada hari kemudian’ (QS. Yuusuf : 37). Yuusuf meninggalkan agama mereka bukan karena kekufuran yang samar, akan tetapi karena keingkaran mereka terhadap Allah dari hari kiamat” [‘Aqiidatus-Salaf wa Ashhaabul-Hadiits, hal. 84, tahqiq & takhrij & ta’liq : Abul-Yamiin Al-Manshuuriy; Daarul-Minhaaj, Cet. 1/1423].<br /><br />Para ulama yang berpendapat kafirnya orang yang meninggalkan shalat karena malas, mereka pun kemudian berselisih pendapat tentang bentuk 'meninggalkan' itu. Apakah meninggalkan sekali, dua kali, dan yang lainnya.<br /><br />Konsekuensinya, ulama yang berpendapat bahwa meninggalkan shalat secara sengaja adalah kafir, maka secara asal boleh hukumnya keluar ketaatan dari penguasa yang meninggalkan shalat dengan sengaja. Adapun ulama yang tidak mengkafirkannya, maka sebaliknya.<br /><br />Apapun itu, mereka semua sepakat bahwa jika seandainya penguasa itu benar-benar kafir, itu pun harus memenuhi persyaratan lainnya untuk bolehnya keluar ketaatan, yaitu : Mafsadat yang ditimbulkan akibat keluar ketaatan tidaklah lebih besar daripada jika masih mengikat ketaatan kepadanya (dalam batasan hal-hal yang ma'ruf).<br /><br />Wallaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-15660421800106494752012-02-08T22:08:47.187+07:002012-02-08T22:08:47.187+07:00jika para penguasa minggalkan solat, bolehkah kita...jika para penguasa minggalkan solat, bolehkah kita mengatakan mereka mensyirikkan Allah dan mencabut ketaatan dari mereka?Zikir Dinhttps://www.blogger.com/profile/12540706041396303867noreply@blogger.com