tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post2090757424104647842..comments2024-03-24T04:17:07.334+07:00Comments on Abul-Jauzaa Blog - !! كن سلفياً على الجادة: Sifat Tadlis Al-Waliid bin MuslimUnknownnoreply@blogger.comBlogger3125tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-67227422118927862752012-06-19T13:01:01.841+07:002012-06-19T13:01:01.841+07:00جزاك الله خيراجزاك الله خيراAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-10130544798594709892012-06-19T11:26:09.252+07:002012-06-19T11:26:09.252+07:00Orang itu gak ngerti kitab Thabaqaat Al-Mudallisii...Orang itu gak ngerti kitab Thabaqaat Al-Mudallisiin-nya Ibnu Hajar.<br /><br />Dalam kitab tersebut, bahkan Imam Maalik bin Anas pun masuk pada jajaran mudallisiin, tepatnya no. 22 (di atasnya Imam Al-Bukhaariy). Orang itu mungkin gak tahu (atau pura-pura tidak tahu ?) bahwa perawi mudalllis dalam kitabnya Ibnu Hajar itu ada beberapa tingkatan. Makanya itu judu kitabnya Thabaqaatul-Mudallisiin (atau Ta'riifu Ahlit-Taqdiis bi Maraatibil-Maushuufiina bit-Tadliis).<br /><br />Imam Bukhaariy masuk dalam thabaqah pertama. Artinya, tadlisnya (seandainya benar ia melakukan tadlis) tidak memudlaratkan riwayatnya. Ibnu Hajar menjelaskan tentang perawi di thabaqah ini, bahwa mereka itu sangat-sangat jarang melakukan tadlis. Ibnu Hajar pun berkata :<br /><br />(والذي يظهر أنه (كان) يقول فيما لم يسمع: قال, وفيما سمع –لكن لا يكون على شرطه أو موقوفا-: قال لي أو قال لنا), وقد عرفت ذلك بالاستقراء من صنيعه<br /><br />"Dan yang nampak bahwasannya Al-Bukhaariy berkata tentang riwayat yang tidak ia dengar dengan berkata : Qaala (Fulaan). Adapun riwayat yang ia (Al-Bukhaariy) dengar akan tetapi tidak masuk dalam persyaratannya atau riwayat itu mauquuf, maka Al-Bukhaariy berkata : Qaala lii atau Qaala lanaa. Dan aku (Ibnu Hajar) mengetahui hal tersebut melalui istiqraa' dari apa yang dilakukannya (dalam riwayat-riwayatnya)" [selesa].<br /><br />Jadi, periwayatan Al-Bukhaariy semacam itu bukanlah tadlis yang tercela.<br /><br />Wallaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-62543878003173714172012-06-19T10:55:33.136+07:002012-06-19T10:55:33.136+07:00السلام عليكم.
Minta penjelasan mengenai pembahasa...السلام عليكم.<br /><br />Minta penjelasan mengenai pembahasan “tadlis” yang oleh sekelompok orang memberikan pengkaburan sehingga menuduh Imam Bukhari Rahimahullah sebagai tokoh “mudallis” yang tidak boleh diterima periwayatannya –disamping tuduhan mereka yang sudah tidak asing lagi terhadap Abu Hurairah Radhiyallah- bersamaan penyebutan kaum tersebut atas perkataan-perkataan Ulama mengenai celaan mereka terhadap perbuatan tadlis ini. Para pelontar syubhat itu menopang argumentasi mereka dengan kitab Tabaqat al-Mudallisin karya al-Hafizh Ibn Hajar Rahimahullah yang memasukkan Imam Bukhari Rahimahullah kedalamnya yang disandarkan kepada perkataan Ibn Mandah Rahimahullah, berikut nukilannya yang ana kutip secara utuh –insya Allah- dari sumber yang dimaksud, yakni Ta’rif Ahl al-Taqdis bi Muratib al Maushufin bi al-Tadlis, karya al-Hafizh Rahimahullah, dengan tahqiq oleh Karim Fuad Muhammad al-Lam’iy hal. 16, no. 23, sebagai berikut: <br /><br />23- (ت س) محمد بن أسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة البخاري, الإمام, وصفه بذلك ألو عبد الله الن مَندَه في كلامٍ له, فقال فيه: ((أخرج البخاري: قال فلان وقال لنا فلان, وهو تدليس)), ولم يوافق ابن منده على ذلك. <br />(والذي يظهر أنه (كان) يقول فيما لم يسمع: قال, وفيما سمع –لكن لا يكون على شرطه أو موقوفا-: قال لي أو قال لنا), وقد عرفت ذلك بالاستقراء من صنيعه.<br /><br />انتهى <br /><br />جزاك الله خيرا <br />السلام عليكم ورحمة اللهAnonymousnoreply@blogger.com