tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post5401553288766791678..comments2024-03-24T04:17:07.334+07:00Comments on Abul-Jauzaa Blog - !! كن سلفياً على الجادة: Pembahasan Hadits : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam Selalu Berkurban di Madinah Selama 10 TahunUnknownnoreply@blogger.comBlogger13125tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-24074305191569573332010-11-30T19:02:19.749+07:002010-11-30T19:02:19.749+07:00Sebagai tambahan informasi mengenai Hajjaaj bin Ar...Sebagai tambahan informasi mengenai Hajjaaj bin Arthaah, rekan-rekan pengunjung bisa baca di : <br /><br /><a rel="nofollow">http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=87468</a>Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-24069664970341674952010-11-30T18:39:14.208+07:002010-11-30T18:39:14.208+07:00@Anonim (30 November 2010 15.58),.... terima kasih...@Anonim (30 November 2010 15.58),.... terima kasih atas masukannya.<br /><br />Istilah "dipakai Muslim dalam Shahih-nya" adalah istilah yang umum (dan saya sering menggunakan istilah ini dalam artikel di blog ini) dan membutuhkan perincian. Apakah ia digunakan dalam ushul atau mutaba'ah.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-91763624728009449792010-11-30T16:37:07.977+07:002010-11-30T16:37:07.977+07:00Assalamu'alaikum
Ana bantu.
حَدَّثَنَا أَحْم...Assalamu'alaikum<br /><br />Ana bantu.<br /><br />حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ وَهَنَّادٌ قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ حَجَّاجِ بْنِ أَرْطَاةَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ<br />أَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمَدِينَةِ عَشْرَ سِنِينَ يُضَحِّي<br />قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ<br /><br />Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' dan Hannad keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Zaidah dari Hajjaj bin Arthah dari Nafi' dari Ibnu Umar ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tingal di Madinah selama sepuluh tahun, dan beliau selalu berkurban." Abu Isa berkata, "Ini adalah hadits hasan." (HR Tirmidzi no. 1427).<br /><br />Jika antum mengklik tombol perawi, maka akan muncul perawi :<br />-Dari sanad 1-<br />Ahmad bin Mani'<br />Yahya bin Zakariya (Ibnu Abi Zaidah)<br />Hajjaj bin Arthah<br />Nafi' maula Ibnu Umar<br />Abdullah bin Umar<br /><br />-Lalu dari sanad 2-<br />Hannad bin As Sari<br />Yahya bin Zakariya (Ibnu Abi Zaidah)<br />dst...idem<br /><br />Yg dibahas oleh ustadz Abul Jauzaa sama kok dengan para perawi yg ada di lidwa, hanya penomorannya saja yg beda karena penomoran di lidwa ga standar.<br /><br />--Abu Ahmad--Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-75311531039129226322010-11-30T15:58:14.135+07:002010-11-30T15:58:14.135+07:00Afwan ustadz, kayaknya memutlakkan istilah bahwa H...Afwan ustadz, kayaknya memutlakkan istilah bahwa Hajjaj adalah perawi yg dipakai oleh Muslim kuranglah tepat, melainkan sebagaimana yg diungkapkan oleh para imam seperti Al-Mizzi yaitu dipakai oleh Muslim dalam shahihnya sebagai penguat riwayat lain. Artinya, Muslim tidak berhujjah dengannya.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-12750263179466674922010-11-30T14:29:21.723+07:002010-11-30T14:29:21.723+07:00حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ وَهَنَّادٌ قَالَا...حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ وَهَنَّادٌ قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ حَجَّاجِ بْنِ أَرْطَاةَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ<br />أَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمَدِينَةِ عَشْرَ سِنِينَ يُضَحِّي<br />قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ<br /><br />ini hadits yg dari lidwa ust.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-67698188285485211202010-11-30T14:15:33.541+07:002010-11-30T14:15:33.541+07:00coba antum tulis hadits secara lengkap dari lidwa....coba antum tulis hadits secara lengkap dari lidwa. kebetulan komputer yang saya pegang saat ini tidak ada lidwa-nya.<br /><br />tapi, kayaknya, perawi yang antum sebut kurang Hanaad.<br /><br />mengenai penomeran, maka penomeran di lidwa memang tidak mengikuti versi standar yang banyak tercetak. <br /><br />wallaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-34805311927614249862010-11-30T07:58:24.997+07:002010-11-30T07:58:24.997+07:00ust.
di lidwa ditampilkan bhw perawi hadits ini ad...ust.<br />di lidwa ditampilkan bhw perawi hadits ini adalah :<br />1. ahmad bin mani' bin 'abdur rahman<br />2. yahya bin zakariya bin abi za'idah<br />3. hajjaj bin arthah bin tsaur<br />4. nafi'<br />5. abdullah bin 'umar bin al-khottob bin nufail<br /><br />hajjaj bin arthah di berikan warna orange (krn lemah)<br /><br />perawinya kok berbeda ya ust dgn yg antum bahas? no haditsnya pun berbeda yaitu no 1427Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-8683225563018063862010-11-20T16:17:54.280+07:002010-11-20T16:17:54.280+07:00Wa'alaikumus-salaam.
At-Tirmidziy menghukumi ...Wa'alaikumus-salaam.<br /><br />At-Tirmidziy menghukumi hasan dalam beberapa haditsnya jika memenuhi syarat sebagai berikut :<br /><br />1. Tidak ada perawi yang tertuduh melakukan dusta.<br /><br />2. Isnadnya tidak syaadz.<br /><br />3. Hadits tersebut juga diriwayatkan dari jalan yang lain.<br /><br />Dari persyaratan ini dapat diketahui bahwa satu hadits yang dihukumi hasan oleh At-Tirmidziy dibawakan oleh perawi yang lemah, dengan kelemahan yang tidak parah (hingga tertuduh berdusta).<br /><br />Oleh karenanya, tidak bisa dimutlakkan penghasanan itu sebagai pendla'ifan. Karena ia bisa jadi hadits yang diterima (maqbuul) karena adanya penguat dari jalan yang lain.<br /><br />Antum bisa baca penjelasan ini dalam kitab An-Nukat 'alaa Kitaab Ibni Shalah.<br /><br />Walaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-18560577436722091042010-11-19T19:11:57.190+07:002010-11-19T19:11:57.190+07:00Assalamualaikum ustaz saya pengikut blog setia ust...Assalamualaikum ustaz saya pengikut blog setia ustaz, semoga Allah merahmati ustaz. <br /><br />Ustaz saya ada baca beberapa buah tulisan @ jurnal bahawa perkataan "hasan" disisi Imam Tirmizi bermaksud dhaif manakala hasan gharib bermaksud "dhaif jiddan". Mungkin ustaz boleh mengkaji hal ini lebih lanjut<br /><br />wallahu a'lam<br /><br />Luqman Osman<br />malaysiaAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-59930963043028782162010-11-19T11:18:38.138+07:002010-11-19T11:18:38.138+07:00Pembahasan hadits ini tidak berorelasi dengan huku...Pembahasan hadits ini tidak berorelasi dengan hukum berkurban.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-77675913402823094442010-11-19T05:19:05.767+07:002010-11-19T05:19:05.767+07:00Jadi hukum berkurban ga wajib ya Tadz....sunnah sa...Jadi hukum berkurban ga wajib ya Tadz....sunnah sajaAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-45288508999583775062010-11-18T17:52:52.544+07:002010-11-18T17:52:52.544+07:00Kalau yang dianggap mudallis ringan itu adalah mud...Kalau yang dianggap mudallis ringan itu adalah mudallis yang 'an'anah-nya secara umum tetap diterima (sebagaimana mudallisiin tingkat pertama dan kedua dalam Thabaqaatul-Mudallisiin), maka tidak.<br /><br />Tadlisnya tidak diterima kecuali jika secara jelas menunjukkan lafadh penyimakannya. Walaahu a'lam.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-34923176837599644422010-11-18T12:46:23.043+07:002010-11-18T12:46:23.043+07:00apakah hal itu berarti mudalisnya hajaj tergolong ...apakah hal itu berarti mudalisnya hajaj tergolong mudalis ringan?Anonymousnoreply@blogger.com