tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post3036230516989798737..comments2024-03-24T04:17:07.334+07:00Comments on Abul-Jauzaa Blog - !! كن سلفياً على الجادة: Najd Bukan ‘Iraq ?Unknownnoreply@blogger.comBlogger34125tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-62183146612046138302019-02-03T04:30:55.535+07:002019-02-03T04:30:55.535+07:00Bismillahirrahmanirrahim
Katanya nama Iraq di zama...Bismillahirrahmanirrahim<br />Katanya nama Iraq di zaman Nabi belum ada???Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/15273414251995310659noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-33799530675123300652019-02-03T04:25:45.146+07:002019-02-03T04:25:45.146+07:00Bismillahirrahmanirrahim
Katanya nama Iraq di zama...Bismillahirrahmanirrahim<br />Katanya nama Iraq di zaman Nabi belum ada???Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/15273414251995310659noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-44574971855328805212018-09-23T20:16:16.161+07:002018-09-23T20:16:16.161+07:00Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdul...Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Ammar Al Maushulli yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Haasyim Muhammad bin ‘Ali dari Al Mu’afiy dari Aflah bin Humaid dari Qasim dari Aisyah yang berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menetapkan miqat bagi penduduk Madinah di Dzul Hulaifah, bagi penduduk Syam dan Mesir di Juhfah, bagi penduduk Iraq di Dzatu ‘Irq, bagi penduduk Najd di Qarn dan bagi penduduk Yaman di Yalamlam (Shahih Sunan Nasa’i no 2656).<br /><br />Rasulullah menjelaskan Miqad Najd untuk prnduduk Najd di Qarn, disini jelas sudah bahwa Najd dan Irak dibedakan.Orang Baiknoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-12386153933060237442018-04-02T11:31:10.645+07:002018-04-02T11:31:10.645+07:00greenfals sunda
memahami arah timur-barat dalam ha...greenfals sunda<br />memahami arah timur-barat dalam hadits jangan dengan peta, tapi dengan pemahaman orang-orang arab terdahulu.<br />orang-orang arab terdahulu menganggap Iraq adalah arah najd/timur dari Madinah.rofihttps://www.blogger.com/profile/12026413028764891913noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-3001323103954188162018-03-26T10:39:41.068+07:002018-03-26T10:39:41.068+07:00cobalah buka peta, yg persis di timur itu iraq apa...cobalah buka peta, yg persis di timur itu iraq apa riyadh..inget ya.. dari arah matahari terbit..<br />yg jelas Yaman msh kuat utk utk mnghadapi Arab Saudi & Suriah pun sdh menang melawan teroris<br /> Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01154153049474619186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-46014901033101680382018-02-01T17:51:54.095+07:002018-02-01T17:51:54.095+07:00Di Dalam Quran dan hadits Nabi tidak ada kata SELA...Di Dalam Quran dan hadits Nabi tidak ada kata SELATAN DAN UTARA, yang ada kata Maghrib dan Masyriq. , itu bagi mereka ya ngotot berdalil kan peta. Syiahindonesia.comhttps://www.blogger.com/profile/08165674004958034037noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-87238916748801423872015-06-29T09:39:03.956+07:002015-06-29T09:39:03.956+07:00Sebuah nubuah (ramalan nabi) kadang bersifat jelas...Sebuah nubuah (ramalan nabi) kadang bersifat jelas, kadang bersifat majazi....<br /><br />Kalo sifat jelas, kemungkinan NEJD satu2-nya itu yg teman2 syiah bilang. Tapi kalo secara majazi maka perlu ada penelitian ulang.<br /><br />Jika seseorang yg menginginkan "islam semurni-murni"nya ditegakkan kembali di sebut Fitnah, rasanya ini bentuk tidak kesenangan bahwa Islam di kembalikan seperti zaman Rasulullah dan sahabat. Harusnya ikhwan syiah punya alasan lain untuk menuduh itu.<br /><br />Jika ada ummat menginginkan hukum qishash, cambuk, jizyah, rajam, dll di tegakkan di tuduh sbg Fitnah... juga rasanya tidak adil sebab Allah dan Rasulnya yg memerintahkan itu.<br /><br />Ana kurang Faham mustholah hadits sehingga hanya menyimak saja penjelasan dari kedua belah pihak sambil mencari rujukan yg membenarkan salah satu dari keduanya.<br /><br />Azzurahttps://www.blogger.com/profile/06827504330351399460noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-33299370084724749352015-04-18T05:44:14.985+07:002015-04-18T05:44:14.985+07:00Benar,... kan sudah ditulis juga, ilal ardlil-'...Benar,... kan sudah ditulis juga, ilal ardlil-'Iraaq. Artinya, sampai negeri 'Iraaq. Itu secara bahasa. Konsekuensinya, makna Najd itu bukan mengeluarkan 'Iraaq dari cakupan Najd. Kemudian secara istilah yang dimaksudkan hadits, maka Najd di situ adalah negeri 'Iraaq. Jadi pas lah. Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-72120284765668307192015-04-16T07:26:55.780+07:002015-04-16T07:26:55.780+07:00وما ارتفع عن تِهامة إِلى أَرض العراق، فهو نجد
“Sem...وما ارتفع عن تِهامة إِلى أَرض العراق، فهو نجد<br />“Semua tanah yang tinggi dari Tihaamah sampai tanah ‘Iraaq, maka itu Najd” [lihat dalam Lisaanul-‘Arab].<br /><br />pengertian kata najd diatas tidak memasukan iraq sebagai najd (dataran tinggi) <br />kos dlm definisi diatas memakai huruf jer Ilaa (إِلى). <br /><br />jd terjemahan "sampai" tidak diartikan iraq adalah termasuk najd.<br /><br />kecuali memakai kata hatta (حتى).<br /><br />lebih jelasnya mungkin begini tadz<br /><br />- إِلى أَرض العراق = sampai tanah irak<br />- حتى أَرض العراق = sampai tanah irak<br /><br />terjemahan keduanyanya sama2 "sampai", tapai kandungan arti keduanya lain<br />jika pake ilaa, "sampai"nya tidak mencakup iraq. tapi kalau pakai hatta, "sampainya" memiliki kandungan mana mencakup irak.<br /><br />perlu diingat juga kata iraq artinya dataran rendah kan...?Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-43421976666240378732012-08-28T20:50:05.349+07:002012-08-28T20:50:05.349+07:00Assalamu'alaikum. Ustad, mengenai pembahasan i...Assalamu'alaikum. Ustad, mengenai pembahasan ini, memang sangat ilmiah sehingga dpt menambah ilmu. namun baru2 ini teman saya membaca tentang pembahasan ini dan kebetulan, yg d baca adalah blog yg membantah Ustad ini, (blog saudara Ahmad itu). jadi saya mohon nasihat untuk teman saya agar tidak mengalami kebingungn yg nantinya ditakutkan akan enggan untuk menuntut ilmu, dan juga untuk saya sendiri tentuny. sekian. Wassalamu'alaikum<br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-41038331753092022322012-08-18T20:57:06.041+07:002012-08-18T20:57:06.041+07:00Tambahan, bila masalahnya ada di Bani Tamim, janga...Tambahan, bila masalahnya ada di Bani Tamim, jangan lupa Rasul yang mulia alaihis sholatu wassalam bersabda yg intinya mengatakan Bani Tamim ini adalah Asyaddu ummatii 'ala dajjal, yg paling keras permusuhannya terhadap dajjal (Muttafaqun alaih, Al lu'lu wal marjan muh fuad abdul baqi hadits no. 1641). abu abdillahnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-67845211315555497182012-08-18T01:34:13.874+07:002012-08-18T01:34:13.874+07:00Ini seperti saudara saya orang jakarta, taunya dae...Ini seperti saudara saya orang jakarta, taunya daerah jateng-jatim itu daerah 'jawa'. Jadi kalau saya mudik dari jakarta ke jogja, dia bilang :'elu mau ke jawa bu?'. Sehingga kalau saudara saya itu bilang ke tetangganya dia akan bilang : si abu lagi ke jawa. Sedangkan kalau saya pulang ke jakarta, saya akan bilang ke tetangganya : saya baru dari jogja. Tidak ada pertentangan dari dua pengabaran (hadits) ini. Jawa maksudnya jogja itu.abu abdillahnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-30773013437446507292012-07-25T23:28:35.275+07:002012-07-25T23:28:35.275+07:00seandainya perkataan Salim bahwasanya Iraq itu di ...seandainya perkataan Salim bahwasanya Iraq itu di sebalah timur Madinah adalah salah, tentu saja akan ada protes dari penduduk Iraq yang diajak bicara oleh beliau. niscaya mereka akan berkata "Wahai Salim, kamu keliru. Iraq itu di sebelah utara Madinah, bukan di sebelah timurnya."<br /><br />akan tetapi kenyataannya tidak ada yang menyanggah perkataan Salim ini. bahkan musuh2 Wahabi pun tidak ada yang menyanggah, baik dari sisi sanad maupun matan.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-25597163364319633042012-07-25T22:33:25.326+07:002012-07-25T22:33:25.326+07:00Saya percaya Salim anaknya ibnu Umar aja lah, soal...Saya percaya Salim anaknya ibnu Umar aja lah, soalnya sanadnya lebih mangkul.. Iraq kalo begitu.. mumtazzAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-14483131301117066782012-07-25T22:08:55.519+07:002012-07-25T22:08:55.519+07:00Inilah pendapat salaf :
حدثنا عبدالله بن عمر بن أ...Inilah pendapat salaf :<br /><br />حدثنا عبدالله بن عمر بن أبان وواصل بن عبدالأعلى وأحمد بن عمر الوكيعي (واللفظ لابن أبان). قالوا: حدثنا ابن فضيل عن أبيه. قال: سمعت سالم بن عبدالله بن عمر يقول: يا أهل العراق! ما أسألكم عن الصغيرة وأركبكم للكبيرة! سمعت أبي، عبدالله بن عمر يقول : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول "إن الفتنة تجئ من ههنا" وأومأ بيده نحو المشرق "من حيث يطلع قرنا الشيطان" وأنتم يضرب بعضكم رقاب بعض. وإنما قتل موسى الذي قتل، من آل فرعون، خطأ فقال الله عز وجل له: {وقتلت نفسا فنجيناك من الغم وفتناك فتونا} [20/طه/40].<br /><br />Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Umar bin Abaan, Waashil bin ‘Abdil-A’laa, dan Ahmad bin ‘Umar Al-Wakii’iy (dan lafadhnya adalah lafadh Ibnu Abaan); mereka semua berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudlail, dari ayahnya, ia berkata : Aku mendengar Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar berkata : “<b>Wahai penduduk ‘Iraaq</b>, aku tidak bertanya tentang masalah kecil dan aku tidak mendorong kalian untuk masalah besar. Aku pernah mendengar ayahku, Abdullah bin ‘Umar berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa salam bersabda : ‘<b>Sesungguhnya fitnah itu datang dari sini - ia menunjukkan tangannya ke arah timur - dari arah munculya dua tanduk setan</b>’. Kalian saling menebas leher satu sama lain. Muusaa hanya membunuh orang yang ia bunuh yang berasal dari keluarga Fir'aun itu karena tidak sengaja. Lalu Allah 'azza wa jalla berfirman padanya : 'Dan kamu pernah membunuh seorang manusia, lalu kami selamatkan kamu dari kesusahan dan Kami telah mencobamu dengan beberapa cobaan." (Thaahaa: 40)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2905 (50)].<br /><br />The case is closed.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-43329916789789782772012-07-25T21:47:15.110+07:002012-07-25T21:47:15.110+07:00Inilah Pendapat yang paling banyak dinukil. Pendap...Inilah Pendapat yang paling banyak dinukil. Pendapat ini merupakan pendapat Imam khattabi, Ibnu Abdil Bar[6], al Kirmani[7], dan Allamatul Iraq al Alusi[8]. Pendapat yg paling selamat adalah pendapat para salaf, mereka bukan termasuk kepada ulama salaf tetapi yg mengikuti generasi salaf, Dzahir hadis di atas adalah Najd, bukan Iraq mengapa Najd dirubah menjadi Iraq, mengapa Nabi tidak protes kalau itu adalah Iraq dan malah mengikuti pendapat bukan dari 3 generasi salaf sehingga yg dimaksud adalah Najd, jadi kota fitnah itu adalah Iraq dan Najd, sedangkan kota para Habib keturunan Nabi adalah Iman Yaman=Iman sesuai hadis, Ibnu Taimiyah pun di atas berpendapat jikalau kota fitnah itu berasal dari timur –timur Madinah- seperti Najd dan semua daerah sebelah timurnya (Madinah), Juga hadis Arab Fadadin itu.<br />http://kaahil.wordpress.com/2011/08/08/kupas-tuntas-wahaby-nejd-saudi-arabia-hadits-fitnah-negeri-dua-tanduk-setan-%E2%80%9C-disana-muncul-kegoncangan-dan-fitnah-dan-disanalah-akan-muncul-tanduk-setan%E2%80%9D/Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-28188080533665822822012-07-17T11:50:55.059+07:002012-07-17T11:50:55.059+07:00Itu kan kata Anda, bukan kata ulama. Saalim itu te...Itu kan kata Anda, bukan kata ulama. Saalim itu termasuk fuqahaa sab'ah di kalangan penduduk Madinah. Ia disimpulkan oleh Ibnu Hajar sebagai seorang yang tsabt, 'aabid (ahli ibadah), lagi faadlil (mempunyai keutamaan). Riwayatnya dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Adapun masalah Al-Bukhaariy tidak meriwayatkan dengan lafadh 'Iraaq, ya itu ndak masalah, sebagai dikenal di kalangan ahli hadits. Yang mempermasalahkan itu kan Anda. Tidakkah Anda juga melihat bahwa Naafi' juga meriwayatkan dengan lafadh 'Iraaq ?Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-89388106311936946882012-07-17T10:04:10.946+07:002012-07-17T10:04:10.946+07:00Semua riwayat yang menyebut tanduk setan dari Timu...Semua riwayat yang menyebut tanduk setan dari Timur adalah Irak berasal dari SALIM dari Ibnu Umar.<br /><br /><br />Sedang yang menyebut adalah NAJD berasal dari NAFI' dari Ibnu Umar.<br /><br /><br />Menurut saya itu kekeliruan SALIM yang menyebut IRAK, karena arah Timur atau arah matahari terbit di Madinah adalah arah Najd (Riyadh).<br /><br />Riwayat Bukhari yang hanya mentakhrij dari jalur NAFI, tentu lebih kuat. Imam Bukhari sama sekali tidak mentakhrij tanduk setan yg dari Salim.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-16094062551347935882012-06-25T10:49:11.651+07:002012-06-25T10:49:11.651+07:00haha.. @anonim keliatan bangat kelimpungan..
thnks...haha.. @anonim keliatan bangat kelimpungan..<br />thnks stadgolhttps://www.blogger.com/profile/08217572690461756823noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-61772426589482594192012-06-18T16:11:23.245+07:002012-06-18T16:11:23.245+07:00Memang para penentang da'wah ini adalah para a...Memang para penentang da'wah ini adalah para ahli bid'ah...ngaku2 ummat Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam tapi tidak suka dengan sunnahnya, sukanya ngarang2 ibadah sendiri. yg dicontohkan aja belum dilaksanakan malah menambah2 yg jelas dilarang....dan yg satu lagi ngaku2 pengikut Ali (ra) tapi perilaku dan agamanya sangat jauh dengan Ali (ra). Dalam berdebat kebiasaannya ngotot/muka tembok atau sejenisnya mempertahankan kesalahan walaupun sudah disampaikan hujjah yg shahih...misalkan ketika Imam Syafii mengatakan benci terhadap org2 yg berkumpul di rumah ahli waris si mayat pada malam kematiannya, justru mereka yg mengaku mazhab Syafii melakukan apa yg dibenci Imam Syafii itu dengan 1001 macam alasan (utk melawan Imam Syafii)....dan...ketika Ali (ra) mengakui akan keutamaa sahabat2 yg lain...tapi mereka yg ngaku2 pengikut Ali (ra) malah mengkafirkan para sahabat....Kalaupun misalnya iman dan kecintaan kpd agama yg haq ini sudah tdk ada, maka tak salah juga utk menanyakan kpd mereka...KEMANA AKAL PIKIRAN???????Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-77237447448234426202012-05-31T14:14:28.183+07:002012-05-31T14:14:28.183+07:00Makanya itu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa...Makanya itu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam memakai redaksi : "<b>akan</b> muncul". <br /><br />Jadi, saat beliau mengatakannya itu memang belum muncul.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-38886817237712506542012-05-31T12:57:34.074+07:002012-05-31T12:57:34.074+07:00wong saat itu Islam belum mencapai Iraq, dgn sendi...wong saat itu Islam belum mencapai Iraq, dgn sendirinya mengasosiasikan Iraq dgn najd = fail :D<br />tetap saja, wahabbi/salafiy lah yg dimaksud fitnah dari Najd tempat keluarnya tanduk syaitanAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-49034693006493864912012-03-20T13:27:34.975+07:002012-03-20T13:27:34.975+07:00Silakan baca juga tulisan teman saya :
http://sya...Silakan baca juga tulisan teman saya :<br /><br /><a href="http://syaikhulislam.wordpress.com/2011/02/21/fitnah-dari-timur/" rel="nofollow">http://syaikhulislam.wordpress.com/2011/02/21/fitnah-dari-timur/</a>.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-87033244209355652892012-03-20T09:16:51.379+07:002012-03-20T09:16:51.379+07:00subhanallaah.. penjelasan ushul hadist yang luar b...subhanallaah.. penjelasan ushul hadist yang luar biasa ustadz.. belakangan wa jadi tertarik dengan topik ini.. dan browsing di forum berbahasa Inggris wa nemu argumentasi ini.. awa posting disini saja ya ustadz.. mungkin ustadz bisa memberikan tanggapan..<br /><br />IBN TAYMIYYA ON THE MEANING OF "NAJD"<br /><br />Q. Did Ibn Taymiyya understand Najd in the hadith to mean Iraq?<br /><br />A. No. Ibn Taymiyya always differentiates between Najd and Iraq although acknowledging they both lie East of Madina in the language of the people of Madina: "They would call the people of Najd *and* Iraq 'the people of the East' (ahl al-mashriq)," "The people of al-Sham are the people of the West (al-gharb) just as Najd *and* Iraq are the beginning of the East."1<br /><br />Elsewhere he states: "The texts affirming the superiority of the people of Sham to those of Najd *and* Iraq and the rest of the people of the East are more than can be counted."2 If Najd meant Iraq, it would be redundant to say "Najd and Iraq" and one would have to say, more correctly, "Najd, meaning Iraq."<br /><br />Ibn Taymiyya also cites the report of Ibn 'Abbas who said: "The first Jumu'a that gathered in Islam after the Jumu'a of Madina was that of Jawathi, one of the towns of al-Bahrayn. They said: 'O Messenger of Allah! Between us and you are those regions of the disbelievers of Mudar, and [we] cannot come to you except in a sacred month. Therefore give us a decisive order which we might put into practice and by which we shall call those who are behind us.' Meaning: the people of Najd such as [the tribes of] Tamim, Asad, Ghatafan, and others."3 <br /><br />And again: "The delegation of 'Abd al-Qays was one of the best delegations ever to come to the<br />Prophet - Allah bless and greet him -... and they said: 'Between us and you there are those regions of the disbelievers of Mudar - and they meant Najd - and we cannot reach you except during a sacred month.'"4 <br /><br />And again: "The delegation of 'Abd al-Qays came to the Prophet - Allah bless and greet him -... and said: 'O Messenger of Allah! Between us and you there are those regions of the disbelievers of Mudar' - meaning by that, the people of Najd such as Tamim, Asad, and Ghatafan, because those were between al-Bahrayn and al-Madina, while 'Abd al-Qays are from Rabi'a and not<br />from Mudar."5 Bahrayn is far from Iraq; in fact, a line drawn from Bahrayn to Madina would pass slightly higher than Riyad, the capital of<br />present-day Najd.<br /><br />Elsewhere Ibn Taymiyya counts among the tribes of Najd "Banu Asad, Ashja', Fazara, and others of the tribes of Najd."6 These are not Iraqi but<br />Najdi tribes. He also said: "Those that committed apostasy after his death - Allah bless and greet him - were only those that entered Islam with the sword, such as the companions of Musaylima and the peole of Najd."7<br />This cannot mean Iraq since, at the time the Prophet - Allah bless and greet him - left this world, Islam had not yeat reached Iraq.<br /><br />NOTES<br /><br />1Ibn Taymiyya, Majmu'a al-Rasa'il (27:42, 28:532, cf.<br />27:508).<br />2Op. cit. (4:448).<br />3Op. cit. (7:552).<br />4Op. cit. (7:598).<br />5Op. cit. (7:607).<br />6Op. cit. (28:443).<br />7Ibn Taymiyya, Minhaj al-Sunna (1986 ed. 7:478).Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-51621810746651572132012-02-12T15:44:51.608+07:002012-02-12T15:44:51.608+07:00Wa'alaikumus-salaam.
Silakan lihat pembahasan...Wa'alaikumus-salaam.<br /><br />Silakan lihat pembahasannya dalam hadits pertama di atas.Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.com