tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post1241471686882999894..comments2024-03-24T04:17:07.334+07:00Comments on Abul-Jauzaa Blog - !! كن سلفياً على الجادة: Asy-Syafi’iy Bertabarruk dengan Kubur Abu HanifahUnknownnoreply@blogger.comBlogger11125tag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-36980839929047904362014-07-11T22:43:54.930+07:002014-07-11T22:43:54.930+07:00sebenarnya puak2 tasauf dan tariqat ini.. sahih at...sebenarnya puak2 tasauf dan tariqat ini.. sahih atau doif atau palsu belakang kira.. mereka cerita dulu kalaulah boleh menyokong pegangan mereka.. bunyi cerita pun pelik, mereka tutup akal fikiran .. dan terus terima...... <br /><br />kenapalah imam syafie nak tunggu kubur abu hanifah sahaja sedangkan kubur sahabat nabi lain yang logiknya lebih berkat dari kubur abu hanifah kat sana..mawarhatikuhttps://www.blogger.com/profile/03222320212252011784noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-12870977962670412132014-03-15T05:52:42.837+07:002014-03-15T05:52:42.837+07:00Saya belum tahu riwayat tersebut beserta sanadnya ...Saya belum tahu riwayat tersebut beserta sanadnya sehingga tidak bisa menilai keshahihannya. Atau anda bisa membantu saya untuk mendapatkannya ?Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-2714438697658584792014-03-14T11:37:10.149+07:002014-03-14T11:37:10.149+07:00Mohon penjelasan. ibnu taimiyyah mengatakan “sama ...Mohon penjelasan. ibnu taimiyyah mengatakan “sama sekali tidak terdapat anjurannya dalam riwayat-riwayat shahih dari tiga generasi terbaik umat Islam yang di puji oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dalam sabdanya: ‘Sebaik-baik umat adalah generasi yang aku diutus kepadanya (para sahabat), kemudian setelahnya (para tabi’in), kemudian setelahnya (tabi’ut tabi’in)’””. [nukilan dari blog http://kangaswad.wordpress.com/2011/01/10/riwayat-tentang-tawassul-dan-tabarruk-dalam-as-siyar/ ]<br /><br />Ma’ruf Al Kharki wafat pada 200H. Dan diriwayatkan pula dari Ma’ruf Al Kharki bahwa ia mewasiatkan kepada saudaranya agar saudaranya tersebut berdoa di sisi kubur beliau. Bukankah beliau juga antara salafus soleh? tidakkah ini bermakna ada riwayat sahih dari salafus soleh, iaitu Ma’ruf Al Kharki?<br /><br />Saya benar2 keliru. Mohon penjelasan.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/00986176448738148562noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-88876200819303091492014-02-16T15:56:55.863+07:002014-02-16T15:56:55.863+07:00Tanggapan yang tidak perlu ditanggapi. Tipikal bah...Tanggapan yang tidak perlu ditanggapi. Tipikal bahasan hadits aswaja, terlalu dangkal. Asal ada yang mengatakan ini dan itu, bisa dijadikan dalil. Memang terlalu mundur ke belakang jika kita perlu menjelaskan ilmu jarh wa ta'diil, dan bagaimana manhaj dan pensikapan terhadap beberapa ulama, termasuk Al-Haakim. Juga tentang bahasan kebersambungan sanad.....Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-52510878781878257132014-02-16T01:31:56.527+07:002014-02-16T01:31:56.527+07:00Ustadz, ada bantahan lucu oleh pahlawan kesiangan ...Ustadz, ada bantahan lucu oleh pahlawan kesiangan disini :<br /><br />http://www.aswj-rg.com/2014/02/kesahihan-kisah-tabarruk-imam-syafie-dengan-imam-abu-hanifah.html<br /><br />Nampaknya dia tidak mengerti dengan yang disebut "tashhih adalah cabang dari tautsiq" dan tidak mengerti pula kedudukan tashhih Al-Hakim dalam Al-Mustadrak.<br /><br />Jika menggunakan cara dia berdalil, dia bisa dibuat KO oleh kaum Syi'ah dengan riwayat-riwayat dalam al-Mustadrak.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-24181231408434470132013-07-19T14:27:20.389+07:002013-07-19T14:27:20.389+07:00@mas Fikar,
Saya tunggu sanadnya ya. Anak TK pun ...@mas Fikar,<br /><br />Saya tunggu sanadnya ya. Anak TK pun bisa kalo disuruh mengklaim "sanadnya shahih, jayyid, hasan, dsb," tetapi kalo ga bisa menunjukkan sanadnya ya sama aja bohong...Tommi Marsetiohttp://muhandisun.wordpress.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-37107959258753832732013-07-19T06:33:36.321+07:002013-07-19T06:33:36.321+07:00Sebagian orang mempertikaikan kesahihan kisah ters...Sebagian orang mempertikaikan kesahihan kisah tersebut dengan cara yang tidak benar.<br /><br />Menurut kajian Imam Khatib al-Baghdadi, segala periwayat kisah tersebut adalah orang - orang yang shaduq dan tsiqah (yakni orang - orang yang dipercayai) dan pandangan beliau ini turut diamini oleh ulama-ulama lain.<br /><br />Pihak yang menolak kisah tersebut seperti al-Albani juga tidak menafikan kedudukan dan status para perawi kisah tersebut adalah orang - orang kepercayaan selain daripada " `Umar bin Ishaq bin Ibrahim" yang dikatakan sebagai seorang yang majhul (yakni yang tidak diketahui identitinya). Atas dasar tersebut maka al-Albani menghukumkan kisah tersebut sebagai dhaif bahkan batil. Tapi sebenarnya siapakah yang majhul? Umar bin Ishaq bin Ibrahim, ataukah Al Albani yang tidak tahu siapa Umar bin Ishaqdi sini?<br /><br />Menurut penjelasan sebahagian ulama lain, ada kemungkinan 'Umar bin Ishaq tersebut adalah `Amr bin Ishaq al-Himsi yang merupakan seorang yang diketahui dan bisa dipercayai. Jika begitu, maka tiadalah kecacatan pada sanad yang dikemukakan oleh Imam Khatib tersebut. <br /><br />Selain daripada itu, perlu diberi perhatian juga bahawa kisah ini turut disampaikan melalui jalan lain, antaranya oleh:<br />1. Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam karya beliau "al-Khairat al-Hisan" yang merupakan manaqib Imam Abu Hanifah pada pasal 35 halaman 129 dengan sanad yang shahih <br />2. dan Imam Ibnu Abil Wafa menyebutkan kisah ini dalam "Tabaqat al-Hanafiyyah" pada halaman 519 dengan sanad lain melalui al-Ghaznawi. <br />3. Tidak ketinggalan para ulama di masa kita ini turut memuatkan kisah ini dalam karya mereka, misalnya Imam Muhammad Zahid al-Kawthari membawa kisah ini dalam "Maqalat al-Kawthariy" pada halaman 453 dan mengatakan bahawa sanad kisah ini adalah bagus (jayyid). <br />4. Mufti Muhammad Taqi Uthmani memuatkannya dalam karya beliau "Jahan-e-Deedah", jika kisah tersebut dianggap sebagai batil, pasti Mufti Muhammad Taqi yang terkenal sebagai seorang ulama bermazhab Hanafi dengan aliran Deobandi tidak akan memuatnya dalam karya beliau. Fikarhttps://www.blogger.com/profile/01008030385593426664noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-56900573373374796842013-03-07T22:35:15.346+07:002013-03-07T22:35:15.346+07:00Antum bisa baca :
http://muslim.or.id/aqidah/riwa...Antum bisa baca :<br /><br /><a href="http://muslim.or.id/aqidah/riwayat-tentang-tawassul-dan-tabarruk-dalam-kitab-as-siyar.html" rel="nofollow">http://muslim.or.id/aqidah/riwayat-tentang-tawassul-dan-tabarruk-dalam-kitab-as-siyar.html</a>.<br /><br />Abu Al-Jauzaa' :https://www.blogger.com/profile/01463031649165087443noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-27212564523802535332013-03-04T15:31:59.997+07:002013-03-04T15:31:59.997+07:00assalamualaikum ust. mengenai tabaruk
apakahah r...assalamualaikum ust. mengenai tabaruk <br /><br />apakahah riwayat dibawah ini shahih<br />mohon bantuannya..kebanyakan hadist ini di jadikan hukum oleh saudara-saudara kita aswaja tentang dianjurkannya tabaruk2 dengan kubur orang-orang shalih<br /><br />وقال أبو علي الغساني: أخبرنا أبو الفتح نصر بن الحسن السكتي السمرقندي، قدم علينا بلنسية عام أربع وستين وأربع مائة، قال: قحط المطر عندنا بسمرقند في بعض الأعوام فاستسقى الناس مرارا، فلم يسقوا، فأتى رجل صالح معروف بالصلاح إلى قاضي سمرقند، فقال له: إني رأيت رأيا أعرضه عليك. قال: وما هو؟ قال: أرى أن تخرج ويخرج الناس معك إلى قبر الإمام محمد بن إسماعيل البخاري، وقبره بخرتنك، ونستسقي عنده، فعسى الله أن يسقينا. قال: فقال القاضي: نعم، ما رأيت . فخرج القاضي والناس معه، واستسقى القاضي بالناس، وبكى الناس عند القبر، وتشفعوا بصاحبه، فأرسل الله تعالى السماء بماء عظيم غزير أقام الناس من أجله بخرتنك سبعة أيام أو نحوها، لا يستطيع أحد الوصول إلى سمرقند من كثرة المطر وغزارته، وبين خرتنك وسمرقند نحو ثلاثة أميال. هـ.<br />“Abu Ali Al Ghassani berkata, Abul Fath Nasr bin As Sikti As Samarqandi mengabarkan kepadaku: Kami datang dari Valencia pada tahun 464 H. Ketika itu selama beberapa tahun di Samarkand tidak pernah turun hujan. Maka orang-orang pun shalat istisqa berkali-kali, namun hujan belum juga turun. Maka seorang lelaki yang dikenal dengan keshalihannya mendatangi Qadhi kota Samarkand,<br />ia berkata kepada sang Qadhi: “Saya punya usul yang akan saya sampaikan kepada anda”<br />Qadhi berkata: “Apa itu?”<br />lelaki shalih berkata: “Menurutku sebaiknya anda keluar bersama orang-orang menuju kubur Imam Muhammad bin Ismail Al Bukhari, makam beliau berada di Kharatnak. Kita shalat istisqa di samping kubur beliau, mudah-mudahan Allah menurunkan hujan untuk kita”.<br />Qadhi berkata: “Baiklah, aku setuju”.<br />Maka keluarlah sang Qadhi Samarkand dengan orang-orang menuju kubur Imam Al-Bukhari, lalu shalat istisqa di sana. Orang-orang pun yang menangis di samping kubur, mereka juga meminta syafa’at kepada Imam al-Bukhari. Kemudian Allah menurunkan hujan yang sangat deras, hingga orang-orang saat itu menetap di Kharatnak sekitar tujuh hari. Tidak ada seorang pun dari mereka yang dapat pulang ke Samarkand karena banyak dan derasnya hujan. Padahal jarak antara Samarqand dan Kharatnak sekitar tiga mil“. (selesai nukilan)(Siyar A’lam An Nubala.)Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-38378206762324745972012-02-04T18:48:20.985+07:002012-02-04T18:48:20.985+07:00Kitab Nataij Al afkar 2:28 karya Imam Ibnu Hajar,k...Kitab Nataij Al afkar 2:28 karya Imam Ibnu Hajar,katanya Amr bin Ishaq bin Ibrohim di sebut sbg rowi yg tsiqoh..<br /><br />Tolonga bagaimana penjelasan dari akhi?Agushttp://www.facebook.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8372105893582766617.post-51875695175972001492010-01-05T17:25:05.553+07:002010-01-05T17:25:05.553+07:00Udah kangen sama tulisan ustadz, libur sebulan ya ...Udah kangen sama tulisan ustadz, libur sebulan ya ustadz? jazakalloh khoir. ijin copas ya. abufatih abdulkholiq cirebonAnonymousnoreply@blogger.com